Rabu, 16 Oktober 2019

Riyadul badiah bag2

  (فصل): ويحل استعمال جميع المواعين الطاهرة من كل نجس إلا مواعين الذهب والفضة فيحرم استعمالها لغير ضرورة، ويحرم استعمال المطلي بذهب أو فضة إن كثر طلاؤه وتحصل منه شيء بعرضه على النار.
(Pasal), halal menggunakan semua bejana (wadah) yang suci dari segala jenis kecuali wadah dari emas dan perak, maka haram menggunakan keduanya untuk selain darurat, dan haram (bagi laki-laki ) menggunakan barang yang disepuh dengan emas atau perak bila sepuahannya banyak(tebal) dan menghasilkan sesuatu dengan dibakarnya barang itu diapi (akibat tebal nya sepuhan).
     (فصل): الحيوانات كلها تنجس بموتها إلا الآدمي والسمك والجراد والمأكول المذبوح إن ذبح ذبحاً شرعياً، وجلودها تطهر بالدباغ ظاهراً وباطناً إلا جلد الكلب والخنزير والمتولد منهما أو من أحدهما ولو مع حيوان طاهر، وإذا دبغ الجلد ولم يغسل بعد دبغه صار متنجساً فلا يحل استعماله مع الرطوبة ولا تصح الصلاة معه إلا بغد غسله.

Fasal
Seluruh hewan itu jadi najis bila telah mati kecuali bangsa Adam (manusia), ikan, belalang dan hewan yang halal dimakan nya yang telah disembelih secara syar'i .kulit seluruh hewan yang mati itu bisa suci dengan disamak Suci luar dan dalamnya kecuali kulit anjing babi dan hewan yang terlahir dari keduanya atau dari salah satunya, apabila kulit itu telah disamak dan belum dicuci setelahnya, maka kulit itu hukumnya mutanajis maka tidak halal memakainya dalam keadaan basah dan salat tidak sah dengan memakainya kecuali sudah dicuci
باب نواقض الوضوء
     نواقضه أربعة:
     (الأول) خروج شي من القبل أو الدبر  إلا مني الشخص الخارج منه أول مرة.
     (والثاني) زوال التميـيز بجنون أو سكر أو مرض أو نوم إلا من نام ممكناً مقعده من مقره.
     (والثالث) ملامسة الرجل للمرأة الأجنبية من غير حائل بين جلديهما ولو كان كل منهما هرماً أو حصلت الملامسة بغير الاختيار وينتقض بها وضوء كل منهما.
     (والرابع) مس قبل الآدمي أو حلقة دبره بباطن الكف بلا حائل ولو مع السهو أو الإكراه، وينتقض به وضوء الماس فقط إلا إن كان المس بين رجل وأنثى أجنبية فينتقض به وضوؤهما كما سبق.

BAB batal wudhu
Hal-hal yang membatalkan wudhu ada 4 pertama keluarnya sesuatu tu dari kubul (kemaluan depan) dan dubur
(Kemaluan belakang ) kecuali air maninya seseorang yang keluar darinya pada pertama kalinya,  yang kedua ialah hilangnya kesadaran dengan sebab gila atau mabuk atau sakit
Atau tidur kecuali tidurnya orang yang pantatnya Tetap di tempat duduknya ketiganya bersentuhannya kulit laki-laki dan terhadap perempuan tanpa adanya penghalang antara keduanya walaupun salah satu dari keduanya orang itu pikun atau terjadinya persentuhan itu bukan karena kehendak sendiri terpaksa dan batal wudhu sebab sentuhan terpaksa itu wudhunya orang yang menyentuh dan orang yang disentuh
(Dan Yang Ke Empat) Menyentuh
Qubul bangsa Adam atau bulat dubur
bangsa Adam dengan telapak tangan
tanpa ada penghalang walau dalam
keadaan lupa atau dipaksa.
Dan membatalkan dengan sebab
menyentuh itu, wudhlu orang yang
menyentuh saja, kecuali apabila
sentuhan antara laki-laki dan
perempuan Ajnabi, maka batal sebab
sentuhan itu wudhlu laki-laki dan
perempuan sebagaimana penjelasan
yang sudah lewat.
ويحرم بالحدث الأصغر الصلاة والطواف ومس المصحف حتى كيسه وصندوقه ما دام فيهما، ويحل قلب ورق المصحف بعود إلا إن انفصلت الورقة وحملت عليه، ويحل حمله في متاع إلا إن قصد المصحف وحده بالحمل، ويحل حمل التفسير إن كان أكثر من القرآن يقيناً، ولا يمنع الصبي المميز من مس المصحف وحمله لحاجة التعليم.


Dan diharamkan bagi yang memiliki
hadats kecil : Sholat, Thawaf,
Menyentuh al-Qur’an, hingga kantong
(bungkus) al-Qur’an, dan kotak (peti)
tempat al-Qur’an, selagi al-Qur’an ada
di dalamnya.
Dan Halal (boleh) membolak-balik
(lembaran) al-Qur’an dengan memakai
kayu, kecuali apabila pisah lembaran
al-Qur’an dan dibawa lembaran oleh
itu kayu.
Dan Halal (boleh) membawa al-Qur’an
dalam (bersama) harta benda, kecuali
apabila meniatkan al-Qur’an sendiri
dalam bawaan.
Dan halal (boleh) membawa Tafsir
apabila tafsir lebih banyak dari al-
Qur’an secara yakin. Dan tidak dilarang
anak kecil yang berakal (Tamyiz) dari
menyentuh al-Qur’an dan
membawanya untuk keperluan belajar.

     (فصل): يجب الاستنجاء من كل خارج من القبل أو الدبر إن كان نجساً ولوث محل خروجه، ويجوز أن يستنجي الشخص بالأحجار فقط ولو بلا عذر وإن كان على طرف البحر، والاقتصار على الماء أفضل من الاقتصار على الحجر والجمع بينهما أفضل،
Pasal 
istinja itu wajib dari setiap yang keluar dari qubul atau dubur kalau yang keluar itu najis dan yang keluar itu membasahi tempat keluarnya ,seseorang dibolehkan istinja menggunakan beberapa batu saja walau tanpa uzur Walaupun dia berada di di pinggir laut, meringkas istinja menggunakan air itu lebih utama daripada meringkas dengan batu mengumpulkan antara cara istinja dengan batu dan air adalah yang paling utama
ويجب تنظيف المحل من عين النجاسة وأثرها إن استنجى بالماء، فإن استنجى بالحجر عفي عن الأثر القليل الذي لا يزيله إلا الماء أو الخزف الصغار، وإذا اقتصر على الحجر وجب ثلاث مسحات وإن نظفت المحل أقل منها.

Seseorang yang istinja nya menggunakan air wajib membersihkan tempat ke luarnya najis dari najis dan sisa-sisanya najis, Apabila seseorang istinja nya menggunakan batu maka dia dimaafkan bila tempat keluar najis itu masih ada ada sisa yang sedikit yang tidak akan hilang kecuali dengan air
Atau pecahan tembikar yang kecil-kecil apabila seseorang meringkas istinja hanya menggunakan batu maka diwajibkan dengan 3 kali usapan walaupun tempat keluarnya najis itu dapat bersih dengan yang lebih sedikit dari 3 usapan

 وإن لم تنظفه الثلاث وجب أن يزيد عليها حتى ينظفه، فإن نظفه بوتر لم يزد عليه شيئاً، وإن نظفه بشفع فالسنة له أن يزيد واحدة، ويقوم مقام الحجر في الاستنجاء كل جامد طاهر خشن يقلع عين النجاسة كخرقة. وشرط الاستنجاء بالحجر أن لا ينشف الخارج النجس، وأن لا ينتقل عن المحل الذي استقر فيه، وأن لا يجاوز البول حشفة الذكر ولا الغائط صفحة الأليتين، وأن لا يصل بول الأنثى إلى محل جماعها.

Apabila tempat keluarnya najis itu tidak dapat bersih dengan 3 kali usapan maka wajib menambahkan Nya sehingga dapat bersih, Apabila tempat keluarnya najis itu dapat bersih dengan bilangan ganjil maka tidak menambahkannya lagi apabila dapat bersih dengan bilangan genap maka disunahkan baginya menambahkannya satu, dan yang dapat memenuhi pengganti batu dalam istinja ialah tiap-tiap benda padat (bukan cair) yang suci yang kasar (tidak licin) yang dapat mencabut ( menghilangkan) bentuk najis seperti sobekan kain. Syarat-syarat istinja dengan batu itu ialah najis yang keluar tidak kering, najis yang keluar tidak pindah-pindah dari tempatnya tetapnya yang wajar(tidak berecetan kemana-mana) urin tidak melewati kepala dzakar, tinja tidak melewati lipatan bokong, urin perempuan tidak bertemu ke tempat jima'nya.

باب الوضوء
     الفروض التي لا يصح الوضوء إلا بها ستة:
     (الأول) النية ويجب أن تكون مقرونة بأول جزء يغسله من الوجه وينوي المتوضىء رفع الحدث أو فرض الوضوء أو الوضوء فقط أو نحو ذلك

Bab Wudlu
Kefarduan-kefarduan yang tidak akan
sah (melaksanakan) wudlu kecuali
dengan (adanya) kefarduan-kefarduan
itu, ada enam 6
ﺍﻻﻭﻝ – ﺍﻟﻨﻴﺔ ﻭﻳﺠﺐ ﺃﻥ ﺗﻜﻮﻥ ﻣﻘﺮﻭﻧﺔ ﺑﺄﻭﻝ
ﺟﺰﺀ ﻳﻐﺴﻠﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﻮﺟﻪ ﻭﻳﻨﻮﻱ ﺍﻟﻤﺘﻮﺿﻰﺀ ﺭﻓﻊ
ﺍﻟﺤﺪﺙ ﺃﻭ ﻓﺮﺽ ﺍﻟﻮﺿﻮﺀ ﺃﻭ ﺍﻟﻮﺿﻮﺀ ﻓﻘﻂ ﺃﻭ ﻧﺤﻮ
ﺫﻟﻚ
Yang Pertama : Niat, dan niat itu wajib
bersamaan dengan permula’an bagian
yang di basuh dari wajah, dan berniat
seorang yang berwudlu menghilangkan
hadats, atau berniat fardu wudlu atau
niat wudlu saja, atau seumpama itu
semua.
ﻭ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ – ﻏﺴﻞ ﺍﻟﻮﺟﻪ ﻣﻦ ﻣﻨﺎﺑﺖ ﺷﻌﺮ
ﺍﻟﺮﺃﺱ ﺇﻟﻰ ﻣﻨﺘﻬﻰ ﺍﻟﺬﻗﻦ، ﻭﻣﻦ ﻭﺗﺪ ﺇﺣﺪﻯ ﺍﻷﺫﻧﻴﻦ
ﺇﻟﻰ ﻭﺗﺪ ﺍﻷﺧﺮﻯ، ﻭﻳﺠﺐ ﻏﺴﻞ ﺍﻟﺸﻌﺮ ﺍﻟﻨﺎﺑﺖ ﻓﻲ
ﺍﻟﻮﺟﻪ ﻇﺎﻫﺮﺍً ﻭﺑﺎﻃﻨﺎً ﺇﻻ ﺍﻟﻠﺤﻴﺔ ﺍﻟﻐﺰﻳﺮﺓ ﻓﻴﻜﻔﻲ
ﻏﺴﻞ ﻇﺎﻫﺮﻫﺎ ﻓﻘﻂ ﻭﺍﻟﺴﻨﺔ ﺗﺨﻠﻴﻞ ﺑﺎﻃﻨﻬﺎ، ﻭﻳﺠﺐ
ﺃﻳﻀﺎً ﻏﺴﻞ ﺍﻟﺴﻠﻌﺔ ﺍﻟﻨﺎﺑﺘﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﻮﺟﻪ ﻭﺇﻥ ﻃﺎﻟﺖ
ﺟﺪﺍً
Dan yang kedua : Membasuh wajah
(muka) dari mulai tempat tumbuhnya
rambut kepala, sampai ujung dagu,
dan dari pentil (daging kecil yang menonjol yang ada didepan kuping) salah satu kuping sampai pentil kuping yang satu lagi. Dan wajib membasuh rambut yang tumbuh di wajah, (dengan basuhan) Dzohir (luar) dan dalamnya, kecuali membasuh Jenggot yang tebal, maka cukup membasuh lahirnya (luarnya) saja. Dan sunnah menyela-nyela kedalaman jenggot, dan wajib juga
membasuh daging yang tumbuh di
wajah (kutil dll) walaupun panjang itu
daging tumbuh.
ﻭﺍﻟﺜﺎﻟﺚ – ﻏﺴﻞ ﺍﻟﻴﺪﻳﻦ ﻣﻊ ﺍﻟﻤﺮﻓﻘﻴﻦ، ﻭﻳﺠﺐ
ﻏﺴﻞ ﺍﻟﺸﻌﺮ ﺍﻟﻨﺎﺑﺖ ﻋﻠﻴﻬﻤﺎ ﻇﺎﻫﺮﺍً ﻭﺑﺎﻃﻨﺎً ﻭﺇﻥ ﻛﺜﺮ
ﻭﻃﺎﻝ ﻭﻏﺴﻞ ﺳﻠﻌﺘﻬﻤﺎ ﻭﺇﻥ ﻃﺎﻟﺖ
Dan yang ketiga : Membasuh kedua
tangan serta dua sikunya, dan wajib
membasuh rambut yang tumbuh di
kedua tangan luar dan dalamnya,
walau bulu (rambut) itu banyak dan
panjang, dan wajib membasuh kutil ( daging tumbuh di kedua tangan), walau itu panjang.

ﻭ ﺍﻟﺮﺍﺑﻊ – ﻣﺴﺢ ﺟﺰﺀ ﻣﻦ ﺟﻠﺪ ﺍﻟﺮﺃﺱ ﺃﻭ ﻣﻦ
ﺍﻟﺸﻌﺮ ﺍﻟﻨﺎﺑﺖ ﻓﻴﻪ ﻭﻟﻮ ﺭﺃﺱ ﺷﻌﺮﺓ ﻭﺍﺣﺪﺓ ﺑﺸﺮﻁ
ﺃﻥ ﻻ ﻳﻤﺴﺢ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻄﻮﻳﻞ ﺍﻟﺨﺎﺭﺝ ﻋﻦ ﺣﺪ ﺍﻟﺮﺃﺱ

Dan yang keempat : Mengusap bagian
dari kulit kepala atau bagian dari
rambut yang tumbuh di kepala, walau
hanya satu rambut kepala, dengan
syarat tidak mengusap rambut yang
panjang yang keluar dari batasan
kepala.
ﻭ ﺍﻟﺨﺎﻣﺲ – ﻏﺴﻞ ﺍﻟﺮﺟﻠﻴﻦ ﻣﻊ ﺍﻟﻜﻌﺒﻴﻦ ﻣﻦ ﻛﻞ
ﺭﺟﻞ ﻭﺷﻌﺮ ﺍﻟﺮﺟﻠﻴﻦ ﻭﺳﻠﻌﺘﻬﻤﺎ ﻛﺸﻌﺮ ﺍﻟﻴﺪﻳﻦ،
ﻭﻳﺠﺐ ﺗﺤﺮﻳﻚ ﺍﻟﺨﺎﺗﻢ ﺍﻟﻀﻴﻖ ﻭﺗﺨﻠﻴﻞ ﺃﺻﺎﺑﻊ
ﺍﻟﻴﺪﻳﻦ ﻭﺍﻟﺮﺟﻠﻴﻦ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﻤﺎﺀ ﻻ ﻳﺼﻞ ﺇﻟﻴﻪ ﺇﻻ
ﺑﺬﻟﻚ
Dan yang ke lima : Membasuh dua kaki serta (sampai) kedua mata kaki dari setiap kaki, dan membasuh bulu
dua kaki dan daging yang tumbuh dikeduanya sebagaimana membasuh bulu kedua tangan (yang sudah dibahas), dan wajib menggerakan cincin yang sempit, dan menyela-nyela jari-jari kedua tangan dan kedua kaki, jika air (diperkirakan) tidak akan sampai ke jari-jari kecuali harus dengan cara menyela-nyelanya.

ﻭ ﺍﻟﺴﺎﺩﺱ – ﺗﺮﺗﻴﺐ ﺍﻷﻋﻀﺎﺀ ﺑﺄﻥ ﻳﻘﺪﻡ ﺍﻟﻮﺟﻪ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻴﺪﻳﻦ ﻭﺍﻟﻴﺪﻳﻦ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺮﺃﺱ ﻭﺍﻟﺮﺃﺱ على ﺍﻟﺮﺟﻠﻴﻦ، ﻭﻳﺠﺐ ﻓﻲ ﺍﻟﻮﺿﻮﺀ ﺇﺯﺍﻟﺔ ﺍﻷﻭﺳﺎﺥ ﺍﻟﺘﻲ ﺗﻤﻨﻊ ﻭﺻﻮﻝ ﺍﻟﻤﺎﺀ ﺇﻟﻰ ﺍﻷﻋﻀﺎﺀ ﺇﻻ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻓﻲ ﺇﺯﺍﻟﺘﻬﺎ ﺷﺪﺓ ﻣﺸﻘﺔ، ﻭﻣﺜﻠﻬﺎ ﺍﻷﻭﺳﺎﺥ ﺍﻟﺘﻲ ﺗﺤﺖ ﺍﻷﻇﻔﺎﺭ، ﻭﻻ ﻳﻜﻔﻲ ﻣﺴﺢ ﺍﻷﻋﻀﺎﺀ ﺍﻟﻤﻐﺴﻮﻟﺔ ﺑﻞ ﻻ ﺑﺪ ﻣﻦ ﺳﻴﻼﻥ ﺍﻟﻤﺎﺀ ﻋﻠﻴﻬﺎ، ﻭﺇﺫﺍ ﺗﺮﻙ ﻟﻤﻌﺔ ﺻﻐﻴﺮﺓ ﻣﻦ ﻋﻀﻮ ﻭﻟﻮ ﺳﻬﻮﺍً ﻟﻢ ﻳﺼﺢ ﺍﻟﻮﺿﻮﺀ ﺣﺘﻰ ﻳﻐﺴﻠﻬﺎ ﻭﻳﻌﻴﺪ ﻏﺴﻞ ﺍﻷﻋﻀﺎﺀ ﺍﻟﺘﻲ ﺑﻌﺪﻫﺎ .
Dan yang keenam : Tartib (berurutan) dalam membasuh anggota (kefarduan) dengan mendahulukan (membasuh)
wajah daripada kedua tangan, dan mendahulukan (membasuh) kedua tangan daripada membasuh rambut
kepala daripada membasuh kedua
kaki. Dan wajib pada (praktek) wudlu
itu menghilangkan kotoran yang
menghalangi sampainya air ke anggota badan, kecuali apabila dalam menghilangkanya sangat susah
(masyakat). Dan contoh yang kotor itu
adalah, kotoran-kotoran yang ada di
bawah kuku-kuku,dan tidak cukup
mengusap anggota yang seharusnya di
basuh, akantetapi harus ada aliran air
pada anggota tubuh itu. Dan apabila meninggalkan (membasuh) potongan
(bagian) kecil dari anggota tubuh, walau itu lupa, maka tidak sah wudlunya, sehingga dia membasuhnya,
dan mengilangi basuhan anggota tubuh setelahnya, (hitungan tartib).h

وسنن الوضوء كثيرة: منها استقبال القبلة فيه والتسمية مقرونة بأوله وغسل الكفين معاً إلى الكوعين ثم المضمضة ثم الاستنشاق ومسح الرأس كله ثم مسح الأذنين معاً ظاهراً وباطناً بماء جديد وتقديم اليمين على الشمال من اليدين والرجلين، وتطهير كل عضو ثلاث مرات متوالية، والموالاة لغير دائم الحدث.
 (وأما السواك) فليس من السنن الخاصة بالوضوء بل هو سنة في كل حال إلا في الصوم فيكره من الزوال إلى الغروب ويتأكد استحبابه عند الوضوء ومحله فيه قبل المضمة، ويتأكد أيضاً عند تغير الفم والانتباه من النوم وإرادة الصلاة وقراءة القرآن والعلم وتحصل السنة فيه بكل طاهر خشن يزيل صفرة الأسنان ولو خرقة وأفضله الأراك اليابس المبلول بالماء.

Sunah-sunah wudhu itu ada banyak sebagian darinya ialah  menghadap kiblat ketika wudhu, membaca Basmalah berbarengan dengan awal wudhu membasuh tapak tangan persamaan hingga kedua pergelangan tangan kemudian berkumur memasukkan air ke hidung (istinsyaq) mengusap seluruh kepala kemudian mengusap telinga secara bersamaan luar dan dalamnya dengan air yang baru, mendahulukan yang kanan mengakhirkan yang kiri dari kedua tangan dan kedua kaki mensucikan setiap anggota wudhu 3 kali secara nyambung mualat dalam wudhu sambung nyambung) bagi yang tidak  daim hadas (beser) Adapun Siwak itu bukanlah sunnah khusus buat wudhu melainkan  sunnah pada tiap keadaan kecuali pada puasa Maka Siwak makruh semenjak dari matahari Condong ke barat (masuk waktu Dhuhur) hingga maghrib, Siwak jadi sunnah muakkad ketika wudhu, tempatnya nya  bersiwak pada wudhu ialah sebelum berkumur bersiwak menjadi sunnah muakkad pula ,ketika mulut bau, bangun dari tidur hendak salat, baca al-quran baca kitab ilmu agama, berhasilnya sunnah pada Siwak itu dengan setiap yang suci yang kasar dan dapat menghilangkan kuning-kuning di gigi, walaupun alat Siwak itu sobekan kain, Siwak yang paling utama menggunakan kayu Arak yang kering yang dibasahi dengan air.

.
ﺑﺎﺏ ﺍﻟﻐﺴﻞ
ﻻ ﻳﺠﺐ ﺍﻟﻐﺴﻞ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺤﻲ ﺇﻻ ﺑﺎﻟﺠﻨﺎﺑﺔ ﺃﻭ
ﺍﻟﻮﻻﺩﺓ ﻭﻟﻮ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﺑﻠﻞ ﺃﻭ ﺍﻧﻘﻄﺎﻉ ﺍﻟﺤﻴﺾ ﺃﻭ
ﺍﻟﻨﻔﺎﺱ، ﻭﺗﺤﺼﻞ ﺍﻟﺠﻨﺎﺑﺔ ﺇﻣﺎ ﺑﺪﺧﻮﻝ ﺍﻟﺤﺸﻔﺔ ﺃﻭ
ﻣﻘﺪﺍﺭﻫﺎ ﻓﻲ ﻗﺒﻞ ﺃﻭ ﺩﺑﺮ ﻭﻟﻮ ﻟﺒﻬﻴﻤﺔ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ
ﻳﺤﺼﻞ ﺇﻧﺰﺍﻝ، ﻭﺇﻣﺎ ﺑﻨﺰﻭﻝ ﺍﻟﻤﻨﻲ ﻭﻟﻮ ﺑﻐﻴﺮ ﺇﻳﻼﺝ
ﻛﺎﻟﺤﺎﺻﻞ ﻓﻲ ﺍﻟﻨﻮﻡ .
Bab Mandi
Tidak diwajibkan mandi kepada orang
yang hidup kecuali sebab Junub atau karena sebab melahirkan,
walaupun melahirkan tanpa ada cairan basah (Kering), atau Mandi karena
telah putus / berhenti dari Haid atau Nifas. Dan tercapai /terjadinya (Hukum) Junub itu: adakalanya karena masuknya khasyafah (kepala dzakar) atau ukurannya ke lobang yang depan
(Qubul/Farji) atau Lobang yang belakang (Dubur/Anus), walaupun (qubul/Dubur) milik binatang, dan walaupun tidak sampai keluar air mani. Dan (Wajib Mandi Junub) dengan sebab keluar Air mani, walau tanpa dimasukan (ke dubur/Qubul), sebagaimana yang dihasilkan ketika waktu tidur (yaitu mimpi basah).

.
ﻭﻟﻪ ﻓﺮﺿﺎﻥ ﻻ ﻳﺼﺢ ﺇﻻ ﺑﻬﻤﺎ ﺍﻷﻭﻝ : ﺍﻟﻨﻴﺔ ﻣﻘﺮﻭﻧﺔ ﺑﺄﻭﻝ ﺟﺰﺀ ﻳﻐﺴﻠﻪ ﻣﻦ ﺟﺴﺪﻩ ﻭﻳﻨﻮﻱ ﺍﻟﻤﻐﺘﺴﻞ ﺭﻓﻊ ﺍﻟﺤﺪﺙ ﺃﻭ ﻓﺮﺽ ﺍﻟﻐﺴﻞ ﺃﻭ ﻧﺤﻮ ﺫﻟﻚ ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ : ﺗﻌﻤﻴﻢ ﺟﺴﺪﻩ ﻇﺎﻫﺮﺍً ﻓﻘﻂ ﻭﺷﻌﺮﻩ ﻇﺎﻫﺮﺍً ﻭﺑﺎﻃﻨﺎً ﺑﺎﻟﻤﺎﺀ ﻣﺮﺓ ﻭﺍﺣﺪﺓ، ﻭﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﻐﺘﺴﻞ ﺃﻥ ﻳﺘﻌﺼﺮ ﺣﺘﻰ ﺗﻨﻔﺘﺢ ﺣﻠﻘﺔ ﺩﺑﺮﻩ ﻭﻳﻐﺴﻠﻬﺎ ﻋﻦ ﺍﻟﺤﺪﺙ، ﻭﻋﻠﻰ ﺍﻷﻧﺜﻰ ﺃﻥ ﺗﻐﺴﻞ ﻣﺎ ﻳﻈﻬﺮ ﻣﻨﻬﺎ ﻋﻨﺪ ﻗﻌﻮﺩﻫﺎ ﻋﻠﻰ ﻗﺪﻣﻴﻬﺎ ﺃﻳﻀﺎً ﻓﺈﻥ ﺫﻟﻚ ﻛﻠﻪ ﻣﻦ ﻇﺎﻫﺮ ﺍﻟﺠﺴﺪ، ﻓﻠﻮ ﺗﺮﻙ ﻓﻲ ﺍﻟﻐﺴﻞ ﻭﻟﻮ ﻧﺴﻴﺎﻧﺎً ﻟﻢ ﻳﺼﺢ ﺍﻟﻐﺴﻞ ﻭﺇﻻ ﻓﻀﻞ ﺃﻥ ﻳﻐﺴﻞ ﻫﺬﻳﻦ ﺍﻟﻤﺤﻠﻴﻦ ﻗﺒﻞ
ﺟﺴﺪﻩ ﺑﻨﻴﺔ ﺗﺨﺼﻬﻤﺎ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﻨﻴﺔ ﻋﻠﻰ ﺑﻘﻴﺔ ﺍﻟﺠﺴﺪ

Dan untuk mandi wajib itu memiliki
dua kefarduan yang tidak sah kecuali
dengan kedua fardu itu. (Kefarduan) Yang pertama adalah “Niat” yang disertai (bersamaan) dengan awal bagian yang dibasuh dari sebagian badanya. Dan orang yang mandi berniat menghilangkan hadats atau berniat fardu mandi atau berniat seperti (niat) yang sudah disebutkan. Dan (Kefarduan) yang kedua adalah meyeluruhkan / meratakan (basuhan) tubuh orang yang mandi pada (bagian) dzahir saja. Dan meratakan (basuhan) rambutnya pada bagian Dzahir (luar rambut) dan bagian bathin (Bawah
Rambut) dengan Air satu kali
(basuhan) Dan wajib bagi orang yang mandi untuk  ngeden/ menekan (bagian belakang) sehingga terbuka lingkaran duburnya dan (wajib) membasuhnya bagi orang yang berhadats (besar/ junub). Dan untuk perempuan (wajib) membasuh apa apa (dari bagian depan kemaluan) yang dzohir dan terlihat ketika duduknya itu perempuan diatas kakinya (bukan duduk diatas kursi, pen), karena semuanya itu yang terlihat adalah sebahagian dari jasad
yang terlihat (dari luar) Apabila seseorang yang mandi (junub) meninggalkan basuhan walaupun itu
lupa, maka tidak sah mandinya. Yang paling utama bagi orang yang mandi untuk membasuh dua tempat ini (Dubur dan Qubul) sebelum membasuh tubuhnya dengan niat
khusus selain niat pada basuhan sisa
tubuhnya.

.
ﻭﺳﻨﻦ ﺍﻟﻐﺴﻞ - ﻛﺜﻴﺮﺓ ﻣﻨﻬﺎ ﺍﻟﻮﺿﻮﺀ ﻛﺎﻣﻼً ﻗﺒﻠﻪ
ﻭﺩﻟﻚ ﺃﻋﻀﺎﺋﻪ ﻭﺍﻻﺑﺘﺪﺍﺀ ﺑﺎﻟﺸﻖ ﺍﻷﻳﻤﻦ ﻣﻦ ﺟﺴﺪﻩ ﻭﺗﻌﻤﻴﻢ ﺟﺴﺪﻩ ﺑﺎﻟﻤﺎﺀ ﺛﻼﺙ ﻣﺮﺍﺕ ﻭﺍﺳﺘﻘﺒﺎﻝ ﺍﻟﻘﺒﻠﺔ ﺣﺎﻝ ﻏﺴﻠﻪ
ﻭﻳﺤﺮﻡ ﺑﺎﻟﺠﻨﺎﺑﺔ ﻗﺮﺍﺀﺓ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻭﺍﻟﻤﻜﺚ ﻓﻲ
ﺍﻟﻤﺴﺠﺪ ﻭﺍﻟﻤﺤﺮﻣﺎﺕ ﺑﺎﻟﺤﺪﺙ ﺍﻷﺻﻐﺮ
(Dan Sunnah-sunnah mandi) itu banyak
diantaranya berwudlu dengan
sempurna sebelum mandi, dan
menggosok-gosok badannya, dan memulai dari bagian yang kanan dari jasadnya dan meyempurnakan/menyeluruhkan (basuhan) ke jasadnya dengan air tiga kali, dan menghadap kiblat ketika
mandi. (Dan diharamkan) bagi yang Junub membaca al-Qur’an dan berdiam di masjid dan larangan-larangan bagi
.yang berhadats kecil

.
ﺑﺎﺏ ﺍﻟﺘﻴﻤﻢ
ﻻ ﻳﺼﺢ ﺍﻟﺘﻴﻤﻢ ﺑﺸﻲﺀ ﻣﻦ ﺃﺟﺰﺍﺀ ﺍﻷﺭﺽ ﺇﻻ
ﺑﺎﻟﺘﺮﺍﺏ ﺍﻟﺨﺎﻟﺺ ﺍﻟﻄﺎﻫﺮ ﺍﻟﺬﻱ ﻟﻪ ﻏﺒﺎﺭ ﺑﺸﺮﻁ ﺃﻥ
ﻳﻨﻘﻠﻪ ﻭﻟﻮ ﻣﻦ ﺍﻟﻬﻮﺍﺀ ﻭﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺑﻌﺪ ﺩﺧﻮﻝ ﻭﻗﺖ
ﺍﻟﻌﺒﺎﺩﺓ ﺍﻟﺘﻲ ﻳﺘﻴﻤﻢ ﻟﻬﺎ
Bab Tayamum
Tidak dianggap Sah tayamum
menggunakan sesuatu dari bagian
bumi kecuali dengan tanah yang bersih
dan suci yang memiliki debu dengan
syarat memindahkan debu walaupun
dari sebab angin dan dengan syarat
setelah masuknya waktu ibadah yang
akan dilakukan tayamum baginya.

ﻭﺃﺳﺒﺎﺑﻪ ﺛﻼﺛﺔ ﺍﻷﻭﻝ : ﻋﺪﻡ ﺍﻟﻤﺎﺀ ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ : ﺧﻮﻑ ﺍﻟﻀﺮﺭ ﻣﻦ ﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻟﻪ ﺑﺴﺒﺐ ﻣﺮﺽ ﺃﻭ ﻧﺤﻮﻩ ﻭﺍﻟﺜﺎﻟﺚ : ﺍﺣﺘﻴﺎﺟﻪ ﻟﺸﺮﺑﻪ ﺃﻭ ﺷﺮﺏ ﺣﻴﻮﺍﻧﻪ ﺍﻟﻤﺤﺘﺮﻡ

(Dan sebab-sebab tayamum) ada tiga, yang pertama karena tidak ada air dan
yang kedua karena takut bahaya dari
penggunaan air karena sebab sakit atau semisalnya. Dan yang ketiga karena butuhnya seseorang untuk minum air atau memberikan minum hewan yang dihormati.
ﻓﺮﻭﺿﻪ ﺃﺭﺑﻌﺔ ﺍﻷﻭﻝ - ﺍﻟﻨﻴﺔ ﻣﻘﺮﻭﻧﺔ ﺑﻨﻘﻞ ﺍﻟﺘﺮﺍﺏ ﻭﺑﺄﻭﻝ ﺟﺰﺀ ﻳﻤﺴﺤﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﻮﺟﻪ ﻭﻳﻨﻮﻱ ﺍﻟﻤﺘﻴﻤﻢ ﺍﺳﺘﺒﺎﺣﺔ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻣﺜﻼً ,ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ - ﻣﺴﺢ ﺍﻟﻮﺟﻪ ﻃﻮﻻً ﻭﻋﺮﺿﺎً ﺣﺘﻰ ﺍﻟﻤﻘﺒﻞ ﻣﻦ ﺃﻧﻔﻪ ﻭﺷﻔﺘﻴﻪ ﺍﻟﺜﺎﻟﺚ - ﻣﺴﺢ ﺍﻟﻴﺪﻳﻦ ﻣﻊ ﺍﻟﻤﺮﻓﻘﻴﻦ ﻭﻻ ﺗﻜﻔﻲ ﺿﺮﺑﺔ ﻭﺍﺣﺪﺓ ﻟﻠﻮﺟﻪ ﻭﺍﻟﻴﺪﻳﻦ ﺑﻞ ﻻ ﺑﺪ ﻟﻜﻞ ﻣﻨﻬﻤﺎ ﻣﻦ ﺿﺮﺑﺔ ﻣﺴﺘﻘﻠﺔ
ﺍﻟﺮﺍﺑﻊ - ﺍﻟﺘﺮﺗﻴﺐ ﺑﺄﻥ ﻳﻘﺪﻡ ﻣﺴﺢ ﺍﻟﻮﺟﻪ ﻋﻠﻰ ﻣﺴﺢ ﺍﻟﻴﺪﻳﻦ
Kefarduan Tayamum itu ada empat Yang Pertama : Niat disertai memindahkan tanah (Debu) dengan awal bagian dari wajah yang di usapnya, dan orang bertayamum berniat umpamanya untuk “Istibahatus Sholat” (diperbolehkannya solat) Yang kedua : Mengusap wajah panjang dan lebar (wajah) sampai yang depan dari hidungnya dan bibirnya. Yang ketiga : Mengusap kedua tangan serta kedua siku dan tidak dianggap
cukup satu usapan untuk wajah dan kedua tangan, tetapi harus setiap dari
wajah dan tangan masing-masih satu
usapan sendiri-sendiri. Yang ke empat tartib, dengan rupa seseorang yang tayammum mendahulukan mengusap wajah mengakhirkan mengusap kedua tangan.

  (ويبطله) ما يبطل الوضوء والردة وزوال المانع قبل الشروع في الصلاة التي يتيمم لها.
     (ولا يفعل) بالتيمم الواحد فرضين بل فرضاً فقط وما شاء من النوافل التي دخل وقتها قبل التيمم.
      (ويعيد) المتيمم صلاته إن تيمم للبرد أو صلى في محل يغلب فيه وجود الماء.
Yang membatalkan tayammum ialah apa yang membatalkan wudu, murtad, hilangnya penghalang (yang membuat seseorang mesti tayammum) sebelum ia masuk dalam solat yang salatnya pakai tayammum. 
Seseorang tidak boleh dengan tayammum satu mengerjakan dua solat fardu melainkan harus satu pardu saja dan berapa saja yang ia kehendaki untuk solat sunah yang masuk waktunya sebelum tayammum.
Seseorang yang solatnya pakai tayammum mesti mengulangi solatnya /mengqodo solatnya bila tayammum nya karena rasa dingin /diginnya air atau solatnya ditempat yang lumrah adanya air.

Selanjutnya klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar