Kamis, 10 Maret 2022

Nashoih 5

Makalah ke-23.
Makanan, Pakaian dan Perumahan
Sebagaimana yang diriwayatkan dari Hatim Al A`sham berikut ini :

مَا مِنْ صَبَاحٍ اِلَّا وَيَقُوْلُ الشَّيْطَانُ لِى : مَا تَأْكُلُ ؟ وَمَا تَلْبَسُ ؟ وَاَيْنَ تَسْكُنُ ؟ فَاَقُوْلُ : آكُلُ الْمَوْتَ وَاَلْبَسُ الْكَفَنَ وَاَسْكُنُ الْقَبْرَ فَيَهْرَبُ مِنِّى.

``Tiada suatu pagi pun berlalu melainkan syaitan bertanya kepadaku, ``Apakah yang akan kamu makan ? Apa yang kamu pakai? Dan Dimana kamu akan bertempat tinggal ? `` maka akupun menjawab, ``Maut adalah makananku, kain kafan menjadi pakaianku, dan aku tinggal di  dalam kubur.`` Maka syaitan lari terbirit birit. ``
Keteranagan :
حَاتِمُ الْأَصَمِّNama aslinya Abdur Rahman Hatim bin Ulwan atau disebut juga Hatim bin Yusuf. Beliau adalah seorang ulama besar di Negeri Khurasan. Hatim Ali Al Asam artinya `Hatim yang tuli`. Sejarahnya adalah sebagai berikut : Suatu saat ada seorang wanita datang kepada Hatim menanyakan suatu masalah. Tiba-tiba wanita tersebut kentut, sehingga merahlah wajah wanita itu karena malu. Namun Hatim malah berkata, `Keraskanlah suaramu, aku kurang bisa mendengar.` Wanita tersebut merasakan senang, rasa malunya hilang, karena ia yakin kentutnya tidak terdengar oleh Hatim. Padahal pendengaran Hatim masih normal, hanya saya ia berpura-pura tuli agar wanita itu tidak kecewa karena malu. Maka sejak itulah Rahman Hatim bin Yusuf dipanggil Hatim Al Asam.

Makalah ke-24. Kekayaan, Kekeuatan, dan Kemenangan 
Sebagaimana sabda Rasulullah SAW. Sebagaimana berikut :

مَنْ خَرَجَ مِنْ ذُلِّ الْمَعْصِيَةِ إِلىَ عِزِّ الطَّاعَةِ اَعْنَاهُ اللهُ تَعَالَى مِنْ غَيْرِ مَالٍ وَاَيَّدَهُ مِنْ غَيْرِ جُنْدٍ وَاَعَزَّهُ مِنْ غَيْرِعَشِيْرَةٍ .

``Barangsiapa yang keluar dari kehinaan maksiat menuju kepada kemuliaan taat, maka Allah akan menjadikannya sebagai orang yang kaya tanpa harta, kuat tanpa pasukan dan menang tanpa balatentara. ``
Keterangan :
Jika kita selalu bertaqwa kepada Allah, Allah akan selalu memberikan pertolongan kepada kita dalam segala keadaan. 
Makalah ke-25. Ciri ciri Orang Beriman.
Diriwayatkan bahwa pada suatu hari Rasulullah SAW. Menemui para sahabatnya, lalu beliau bertanya :

 كَيْفَ اَصبَحْتُمْ ؟ قَالُوْا : اَصْبَحْنَا مُؤْمِنِيْنَ بِاللهِ فَقَالَ : وَمَا عَلَامَةُ إِيْمَانِكُمْ ؟ قَالُوْا : نَصْبِرُ عَلَى الْبَلَاءِ وَنَشْكُرُ عَلَى الرَّخَاءِ وَتَرْضَى بِالْقَضَاءِ. فَقَالَ عَلَيْهِ السَّلَامُ : اَنْتُمُ الْمُؤْ مِنُوْنَ حَقًّا وَرَبِّ الْكَعْبَةِ . 


``Apa kabar kalian pagi ini ?`` lalu para sahabat menjawab, ``Pada pagi ini kami tetep beriman kepada Allah SWT. `` Nabi Muhammad SAW. Bertanya lagi, ``Apa ciri iman kalian ?`` mereka menjawab, ``Kami bersabar menghadapi ujian (musibah), bersyukur atas kelapangan dan ridha(rela) dengan apa yang telah ditetapkan oleh Allah SWT(Qadha). Lalu Nabi SAW. Bersabda,`Kalau begitu kalian benar-benar termasuk orang-orang mukmin yang sebenarnya. Demi Allah yang memelihara ka`bah`. ``
Dalam sebuah hadits diterangkan:

اُعْبُدِ اللهَ عَلَى الرِّضَا فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَفِى الصَّبْرِ عَلَى مَا تَكْرَهُ خَيْرٌ كَثِيْرٌ .

``Beribadalah kalian kepada Allah dengan ikhlas, apabila kamu tidak mampu,maka bersabarlah kamu terhadap perkara yang tidak kamu sukai, karena dalam hal itu terdapat kebaikan yang banyak. ``

قَالَ : بَعْضُ الْعَارِ فِيْنَ الصَّبْرُ ثَلَاثُ مَقَامَاتٍ : تَرْكُ الشَّكْوَى وَهِيَ دَرَجَةُ التَّابِعِيْنَ وَالرِّضَاءُ بَالْمَقْدُوْرِ وَهِيَ دَرَجَةُ الزَّاهِدِيْنَ وَالْمَحَبَّةُ بِالْإِبْتِلَاءِ وَهِيَ دَرَجَةُ الصِّدِ يْقِيْنَ .

Keterangan :
Sebagian ulama ahli makrifat mengatakan, sabar itu ada tiga tingkatan :
``Berkatalah sebagian Ulama Ahli Mak`rifat. Sabar itu ada tiga. Tidak suka menceritakan nasib buruk kepada selain Allah, ini adalah sabar tingkatan tabi`in. Ridha atas ketetapan Allah, ini adalah tingkat orang-orang zuhud. Cinta akan musibah, ini adalah sabar tingkatan para shiddiqin.``

Makalah ke-26. Cinta, Takut, dan Malu kepada Allah SWT. 

Sebagaimana firman Allah kepada NabiNya :

مَنْ لَقِيَنِى وَهُوَ يُحِبُّنِى اَدْخَلْتُهُ جَنَّتِى وَمَنْ لَقِيَنِى وَهُوَ يَخَافُنِى اَجْنَبْتُهُ نَارِى وَمَنْ لَقِيَنِى وَهُوْ يَسْتَحْيِ مِنِّى اَنْسَيْتُ الحَفَظَةَ ذُنُوْبَهُ .

``Barangsiapa yang menemuiKu dalam keadaan cinta kepadaKu, maka ia akan Aku masukkan ke dalam kedalam SurgaKu. Dan barangsiapa yang menemuiKu dalam keadaan takut kepadaKu, maka ia akan Aku jauhkan dari NerakaKu. Serta barangsiapa yang menemuiKu karena ia mati dalam keadaan malu kepadaKu, maka Aku jadikan malaikat(pencatat amal) lupa terhadap dosa dosa orang itu. ``
Keterangan : Maksud aku lupakan malaikat Hafadhah terhadap dosa-dosanya ialah, Allah menyuruh malaikat Hafadhah untuk tidak menulis dosa orang itu sebagai karunia dari Allah SAW.

Makalah ke-27. Yang Paling Beribadah, Zuhud, dan Terkaya 
Sebagaimana yang diriwayatkan dari Abdullah bin Mas`ud ra. sebagai berikut :
اَدِّمَا افْتَرَضَ اللهُ عَلَيْكَ تَكُنْ اَعْبَدَ النَّاسِ وَاجْتَنِبْ مَحَارِمَ اللهِ تَكُنْ اَزْهَدَ النَّاسِ وَارْضَ بِمَا قَسَمَ اللهُ لَكَ تَكُنْ اَغْنَى النَّاسِ.

``Kerjakanlah apa yang telah diwajibkan oleh Allah kepadamu, maka kamu akan menjadi orang yang paling banyak beribadah, dan jauhilah larangan laranganNya, maka kamu akan menjadi orang yang paling zuhud. Dan puaslah dengan apa yang telah diberikan Allah kepadamu, maka kamu akan menjadi orang yang paling kaya.``

Makalah ke-28. Masyarakat, Pemimpin dan Penduduk 
Diriwayatkan, bahwa Shaleh Al Marqidi ra. pada suatu hari beliau lewat di daerah yang sudah ditinggalkan penduduknya, lalu beliau bertafakkur untuk mengenang daerah tersebut :
يَادِيَارُ اَيْنَ اَهْلُكَ الْاَوَّلَوْنَ ؟ وَاَيْنَ عُمَّارُكَ الْمَاضُوْنَ ؟ وَاَيْنَ سُكَّانُكَ الْأَقْدَمُوْنَ ؟ فَهَتَفَ بِهِ هَاتِفٌ اِنْقَطَعَتْ آثَارُهُمْ وَبَلِيَتْ تَحْتَ التُّرَابِ اَجْسَامُهُمْ وَبَقِيَتْ اَعْمَالُهُمْ قَلَائِدَ .

``Wahai perkampungan, dimanakah para penghunimu dahulu, dimanakah orang orang yang membangunmu (memimpinmu) dahulu, serta dimanakah penduduk penduduk yang terdahulu ?`` kemudian ada suara yang menjawab, ``Jejak mereka telah hilang, jasad jasad mereka telah hancur didalam tanah, dan segala amal perbuatan mereka selalu menemaninya,  ``

Makalah ke-29. Menguasai, Dikuasai, dan Mengimbangi 
Diriwayatkan dari Ali ra.sebagai berikut :
تَفَضَّلْ عَلَى مَنْ شِئْتَ فَاَنْتَ اَمِيْرُهُ وَاسْئَلْ مَنْ شِئْتَ فَاَنْتَ اَسِيْرُهُ وَاسْتَغْنِ عَمَّنْ شِئْتَ فَإِنَّكَ نَظِيْرُهُ.

``Berikanlah manfaat (pertolongan) kepada siapapun, niscaya engkau akan menguasainya. Mintalah bantuan kepada siapapun, niscaya engkau juga akan dikuasainya, dan cukuplah dirimu sendiri dari siapapun, niscaya engkau akan seimbang dengannya.``
Sebagaimana hadits Nabi Muhammad SAW. Berikut ini :

وَمَنْ اَحَبَّ شَيْئًا فَهُوَ أَسِيْرٌ لَهُ .


``Barangsiapa mencintai sesuatu, maka orang itu menjadi tawanannya.``

Sayyidina Ali ra. juga pernah mengatakan :

اَنَاعَبْدُ مَنْ عَلَّمَنِى حَرْفًا فَاِنْ شَاءَ بَاعَنِى وَاِنْ شَاءَ اَعْتَقَنِى .


``Aku adalah hamba orang yang telah mengajariku satu huruf, maka selanjutnya terserah dia apakah dia akan menjual aku atau memerdekakanku.``

Keterangan :
Jangan suka meminta sesuatu kepada selain Allah dan berilah orang lain dengan sesuatu yang ada padamu. 
Makalah ke-30. Perbandingan Antara Dunia dan Akhirat 
Diriwayatkan dari Abu Zakariya, Yahya bin Mu`adz ra. sebagai berikut :
تَرْكُ الدُّنْيَا كُلِّهَا اَخْذُ الْآخِرَةِ كُلِّهَا فَمَنْ تَرَكَهَا كُلَّهَا أَخَذَهَا كُلَّهَا وَمَنْ اَخَذَهَا كُلَّهَا تَرَكَهَا كُلَّهَا فَاَخْذُهَا فِى تَرْكِهَا وَ تَرْكُهَا فِى اَخْذِهَا .


`` Meninggalkan dunia seluruhnya, berarti ia mengambil akhirat semuanya. Maka barangsiapa meninggalkan seluruhnya,maka mengambil akhirat seluruhnya. Dan barangsiapa yang mengambil dunia segalanya, berarti ia meninggalkan akhirat seluruhnya. Maka pengambilan akhirat itu berada dalam meninggalkan dunia dan meninggalkan dunia berada dalam pengambilan akhirat. ``
Keterangan :
Yahya bin Mu`adz nama lengkapnya adalah Abu Zakariya Yahya bin Mu`adz.


اَلدُّنْيَا وَالْآخِرَةُ كَالضَّرَّ تَيْنِ .


``Dunia dan Akhirat bagaikan dua orang istri yang di madu. ``
Bila cinta akan dunia, berarti ia benci akan akhirat. Bila cinta akan akhirat, berarti benci akan dunia. Dan yang dimaksud dengan dunia adalah segala sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan akhirat. 


فَحُبُّ اْلآخِرَةِ سَبَبُ اْلإِعْرَاضِ عَنِ الدُّنْيَا وَبُغْضُ الدُّنْيَا بِسَبَبِ حُبِّ اْلآخِرَةِ .


``Cinta akan akhirat merupakan sebab berpalingnya manusia dari dunia, sedangkan benci akan dunia disebakan mencintai akhirat.``

Makalah ke-31.Tiga Cara Mencapai Zuhud - 
Diriwayatkan dari Ibrahim bin Ad ham ra. seseorang bertanya kepada beliau, ``Bagaimana caranya kamu mencapai Zuhud ? `` Maka jawabnya :

بِثَلَاثَةِ اَشْيَاءَ : رَاَيْتُ الْقَبْرَ مُوْحِشًا وَلَيْسَ مَعِى مُؤْنِسًا وَرَاَيْتُ طَرِيْقًا طَوِيْلًا وَلَيْسَ مَعِى زَادٌوَرَاَيْتُ الْجَبَّارَ قَاضِيًا وَلَيْسَ لِى حُجَّةٌ .


``Dengan riga perkara, ``Aku melihat kuburan itu menjadi negeri, sedang aku belum mendapatkan pelipur, aku melihat jalan yang panjang, sedang aku belum mempunyai bekal, dan aku melihat Allah Yang Maha Perkasa akan mengadili, sedang aku belum mempunyai alasan.``
Keterangan :
Ibrahim bin Adham adalah seorang raja, yang meninggalkan kerajaannya, lalu ia bersungguh-sungguh dalam beribadah di Mekkah dan di beberapa negeri Islam.
Di dalam Risalah Al Kusairiyah disebutkan, bahwa ia adalah Abu Ishaq Ibrahim bin Mansyur putra seorang raja dari negeri Balkan. Ketika pada suatu hari ia pergi berburu ke hutan, ia menemukan seekor musang atau kelinci. Saat ia sedang mengejarnya tiba-tiba terdengarlah suara Hatif (suara tanpa rupa) yang berseru, `Hai Ibrahim, apakah untuk ini (berburu) engkau diciptakan ? Apakah engkau diperintahkan untuk berburu ?`. Kemudian Hatif itu menyeru lagi di sekitar pelana kudanya, `Demi Allah, bukan untuk ini engkau diciptakan dan bukan untuk ini engkau diperintah. `
Lalu ia turun dari kudanya dan menemui seorang pengmis penggembala milik ayahnya. Kemudian ia mengambil baju jubbah milik penggembala itu yang terbuat dari bulu dan mengenakannya serta menyerahkan kudanya dengan segala kelengkapannya. Setelah itu ia termasuk ke pedalaman kemudian dia pergi ke Mekkah. Di Mekkah sana ia bersahabat dengan Sufyan Tsaury dan Fudhail bin I`ad, lalu ia pergi ke Negeri Syam (Syiria). Ia makan dan minum dengan hasil keringat sendiri seperti mengetam, upah memelihara kebun, dan sebagainya.
Makalah ke-32. Cara Bersikap Ramah Kepada Allah SWT. -
Dari Sufyan Ats Tsauri, bahwa beliau pernah ditanya tentang apa dan bagaimana caranya bersikap ramah kepada Allah SWT. Maka jawabnya 

اَنْ لَا تَسْتَأْنِسَ بِكُلِّ وَجْهٍ صَبِيْحٍ لَا بِصَوْتٍ طَيِّبٍ وَلَا بِلِسَانٍ فَصِيْحٍ .

``Yaitu agar tidak bersikap ramah kepada setiap wajah yang ceria, tidak kepada setiap suara manis, dan tidak kepada ucapan yang indah. ``

Makalah ke-33. Bagian Dari Kalimat Zuhud - 
Sebagaimana yang diterangkan oleh Ibnu Abbas ra. dalam perkataannya berikut ini :

اَلزُّهْدُ ثَلَاثَةُ اَحْرُفٍ : زَايٌ وَهَاءٌ وَدَالٌ , فَالزَّايُ زَادٌ لِلْمَعَادِ وَالْهَاءُ هُدًى لِلْدِّيْنَ وَالدَّالُ دَوَامٌ عَلَى الطَّاعَةِ .

``Kalimat zuhud itu terdiri dari tiga huruf yaitu Za`, Ha` dan Dal. Huruf Za` berarti ``Zaadun Lil Ma`aad`` (bekal menuju akhirat). Huruf Ha` berarti ``Hidayah``(menuju agama). Dan huruf Dal berarti ``Dawwamun `Alath Thaa`ah`` (tetap dalam ketaatan).``
Keterangan :
Orang yang zuhud akan selalu beramal saleh untuk bekal hidup di akhirat. Orang yang zuhud akan selalu mengikuti petunjuk Allah dan memberikan petunjuk kepada orang lainke arah yang benar. Dan orang yang zuhud akan selalu taat kepada Allah dan Rasul-nya.

Makalah ke-34. Makna Yang Terkandung Dalam Kalimat Zuhud - 
Dalam riwayat lain diterangkan,bahwa Ibnu Abbas ra. berkata sebagai berikut :

اَلزَّايُ تَرْكُ الزِّيْنَةِ وَالْهَاءُ تَرْكُ الْهَوَى وَالدَّالُ تَرْكُ الدُّنْيَا .

``Huruf ``Za`` berarti meninggalkan Zinah (perhiasan), huruf ``Ha`` berarti meninggalkan Hawa dan huruf ``Dal`` berarti meninggalkan dunia.``

Makalah ke-35. Pembungkus Agama - 
Diriwayatkan dari Hamid Al Laqqaf, bahwa seseorang telah meminta wasiat (petunjuk) kepada beliau, lalu ia berkata :
إِجْعَلْ لِدِيْنِكَ غِلَافًا  كَغِلاَفِ الْمُصْحَفِ .

`` Kamu harus menjadikan pembungkus untuk agamamu sebagaimana pembungkus Mushhaf (Al Qur`an).``
Ditanyakan pula, ``Apakah pembungkus agama itu ? ``
Jawabnya :

تَرْكُ الْكَلَامِ اِلَّا مَالَا بُدَّ مِنْهُ وَتَرْكُ الدُّنْيَا اِلَّا مَالَابُدَّ مِنْهُ وَتَرْكُ مُخَالَطَة ِالنَّاسِ اِلَّا مَالَا بُدَّمِنْهُ .

`` Yaitu tidak berbicara kecuali membicarakan masalah penting, meninggalkan dunia kecuali yang sangat dibutuhkan, serta meninggalkan pergaulan dengan sesama manusia, kecuali untuk pergaulan penting. ``

Dalam kaitannya dengan tidak berbicara, kecuali membicarakan masalah penting, Sulaiman atau Luqman as. Menyatakan :


اِذَا كَانَ الْكَلاَمُ فِى الْخَيْرِ كَالْفِضَّةِ حُسْنًا كَانَ السُّكُوْتُ عَنِ الشَّرِّ كَالذَّهَبِ فِى الحُسْنِ .


``Apabila berbicara tentang kebaikan itu bagus bagaikan perak, maka diam dari pembicaraan yang jelek itu juga bagus bagaikan emas. ``
Kemudian Hamid Al Laqqaf menyatakan pula :
اَصْلُ الزُّهْدِ الْاِجْتِنَابُ عَنِ الْمَحَارِمِ كَبِيْرِهَا وَصَغِيْرِهَا وَاَدَءُ جَمِيْعِ الْفَرَائِضِ يَسِيْرِهَاوَ عَسِيْرِهَاوَتَرْكُ الدُّنْيَا اَهْلُهَا قَلِيْلَهَا وَكَثِيْرِهَا .



``Pangkal zuhud adalah menjauhi larangan Allah, baik yang kecil maupun yang besar, mengerjakan segala kewajibanNya, baik yang ringan maupun yang berat dan meninggalkan dunia yang berada di tangan pencintanya, baik sedikit maupun dalam jumlah yang banyak. ``
Tambahan :
Menurut Syekh Abdul Qadir Al Jaelani, manusia itu terbagi atas 4 bagian :
1. Orang yang tak berlisan dan tidak berhati, yaitu orang yang durhaka. Hati-hatilah, jangan sampai engkau seperti mereka.
رَجُلٌ لَالِسَانٌ لَهُ وَلَاقَلْبَ وَهُوَ اْلعَاصِى الْعُرُّ الْغَبِيُّ فَاحْذَرْ اَنْ تَكُوْنَ مِنْهُمْ وَلَاتَقُمْ فِيْهِمْ فَإِنَّهُمْ اَهْلُ اْلعَذَابِ .
2. Orang yang berlisan tapi tidak berhati sehingga ia berbicara dengan hikmah (ilmu dan kata mutiara) tapi tidak mengamalkannya. Ia mengajak manusia beriman dan beramal saleh serta taqwa kepada Allah, sementara dia sendiri menjauhi Allah. Jauhilah mereka, supaya kamu tidak tertipu oleh keindahan perkataan mereka yang bisa membuatmu terbakar oleh kemaksiatan atau terbunuh oleh kebusukan hati mereka. 
رَجُلٌ لَهُ لِسَانٌ بِلَاقَلْبٍ فَيَنْطِقُ بِالْحِكْمَةِ وَلَا يَعْمَلُ بِهَايَدْ عُوالنَّاسَ اِلَى اللهِ تَعَالَى وَهُوَ يَفِرُّ مِنْهُ فَابْعُدْ مِنْهُ بِأَنْ لَايَحْفَظَكَ بِلَذِيْذِ لِسَانِهِ فَتَحْرُقُكَ نَارُمَعَاصِهِ وَتَقْتُلُكَ نَتْنُ قَلْبِهِ .
3. Orang yang memiliki hati tapi tidak memiliki lisan, yaitu mukmin yang pandangannya ditutupi oleh Allah dari kejelekan makhluknya dan Allah memperlihatkan aib dirinya, hatinya terang serta pandai bergaul. Orang ini termasuk wali Allah. Maka bergaullah engkau dengannya, niscaya Allah mencintaimu.
رَجُلٌ لَهُ قَلْبٌ بِلَا لِسَانٍ وَهُوَ مُؤْمِنٌ سَتَرَهُ اللهُ تَعَالَى عَنْ خَلْقِهِ وَبَصَرِهُ بِعُيُوْبِ نَفْسِهِ وَنَوَّرَ قَلْبَهُ وَعَرَّفَهُ غَوَائِلَ مُخَالَطَةِ النَّاسِ وَشُؤْمَ الْكَلَامِ فَهَذَارَجُلٌ وَلِيُ اللهِ تَعَالَى مَحْفُوْظٌ فِىْ سِتْرِ اللهِ تَعَالَى فَاْلخَيْرِ كُلُّ اْلخَيْرِ عِنْدَهُ فَدُوْنَكَ وَمُخَالَطَتَهُ وَخِدْمَتَهُ فَيُحِبُّكَ اللهُ تَعَالَى .
4. Orang yang belajar dan mengajar serta mengamalkan ilmunya. Ia mengetahui tanda-tanda kebesaran Allah dan Allah melapangkan dadanya untuk siap menerima macam-macam ilmu. Karenanya, dekatilah ia untuk meminta nasihat kepadanya. Kemudian ketahuilah, bahwa asal arti kata zuhud adalah menjauhi hal-hal yang diharamkan, yang besar dan yang kecil, dan mengerjakan segala sesuatu yang diwajibkan, baik yang mudah maupun yang sukar, serta meninggalkan dunia, kepada ahlinya yang sedikit dan yang banyak.
وَرَجُلٌ تَعَلَّمَ وَعَلَّمَ وَعَمِلَ بِعِلْمِهِ وَهُوَ اْلعَالِمُ بِاللهِ تَعَالَى وَآيَاتِهِ اِسْتَوْدَعَ اللهُ قَلْبَهُ غَرَائِبَ عِلْمِهِ وَشَرَحَ صَدْرَهُ لِقَبُوْلِ اْلعُلُوْمِ فَاحْذَرْ اَنْ تُخَالِفَهُ وَتُجَانِبَهُ وَتَتْرُكَ الرُّجُوْعَ اِلَى نَصِيْحَتِهِ ثُمَّ اعْلَمْ اَنَّ اَصْلَ الزُّهْدِ اْلإِجْتِنَابُ عَنِ الْمَحَارِمِ كَبِيْرُهَاوَصَغِيْرُهَا وَاَدَاءُ جَمِيْعِ الْفَرَائِضِ يَسِيْرُهَا وَعَسِيْرُهَا وَتَرْكُ الدُّنْيَا عَلَى اَهْلِهَا قَلِيْلُهَا وَكَثِيْرُهَا مَنْ لَاوَرَعَ لَهُ لاَ يَصِحُّ لَهُ الزُّهْدُ وَمَنْ لَاتَوْبَةَ لَهُ لَاتَصِحُّ لَهُ اْلإِنَابَةُ وَمَنْ لَاقَنَاعَةَ لَهُ لَا يَصِحُّ لَهُ التَّوَ كُّلُ وَمَنْ لَاتَوَ كُّلَ لَهُ لاَيَصِحُّ لَهُ التَّسْلِيْمُ .
Keterangan :
Barangsiapa tidak memiliki sifat `wara, maka tidak sah baginya zuhud. Barangsiapa tidak bertobat, maka tidak sah baginya inabah. Barangsiapa yang tidak qana`ah, maka tidak sah baginya tawakal, dan barangsiapa yang tidak bertawakal, maka tidak sah baginya taslim. 
Catatan :
Disini terdapat beberapa istilah yaitu :
a. وَرَعٌ= Menjauhi segala sesuatu yang diharamkan, yang dimakruhkan dan yang syubhat.
b. شُبْهَةٌ= Sesuatu yang tidak jelas hukumnya, halal, atau haramnya.
c. فَالتَّوْبَةُ هُوَالْقِيَامُ بِكُلِّ حُقُوْقِ الرَّبِّ= Tobat ialah menegakkan segala hak-hak Allah.
d. Inabah ialah  اِخْرَاخُ الْقَلْبِ مِنْ ظُلُمَاتِ الشُّبُهَاتِmengeluarkan hati dari segala kegelapan dan kesamaran.
e. قَنَاعَةٌ= hidup apa adanya.
f. Tawakal ialah : (تَوَكُّلٌ)
اَلثِّقَةُ بِمَاعِنْدَ اللهِ وَاْليَأْسُ عَمَّافِىْ اَيْدِى النَّاسِ .
menyandarkan diri/mengharapkan sesuatu pada apa yang ada disisi Allah dan tidak mengharapkan apa-apa yang ada di tangan manusia.
g. Taslim ialah : 
اَلْإِنْقِيَادُلِأَمْرِ اللهِ تَعَالَى وَتَرْكُ اْلإِعْرَاضِ فِيْمَالَايُلَائِمُ .
berserah diri kepada hukum Allah dan tidak menghindarkan diri dalam hal yang tidak ia setujui padanya. 

Selanjutnya klik disini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar