Minggu, 01 November 2020

Riyadul badiah zakat, puasa, dan i'tikaf

كتاب الزكاة
وأنواعها كثيرة. فمنها: زكاة الذهب والفضة وهي واجبة على من ملك عشرين مثقالاً من الذهب الخالص أو مائتي درهم من الفضة الخالصة وحال الحول وهي في ملكه ويخرج من ذلك ربع العشر وما زاد على ذلك فبحسابه. ومنها: زكاة التجارة وهي واجبة على من اتجر ولو في شيء حقير فيقوم بضاعته عند آخر الحول بما اشتريت به فإن بلغت به نصاباً زكاها بربع العشر من قيمتها وإلا فلا زكاة فيها، ثم إن ملك مال التجارة بعين نصاب من ذهب أو فضة أو بأقل من نصاب وفي ملكه تمامه فأول الحول من حين ملك النقد وإن ملك مالها بعروض قنية أو بذهب أو فضة أقل من نصاب وليس في ملكه تمامه فأول الحول يوم بدء التجارة.

Kitab zakat

Macamnya zakat itu ada banyak , maka sebagian darinya ialah: zakat emas dan perak, zakat tersebut ialah wajib terhadap orang yang memiliki 20 mitsqol emas murni (96 gram, pendapat lain 85 gram, pendapat lain 77 gram), atau 200 dirham perak murni (672 gram,pendapat lain 543 gram), dan sudah genap setahun jumlah 20 atau 200 itu dalam kepemilikannya, ia mengeluarkan zakatnya itu seperempat perpuluh (2,5%), apa yang lebih dari itu (nisob) maka dengan hitungannya. Sebagian darinya ialah zakat dagang, yaitu yang wajib terhadap orang yang berdagang walaupun dagangannya itu sesuatu yang hina, maka ia menghitung harga barang-barang dagangannya ketika ahir setahun dengan apa yang barang itu dibeli dengannya, bila barang-barang itu harganya mencapai nisob maka ia menzakatinya dengan seperempat perpuluh (2,5%) dari harganya barang, bila belum mencapai nisob maka tidak ada zakat padanya, (nisobnya seperti nisob emas). Kemudian bila ia (pedagang) memiliki harta dagangan dengan ain nisob berupa dari emas atau perak atau lebih sedikit dari nisob sedang yang dimiliki ialah sempurnanya nisob, maka awalnya putaran tahun ialah dari semenjak ia memiliki mas perak, apabila ia memiliki harta dagangan dengan barang simpanan atau dengan emas atau perak, yang lebih sedikit dari nisob dan tidak ada pada harta yang dimilikinya sempurnanya nisob, maka awal hitungan putaran tahun ialah hari dimulainya dagang.

 ومنها: زكاة الزروع والثمار فزكاة الزروع واجبة في القوت فقط كالحنطة والأرز والعدس. وزكاة الثمار واجبة في التمر والزبيب فقط. وتتعلق الزكاة بالحب إذا سنبل واشتد، وبالثمار إذا بدا صلاحها، لكن لا تخرج من كل منها إلا إذا بلغ نصاباً بعد القطع والتجفيف والتصفية. نصاب كل منها خمسة أوسق صافية، ثم إن سقيت بلا تعب زكيت بالعشر كاملاً وإن سقيت بتعب زكيت بنصف العشر. ومنها: زكاة الفطر وهي واجبة على من ملك شيئاً زائداً على مؤنته ومؤنة عياله ومماليكه ليلة العيد ويومه، ويخرج الشخص صاعاً عن نفسه وصاعاً عن كل من تلزمه مؤنته من المسلمين ولو كان رضيعاً، ويكون الصاع من غالب قوت أهل البلد في غالب السنة وقدره أربع حفنات. بكفي معتدل الخلقة ووزنه خمسة أرطال وثلث برطل بغداد.

Sebagian dari nya ialah zakat pertanian/tanaman (biji-bijian) dan buah-buahan, maka zakat tanaman itu ialah yang wajib pada makan pokok saja (qut) seperti gandum, padi, dan kacang 'adas, ( seperti juga gandum sya'ir, jagung, kacang pul), zakat buah-buahan itu yang wajib hanya pada kurma dan anggur saja, keterkaitan/ketetapan zakat pada biji-bijian itu ialah bila bijinya telah berbulir dan telah keras, ketetapan zakat pada buah-buahan itu ialah bila buah-buahan telah jelas kelayakan/kepatutannya, tetapi zakat itu semua itu tidak dikeluarkan dulu kecuali bila telah mencapai nisob setelah dipanen, dikeringkan, dibersihkan dari kulitnya, nisob zakat semua itu ialah lima wasaq (12 kg gabah, pendapat lain 13 kg gabah) yang bersih dari kulit, kemudian bila tanama dan buah-buahan disiram tanpa kepayahan/ biaya maka zakatnya seperpuluh (10%), bila disiram dengan kepayahan atau biaya maka zakatnya separuh perpuluh (5%).

Sebagian dari nya ialah zakat fitrah yaitu yang wajib terhadap orang yang memiliki sesuatu yang lebih atas biayanya, biaya keluarganya, dan biaya budak-budaknya pada malam hari raya dan siangnya hari raya. Seseorang mengeluarkan satu sho' (2,5 kg, pendapat lain 2,7 kg beras) untuk (zakatnya) orang yang wajib ia biayai berupa dari orang-orang islam walau masih nyusu, dan adanya satu sho' itu ialah bahan makanan pokok yang paling sering dimakan penduduk negara disepanjang tahun. Perkiraan satu sho' ialah empat genggam/ cidukan dua tapak tangan orang yang normal bentuk tubuhnya. Ukurannya ialah lima Ritl dan sepertiga Ritl negara bagdad.


كتاب الصيام

 لا يجب صوم رمضان إلا على المسلم البالغ العاقل القادر على الصوم الطاهر من الحيض والنفاس، وإذا تم شعبان ثلاثين يوماً أو رأى الهلال عدل وثبت عند القاضي وجب الصوم على عموم الناس فإن لم يثبت عنده وجب على الرائي وعلى من صدقه فقط.

Kitab puasa

Tidak wajib puasa Romadon kecuali terhadap orang islam yang balig, yang berakal, yang kuasa/ kuat untuk puasa, yang suci dari haid dan nifas. Apabila sempurna hitungan bulan Sya'ban yaitu 30 hari, atau orang adil telah melihat hilal ( bulan tanggal 1) dan ditetapkan oleh kadi/hakim (pemberi keputusan menggunakan dalil agama)/mujtahid maka wajib-lah puasa terhadap umumnya manusia, apabila kadi tidak menetapkan maka puasa wajib terhadap orang yang melihat hilal dan orang yang mempercayainya saja.

 (فصل): وشروط صحة الصوم ستة: (الأول) الإسلام. (والثاني) التميـيز. (والثالث) النقاء من الحيض والنفاس جميع النهار (والرابع) النية وتصح نية صيام التطوع قبل الزوال بشرط أن لا يتعاطى مفطراً قبلها وقوعهما في الليل أفضل، ويجب في صيام الفريضة تعيـينه ووقوع نيته في جزء من الليل والأفضل وقوعها في الثلث الأخير. (والخامس) الإمساك عن المفطرات كلها من الفجر إلى الغروب. (والسادس) دخول الوقت أو وجود السبب في صوم الفريضة.

Pasal

Syarat-syarat sahnya puasa ada enam: yang pertama ialah islam. Yang kedua pintar (sudah bisa membedakan yang baik dan buruk, bukan orang gila bukan bocah yang belum pintar). Yang ketiga suci dari haid dan nifas disepanjang siang. Yang keempat ialah niat, sah niat puasa sunah sebelum tengah hari dengan syarat ia belum melakukan/mendapati yang membatalkan puasa sebelum tengah hari itu, wajib pada puasa fardu untuk menyatakan fardu dan menjatuhkan/menterjadikan niatnya disebagian dari malam, utamanya menjatuhkan niat di sepertiga malam yang ahir. Yang kelimanya ialah menahan diri dari yang membatalkan semua yang membatalkan dari fajar sampai terbenam matahari. Yang keenam ialah adanya sebab pada puasa fardu.

  فصل: والمبطلات للصوم عشرة: (الأول) دخول شيء من أعيان الدنيا ولو قليلاً إلى الجوف عمداً إن دخل من أحد المنافذ المفتوحة. (الثاني) القيء عمداً وإن لم يرجع منه شيء إلى الجوف. (الثالث) الجماع عمداً ولو بغير إنزال (الرابع) خروج المني بتعمد الاستمناء أو المباشرة ولو بغير جماع كخروجه باللمس والمعانقة والقبلة بلا حائل.(الخامس) الجنون ولو لحظة يسيرة. (السادس) الإغماء من الفجر إلى الغروب.(السابع) الإفطار قبل أن يتحقق غروب الشمس أو يغلب على ظنه غروبها إذا لم يتبين له الحال. (الثامن) طرو الردة والعياذ بالله تعالى. (والتاسع) طرو الحيض أو النفاس. (العاشر) الولادة المصحوبة بالبلل، ومن أفطر عامداً في رمضان أو نسي فيه النية ليلاً وجب عليه الإمساك بقية النهار، وكذا من تبين له ثبوت رمضان أثناء يوم الشك.

Pasal

Hal-hal yang membatalkan puasa ada sepuluh: pertama; masuknya sesuatu dari ain-ain dunia (benda-benda didunia ini) walaupun sedikit (masuknya) kedalam tubuh secara sengaja bila masuknya dari salahsatu lobang tubuh yang terbuka. Kedua; muntah-muntah disengaja walau tidak masuk kembali dari muntah-muntah sesuatu pun kedalam tubuh. Ketiga ; jima ( bersetubuh) secara sengaja walau dengan tidak mengeluarkan mani. Keempat: keluarnya mani/sperma dengan sebab sengaja berupaya mengeluarkan mani (onani) atau sebab bersentuhan kulit laki-laki perempuan walau dengan bukan jima, seperti keluarnya mani dengan sebab bersentuhan, berpelukan, dan ciuman tanpa penghalang. Kelima: gila walau sekilas yang sebentar. Keenam: pingsan dari fajar hingga matahari terbenam. Ketujuh: ia (orang yang puasa) berbuka sebelum nyata jelas matahari terbenam atau ia kuat dugaanya terhadap terbenamnya matahari pabila keadan yang ada tidak nyata demikian. Kedelapan datangnya murtad, kita berlindung pada Allah ta'ala dari murtad. Kesembilan: kedatangan haid atau nifas. Kesepuluh: melahirkan disertai basah. Barangsiapa berbuka/membatalkan puasa (sebelum waktunya) secara sengaja dibulan romadon atau ia lupa niat dimalam hari pada bulan romadon maka wajib padanya menahan diri dari yang merusak puasa disisa siangnya. Begitu pula pada orang yang telah nyata baginya ketetapan masuknya bulan romadon ditengah-tengah hari syak ( hari ragu-ragu apakah sudah romadon atau belum).

(فصل):
 لا يفطر الصائم بوصول شيء إلى جوفه من أعيان الجنة مطلقاً، ولا من أعيان الدنيا إن وصل إليه بغير الاختيار أو مع النسيان ولا بالجماع ولا بخروج المني كذلك ولا بالقيء قهراً إذا لم يرجع منه شيء إلى الجوف، ولا بالنخامة إذا جرت إلى جوفه قهراً عنه، ولا بالاكتحال والأدهان وإن وجد طعم الكحل والدهن في حلقه، ولا بدخول الذباب والبعوض وغبار الكنس والغربلة في جوفه وإن أمكنه أن يتجنب ذلك، ولا يبلع الريق الخالص من معدنه، ولا يسبق ماء المضمضة والاستنشاق إلى جوفه إذا لم يبالغ فيهما وكان السبق في واحدة من المرات الثلاث، ولا بالنوم وإن استغرق النهار كله، ولا بالإغماء إذا أفاق لحظة في النهار بشرط أن توجد منه النية في وقتها، ولا بالفصد والحجامة، ولا يصح صيام العيدين ولا يوم من أيام التشريق الثلاثة مطلقاً ولا صيام يوم الشك، ولا يوم من النصف الثاني من شعبان إلا إذا صام ذلك عن فريضة أو وافق عادة له أو وصل صومه بصوم شيء من النصف الأول ولو باليوم الخامس عشر. ويحرم على الصائم القبلة والمعانقة ونحوهما إن تحركت بذلك شهوته، ويسن له تعجيل الفطر وتأخير السحور والاغتسال عن الحدث الأكبر قبل الفجر والإفطار على التمر إن تيسر وإلا فعلى شيء حلو كذلك وإكثار الدعاء خصوصاً عند الإفطار، وإكثار القرآن والصدقة في رمضان.
ويكره له الفصد والحجامة ومضغ العلك وذوق الطعام والمبالغة في المضمضة والاستنشاق والقبلة ونحوها إذا لم تتحرك بهما شهوته. وليصن نفسه عن الشهوات والغيبة والنميمة وكل قول أو فعل قبيح.

Pasal

Tidak batal orang yang puasa dengan sebab sampainya/masuknya sesuatu kedalam tubuhnya (sesuatu tersebut berupa) dari ain-ain surga secara umum, tidak batal (pula sesuatu tersebut berupa) dari ain-ain dunia bila masuk kedalam tubuhnya bukan dengan kehendak dia (alias terpaksa) atau karena lupa, tidak batal dengan sebab jima' tidak batal pula dengan sebab keluar mani seperti itu (sebab terpaksa atau lupa). Tidak batal dengan sebab muntah-muntah terpaksa/tak tertahankan apabila tidak ada sesuatu yang kembali masuk dari muntahan itu kedalam tubuh. Tidak batal dengan sebab dahak yang berjalan masuk kedalam tubuhnya secara tidak tertahankan darinya. Tidak batal dengan sebab pakai celak mata dan pakai minyak walaupun didapati rasa celak mata dan minyak ditenggorokannya. Tidak batal dengan sebab masuknya lalat, nyamuk, debu akibat menyapu, dan debu akibat mengayak (semacam tepung), kedalam tubuh walau dapat memungkinkan menghindari debu itu. Tidak batal dengan sebab ludah yang bersih dari perutnya. Tidak batal dengan sebab kelepasan/ keterlanjuran air berkumur dan air istisyaq ( memasukan air ke hidung saat wudu), kelepasan masuk kedalam tubuhnya bila ia tidak keterlaluan pada keduanya dan adanya kelepasan itu pada salah satu saja dari tiga kali, tidak batal dengan sebab tidur walau menghabiskan siang seluruhnya, tidak batal dengan sebab pingsan bila tersadar sejenak pada siang hari dengan syarat didapati niat dari orang yang pingsan itu diwaktunya, tidak batal dengan sebab pantik/ bekam, canduk ( semacam bekam).

Tidak sah puasa dua hari raya, tidak sah puasa dihari dari hari-hari tasyrik yang tiga secara umum, tidak sah puasa hari syak ( hari ketiga puluh bulan sya'ban bila para manusia membicarakan telah melihat hilal dan tidak diketahui siapa yang melihatnya dan tak seorang pun mau bersaksi), tidak sah puasa hari dari separuh kedua bulan sya'ban kecuali bila puasanya hari tersebut untuk puasa fardu atau hari itu bertepatan dengan kebiasaan hari ia berpuasa, atau ia menyambungkan puasa hari itu terhadap suatu puasa dari separuh bulan yang pertama walau dengan hari ke limabelas. Haram terhadap orang yang puasa berciuman, berpelukan, dan semacamnya bila itu semua dapat menggerakkan sahwatnya. 

Sunah bagi orang yang puasa menyegerakan berbuka, mengakhirkan makan sahur, mandi dari hadats besar sebelum fajar, berbuka dengan kurma bila mudah (didapat) bila tidak mudah maka dengan sesuatu yang manis seperti itu (bila mudah didapat), memperbanyak do'a khususnya ketika berbuka, memperbanyak baca Alqur'an, memperbanyak sedekah dibulan Romadon. 

Makruh bagi orang yang puasa melakukan bekam (mengeluarkan darah yang kotor orang yang memilii penyakit,, pantik b.jawa) dan bekam ( canduk b.jawa. tujuannya sama seperti bekam pantik caranya yang berbeda, keduanya dapat melemahkan puasa), mengunyah-ngunyah tanpa menelan sesuatu yang dikunyah, mengicipi makanan (tidak ditelan), keterlaluan dalam berkumur dan istinsyak (mengisap air pake hidung ketika wudu), berciuman dan semacamnya bila dengan nya syahwatnya tidak bergerak. Dan hendaknya ia ( orang yang puasa) menjaga dirinya dari segala keinginan ( yang tidak membatalkan puasa tapi tidak pantas untuk orang yang puasa), dan dari ghibah (ngomongin orang), dari namimah ( adudomba/ ngojok-ngojokin orang), dan dari setiap perkataan dan perbuatan yang buruk.


     (فصل): الطاعن في السن والمريض الذي لا يرجى له الشفاء إذا أفطرا في رمضان يلزم كلّاً منهما مد طعام لكل يوم ولا قضاء عليهما، ويجب على الحائض والنفساء الإفطار في رمضان وغيره، ويجوز في رمضان للمسافر إذا كان سفره طويلاً جائزاً ولو قدر على الصوم، والأفضل له أن يصوم إذا لم يحصل له مشقة، ولا يجوز للمريض إلا إذا حصلت له مشقة شديدة بالصوم، ويجوز للحامل والمرضع إذا خافتا في الصوم على أنفسهما أو على أولادهما، ويجب القضاء على هؤلاء كلهم، وإذا فات الصوم بغير عذر وجب قضاؤه على الفور، فإن فات بعذر وجب قضاؤه على التراخي وإلا فضل التعجيل.

Pasal

Orang yang tua renta diumur yang tidak kuat puasa, dan orang yang sakit yang tidak ada harapan sembuh, bila mereka berdua buka (tidak puasa) dibulan Romadon maka wajib terhadap mereka berdua mengeluarkan satu mud (kurang lebih satu liter beras) makanan untuk tiap hari, mereka tidak mesti mengqodo, wajib terhadap orang haid dan orang nifas untuk tidak puasa dibulan romadon dan bulan lainnya. Dibolehkan tidak puasa dibulan Romadon bagi musafir (orang yang berpergian) bila berpergiannya jauh, dan bepergian yang dibolehkan ( bukan yang diharamkan) walau ia mampu untuk puasa, utamanya baginya untuk berpuasa bila ia tidak mendapati kepayahan, tidak diperbolehkan tidak puasa bagi orang yang sakit kecuali bila ia mendapati kepayahan yang sangat dengan sebab puasa. Dibolehkan tidak puasa bagi orang yang hamil dan orang yang menyusui bila mereka berdua takut/khawatir dari sebeb puasa terhadap diri mereka atau terhadap anak-anak mereka [ sama juga demikian bagi pemanen pertanian, kuli, ABK, para pekerja berat, penyelamat orang tenggelam], dan wajib mengqodo puasa terhadap mereka semua (yaitu mereka orang haid, orang nifas, musafir, orang sakit yang ada harapan sembuh, orang hamil, orang menyusui, dan yang menyerupai mereka seperti pekerja berat). Apabila puasa tertinggal dengan tanpa udzur maka wajib mengqodoinya segera, bila tertinggalnya dengan adanya udzur maka kewajiban mengqodoinya tidak mesti segera, yang utamnya disegerakan.


     (فصل): من فاته صيام من رمضان بعذر ومات قبل أن يتمكن من قضائه فليس له تدارك، فإن مات بعد التمكن من القضاء فإما أن يصوم عنه وليه وإما أن يطعم عنه مداً لكل يوم، ومن لزمه قضاء شيء من رمضان وأخره بغير عذر حتى جاء رمضان الآخر وجب عليه مع القضاء لكل يوم مد من طعام، ويتكرر المد بتكرر السنين، وكذا يجب المد مع القضاء على الحامل والمرضع إذا أفطرتا للخوف على أولادهما فقط، ومن أفطر بالجماع في نهار رمضان يعزر وتجب عليه الكفارة العظمى وهي عتق رقبة مؤمنة سليمة من العيوب فإن لم يجد فصيام شهرين متتابعين فإن لم يستطع فإطعام ستين مسكيناً لكل منهم مد من طعام.

Pasal

Barangsiapa telah tertinggal suatu puasa dari bulan Romadon dengan udzur dan ia mati sebelum memungkinkannya dia mengqodoi puasa, maka tidak ada untuknya mengganti ( dengan pidyah atau dengan qodo), bila ia mati setelah memungkinkan dapat mengkodo, maka adakalanya berpuasa untuk nya wali dia, dan adakalanya wali dia memberi makan dari dia, ukuran satu mud untuk setiap (hitungan) hari. Barangsiapa memiliki kewajiban qodo sesuatu dari puasa romadon dan ia mengakhirkan qodo itu (tidak mengkodo puasa) dengan tanpa udzur hingga telah datang romadon berikutnya, maka wajib terhadap dia mengeluarkan satu mud makanan  beserta qodo tiap hitungan hari, hitungan mud berulang (berlipat ganda) dengan berulangnya (berkali lipatnya) hitungan tahun. Demikian pula wajib (mengeluarkan satu) mud serta qodo terhadap orang hamil dan orang menyusui bila mereka berdua buka (tidak puasa) karena khawatir terhadap anak-anak mereka saja, barangsiapa membatalkan puasa dengan jima disiang bulan romadon, maka ia dihina/dipermalukan, dan wajib terhadapnya kifarat udhma yaitu memerdekakan budak islam yang tak memiliki cacat, bila ia tidak menemukannya maka ia puasa dua bulan berturut-turut, bila ia tidak sanggup maka ia memberi makan 60 orang miskin setiap salah satu dari mereka diberi satu mud makanan.



باب الاعتكاف سنة مؤكدة

     ولا يصح إلا في المسجد بالنية وأقله لحظة تزيد على طمأنينة الصلاة وتطلب المواظبة عليه كلما دخل المسجد خصوصاً في رمضان وفي العشر الأواخر منه أفضل لطلب ليلة القدر. ويبطله الجماع والسكر عمداً والكفر والجنون والحيض والنفاس والخروج من المسجد بلا عذر إلا إذا أطلقه في النية وخرج من المسجد عازماً على الرجوع له.

Bab 

I'tikaf itu sunah muakkad, i'tikaf tidak sah kecuali didalam masjid dengan niatnya. Paling sedikitnya (paling singkatnya i'tikaf) ialah sebentar yang lebih dari thuma'ninah solat. Dianjurkan menselalukanya bila masuk masjid khususnya pada bulan Romadon dan pada sepuluh akhir dari bulan Romadon, utamanya karena untuk mendapatkan lailatul qadar. Hal-hal yang membatalkannya ialah: jima', mabuk disengaja, kufur, gila, haid, nifas, dan keluar dari masjid dengan tanpa udzur kecuali memutlakan i'tikaf diniatnya  dan ia keluar dari masjid dengan tekad akan kembali lagi ke masjid.


Selanjutnya klik disini


2 komentar: