Sabtu, 13 Februari 2021

fathul muin adzan


Fasal
ﻓَﺼْﻞٌ ﻓِﻲْ ﺍﻟْﺄَﺫَﺍﻥِ ﻭَ ﺍﻟْﺈِﻗَﺎﻣَﺔِ
TENTANG ADZĀN DAN IQĀMAH
Pengertian Adzān dan Iqāmah.
ﻫُﻤَﺎ ﻟُﻐَﺔً : ﺍﻟْﺈِﻋْﻠَﺎﻡُ . ﻭَ ﺷَﺮْﻋًﺎ : ﻣَﺎ ﻋُﺮِﻑَ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﺄَﻟْﻔَﺎﻅِ ﺍﻟْﻤَﺸْﻬُﻮْﺭَﺓِ ﻓِﻴْﻬِﻤَﺎ . ﻭَ ﺍﻟْﺄَﺻْﻞُ ﻓِﻴْﻬِﻤَﺎ ﺍﻟْﺈِﺟْﻤَﺎﻉُ ﺍﻟْﻤَﺴْﺒُﻮْﻕُ ﺑِﺮُﺅْﻳَﺔِ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺑْﻦِ ﺯَﻳْﺪٍ ﺍﻟْﻤَﺸْﻬُﻮْﺭَﺓُ ﻟَﻴْﻠَﺔَ ﺗَﺸَﺎﻭَﺭُﻭْﺍ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﻳَﺠْﻤَﻊُ ﺍﻟﻨَّﺎﺱَ، ﻭَ ﻫِﻲَ ﻛَﻤَﺎ ﻓِﻲْ ﺳُﻨَﻦِ ﺃَﺑِﻲْ ﺩَﺍﻭﺩَ : ﻋَﻦْ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺃَﻧَّﻪُ ﻗَﺎﻝَ : ﻟَﻤَّﺎ ﺃَﻣَﺮَ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲُّ ﺑِﺎﻟﻨَّﺎﻗُﻮْﺱِ ﻳُﻌْﻤَﻞَ ﻟِﻴُﻀْﺮَﺏَ ﺑِﻪِ ﻟِﻠﻨَّﺎﺱِ ﻟِﺠَﻤْﻊِ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ، ﻃَﺎﻑَ ﺑِﻲْ ﻭَ ﺃَﻧَﺎ ﻧَﺎﺋِﻢٌ ﺭَﺟُﻞٌ ﻳَﺤْﻤِﻞُ ﻧَﺎﻗُﻮْﺳًﺎ ﻓِﻲْ ﻳَﺪِﻩِ ﻓَﻘُﻠْﺖُ : ﻳَﺎ ﻋَﺒْﺪَ ﺍﻟﻠﻪِ، ﺃَﺗَﺒِﻴْﻊُ ﺍﻟﻨَّﺎﻗُﻮْﺱَ؟ ﻓَﻘَﺎﻝَ : ﻭَ ﻣَﺎ ﺗَﺼْﻨَﻊُ ﺑِﻪِ؟ ﻓَﻘُﻠْﺖُ : ﻧَﺪْﻋُﻮْ ﺑِﻪِ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ . ﻗَﺎﻝَ : ﺃَﻭَﻟَﺎ ﺃَﺩُﻟُّﻚَ ﻋَﻠَﻰ ﻣَﺎ ﻫُﻮَ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِﻦْ ﺫﻟِﻚَ؟ ﻓَﻘُﻠْﺖُ ﻟَﻪُ : ﺑَﻠَﻰ . ﻓَﻘَﺎﻝَ : ﺗَﻘُﻮْﻝُ : ﺍَﻟﻠﻪُ ﺃَﻛْﺒَﺮُ، ﺍَﻟﻠﻪُ ﺃَﻛْﺒَﺮُ، ﺇِﻟَﻰ ﺁﺧِﺮِ ﺍﻟْﺄَﺫَﺍﻥِ . ﺛُﻢَّ ﺍﺳْﺘَﺄْﺧَﺮَ ﻋَﻨِّﻲْ ﻏَﻴْﺮَ ﺑَﻌِﻴْﺪٍ . ﺛُﻢَّ ﻗَﺎﻝَ : ﻭَ ﺗَﻘُﻮْﻝُ ﺇِﺫَﺍ ﻗُﻤْﺖَ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ : ﺍَﻟﻠﻪُ ﺃَﻛْﺒَﺮُ، ﺍَﻟﻠﻪُ ﺃَﻛْﺒَﺮُ، ﺇِﻟَﻰ ﺁﺧِﺮِ ﺍﻟْﺈِﻗَﺎﻣَﺔِ . ﻓَﻠَﻤَّﺎ ﺃَﺻْﺒَﺤْﺖُ ﺃﺗَﻴْﺖُ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲَّ ﻓَﺄَﺧْﺒَﺮْﺗُﻪُ ﺑِﻤَﺎ ﺭَﺃَﻳْﺖُ ﻓَﻘَﺎﻝَ : “ ﺇِﻧَّﻬَﺎ ﻟَﺮُﺅْﻳَﺎ ﺣَﻖٍّ ﺇِﻥْ ﺷَﺎﺀَ ﺍﻟﻠﻪُ . ﻗُﻢْ ﻣَﻊَ ﺑِﻠَﺎﻝٍ ﻓَﺄَﻟْﻖِ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻣَﺎ ﺭَﺃَﻳْﺖَ ﻓَﻠْﻴُﺆَﺫِّﻥْ ﺑِﻪِ ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﺃَﻧْﺪَﻯ ﺻَﻮْﺗًﺎ ﻣِﻨْﻚَ .” ﻓَﻘُﻤْﺖُ ﻣَﻊَ ﺑِﻠَﺎﻝٍ ﻓَﺠَﻌَﻠْﺖُ ﺃَﻟْﻘِﻴْﻪِ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻓَﻴُﺆَﺫِّﻥُ ﺑﻪِ . ﻓَﺴَﻤِﻊَ ﺫﻟِﻚَ ﻋُﻤَﺮُ ﺑْﻦُ ﺍﻟْﺨَﻄَّﺎﺏِ، ﻭَ ﻫُﻮَ ﻓِﻲْ ﺑَﻴْﺘِﻪِ ﻓَﺨَﺮَﺝَ ﻳَﺠُﺮُّ ﺭِﺩَﺍﺀَﻩُ ﻭَ ﻳَﻘُﻮْﻝُ : ﻭَ ﺍﻟَّﺬِﻱْ ﺑَﻌَﺜَﻚَ ﺑِﺎﻟْﺤَﻖِّ ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮْﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ، ﻟَﻘَﺪْ ﺭَﺃَﻳْﺖُ ﻣِﺜْﻞَ ﻣَﺎ ﺭَﺃَﻯ . ﻓَﻘَﺎﻝَ : ﻓَﻠِﻠَّﻪِ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ . ﻗِﻴْﻞَ ﺭَﺁﻫَﺎ ﺑِﻀْﻌَﺔُ ﻋَﺸَﺮٍ ﺻَﺤَﺎﺑِﻴًّﺎ .
Adzān dan iqāmah secara bahasa adalah pemberitahuan sedang secara syara‘ adalah lafazh-lafazh yang telah masyhur dalam adzān dan iqāmah. Dasar disyarī‘atkannya adzān dan iqāmah adalah ijma‘ ‘ulamā’ yang didahului oleh mimpi sahabat ‘Abdullāh bin Zaid yang telah masyhur di dalam musyāwarah membahas cara mengumpulkan manusia. Mimpi tersebut seperti yang termaktub dalam kitab Sunan Abī Dāwūd sebagai berikut: Dari ‘Abdullāh, dia berkata: Ketika Nabi s.a.w. memerintahkan memukul kentongan (/lonceng) untuk mengumpulkan manusia guna menunaikan ‘ibādah shalat, seorang lelaki yang membawa kentongan /lonceng di tangannya berputar mengelilingiku sedang diriku tengah tertidur, kemudian saya bertanya: Wahai hamba Allah, apakah lonceng tersebut engkau jual? Dia menjawab: Akan engkau gunakan untuk apa?. Saya pun menjawab: Akan saya gunakan untuk memanggil manusia melaksanakan shalat. Dia berkata: Apakah engkau tidak ingin aku beritahu sebuah cara yang lebih baik dari itu? Lantas aku berkata padanya: Ya aku ingin tahu. Dia berkata: Ucapkanlah: ( ﺍَﻟﻠﻪُ ﺃَﻛْﺒَﺮُ، ﺍَﻟﻠﻪُ ﺃَﻛْﺒَﺮُ ،) sampai akhir adzān. Kemudian lelaki tersebut pergi tidak jauh dariku dan berkata: Ketika akan didirikan shalat ucapkanlah: ( ﺍَﻟﻠﻪُ ﺃَﻛْﺒَﺮُ، ﺍَﻟﻠﻪُ ﺃَﻛْﺒَﺮُ ، ) sampai akhir iqāmah. Ketika Shubuḥ menjelang aku mendatangi Nabi s.a.w. lantas aku ceritakan mimpiku tersebut, Nabi pun menjawab: Sungguh mimpi tersebut adalah mimpi yang benar. In syā’ Allāh, beranjaklah bersama Bilāl, lantas ajarkan padanya apa yang engkau impikan supaya ia melakukan adzān dengan mimpimu itu, sungguh Bilāl memiliki suara yang lebih keras dibanding engkau. Kemudian aku beranjak bersama Bilāl, lantas aku ajarkan adzān kepada Bilāl, hingga Bilāl melakukan adzān. Sahabat ‘Umar pun mendengar suara adzān tersebut sedang beliau berada di rumahnya, lantas beliau keluar sambil menyambar selendangnya dan berkata: Demi dzāt yang telah mengutus engkau ya Rasūlullāh, Sungguh aku telah bermimpi seperti yang diimpikan oleh ‘Abdullāh, Nabi pun bersabda: Segala puji bagi Allah. Sebagian pendapat mengatakan bahwa lebih dari sepuluh sahabat yang bermimpi tentang adzān tersebut.
ﻭَ ﻗَﺪْ ﻳُﺴَﻦُّ ﺍﻟْﺄَﺫَﺍﻥُ ﻟِﻐَﻴْﺮِ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ، ﻛَﻤَﺎ ﻓِﻲْ ﺃُﺫُﻥِ ﺍﻟْﻤَﻬْﻤُﻮْﻡِ ﻭَ ﺍﻟْﻤَﺼْﺮُﻭْﻉِ ﻭَ ﺍﻟْﻐَﻀْﺒَﺎﻥِ، ﻭَ ﻣَﻦْ ﺳَﺎﺀَ ﺧُﻠُﻘُﻪُ ﻣِﻦْ ﺇِﻧْﺴَﺎﻥٍ ﺃَﻭْ ﺑَﻬِﻴْﻤَﺔٍ، ﻭَ ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟْﺤَﺮِﻳْﻖِ، ﻭَ ﻋِﻨْﺪَ ﺗَﻐَﻮُّﻝِ ﺍﻟْﻐِﻴْﻠَﺎﻥِ ﺃَﻱْ ﺗَﻤَﺮُّﺩِ ﺍﻟْﺠِﻦِّ . ﻭَ ﻫُﻮَ ﺍﻟْﺄَﺫَﺍﻥُ ﻭَ ﺍﻟْﺈِﻗَﺎﻣَﺔُ ﻓِﻲْ ﺃُﺫُﻧَﻲِ ﺍﻟْﻤَﻮْﻟُﻮْﺩِ ﻭَ ﺧَﻠْﻒَ ﺍﻟْﻤُﺴَﺎﻓِﺮِ .
Adzān juga disunnahkan selain untuk shalat seperti dikumandangkan di telinga orang yang sedang mengalami kesusahan, telinga orang yang kesurupan, telinga orang yang marah, telinga orang yang jelek budi pekertinya ya‘ni dari manusia atau hewan, saat tenggelam dan saat diganggu jinn. Adzān dan iqāmah juga disunnahkan dikumandangkan di dua telinga anak yang dilahirkan dan di belakang orang yang bepergian.
( ﻳُﺴَﻦُّ ‏) ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻜِﻔَﺎﻳَﺔِ . ﻭَ ﻳَﺤْﺼُﻞُ ﺑِﻔِﻌْﻞِ ﺍﻟْﺒَﻌْﺾِ ‏( ﺃَﺫَﺍﻥٌ ﻭَ ﺇِﻗَﺎﻣَﺔٌ ‏) ﻟِﺨَﺒَﺮِ ﺍﻟﺼَّﺤِﻴْﺤَﻴْﻦِ : “ ﺇِﺫَﺍ ﺣَﻀَﺮَﺕِ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓُ، ﻓَﻠْﻴُﺆَﺫِّﻥْ ﻟَﻜُﻢْ ﺃَﺣَﺪُﻛُﻢْ . ‏( ﻟِﺬَﻛَﺮٍ ﻭَ ﻟَﻮْ ‏) ﺻَﺒِﻴًّﺎ، ﻭَ ‏( ﻣُﻨْﻔَﺮِﺩًﺍ ﻭَ ﺇِﻥْ ﺳَﻤِﻊَ ﺃَﺫَﺍﻧًﺎ ‏) ﻣِﻦْ ﻏَﻴْﺮِﻩِ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻤُﻌْﺘَﻤَﺪِ، ﺧِﻠَﺎﻓًﺎ ﻟِﻤَﺎ ﻓِﻲْ ﺷَﺮْﺡِ ﻣُﺴْﻠِﻢٍ . ﻧَﻌَﻢْ، ﺇِﻥْ ﺳَﻤِﻊَ ﺃَﺫَﺍﻥَ ﺍﻟْﺠَﻤَﺎﻋَﺔِ، ﻭَ ﺃَﺭَﺍﺩَ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓَ ﻣَﻌَﻬُﻢْ، ﻟَﻢْ ﻳُﺴَﻦُّ ﻟَﻪُ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﺄَﻭْﺟَﻪِ ‏( ﻟِﻤَﻜْﺘُﻮْﺑَﺔٍ ‏) ﻭَ ﻟَﻮْ ﻓَﺎﺋِﺘَﺔٍ ﺩُﻭْﻥَ ﻏَﻴْﺮِﻫَﺎ، ﻛَﺎﻟﺴُّﻨَﻦِ . ﻭَ ﺻَﻠَﺎﺓِ ﺍﻟْﺠَﻨَﺎﺯَﺓِ ﻭَ ﺍﻟْﻤَﻨْﺬُﻭْﺭَﺓِ . ﻭَ ﻟَﻮِ ﺍﻗْﺘَﺼَﺮَ ﻋَﻠَﻰ ﺃَﺣَﺪِﻫِﻤَﺎ ﻟِﻨَﺤْﻮِ ﺿِﻴْﻖِ ﻭَﻗْﺖٍ ﻓَﺎﻟْﺄَﺫَﺍﻥُ ﺃَﻭْﻟَﻰ ﺑِﻪِ .
Adzān dan iqāmah hukumnya adalah sunnah kifāyah. Kesunnahannya dapat dihasilkan oleh sebagian orang saja. Kesunnahan ini sebab hadits yang diriwayatkan oleh Bukhārī-Muslim: Ketika waktu shalat telah tiba, maka adzānlah salah satu di antara kalian. Kesunnahan Adzān diperuntukkan bagi seorang lelaki walaupun anak kecil, orang yang shalat sendiri walaupun telah mendengar adzān dari selain dirinya menurut pendapat yang mu‘tamad, berbeda dengan keterangan dalam Syarḥu Muslim. Benar disunnahkan adzān walaupun telah mendengar adzān dari orang lain, namun jika ia mendengar adzān jamā‘ah dan ia menghendaki untuk shalat bersamanya, maka tidak disunnahkan untuk adzān menurut pendapat yang aujah. Sunnah adzān diperuntukkan bagi shalat lima waktu walaupun shalat qadhā’, bukan selainnya seperti shalat sunnah, shalat janazah, dan shalat yang dinadzari. Jikalau seseorang ingin meringkas dengan mengerjakan salah satunya sebab waktu shalat hampir habis, maka mengumandangkan adzān lebih utama dibanding dengan iqāmah.
ﻭَ ﻳُﺴَﻦُّ ﺃَﺫَﺍﻧَﺎﻥِ ﻟِﺼُﺒْﺢٍ، ﻭَﺍﺣِﺪٌ ﻗَﺒْﻞَ ﺍﻟْﻔَﺠْﺮِ، ﻭَ ﺁﺧَﺮُ ﺑَﻌْﺪَﻩُ، ﻓَﺈِﻥِ ﺍﻗْﺘَﺼَﺮَ ﻓَﺎﻟْﺄَﻭْﻟَﻰ ﺑَﻌْﺪَﻩُ . ﻭَ ﺃَﺫَﺍﻧَﺎﻥِ ﻟِﻠْﺠُﻤْﻌَﺔِ، ﺃَﺣَﺪُﻫُﻤَﺎ ﺑَﻌْﺪَ ﺻُﻌُﻮْﺩِ ﺍﻟْﺨَﻄِﻴْﺐِ ﺍﻟْﻤِﻨْﺒَﺮِ . ﻭَ ﺍﻟْﺂﺧَﺮُ ﺍﻟَّﺬِﻱْ ﻗَﺒْﻠَﻪُ، ﺇِﻧَّﻤَﺎ ﺃَﺣْﺪَﺛَﻪُ ﻋُﺜْﻤَﺎﻥُ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻨْﻪُ ﻟَﻤَّﺎ ﻛَﺜُﺮَ ﺍﻟﻨَّﺎﺱُ، ﻓَﺎﺳْﺘِﺤْﺒَﺎﺑُﻪُ ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟْﺤَﺎﺟَﺔِ ﻛَﺄَﻥْ ﺗَﻮَﻗَّﻒَ ﺣُﻀُﻮْﺭُﻫُﻢْ ﻋَﻠَﻴْﻪِ، ﻭَ ﺇِﻟَّﺎ ﻟَﻜَﺎﻥَ ﺍﻟْﺎِﻗْﺘِﺼَﺎﺭُ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﺎِﺗِّﺒَﺎﻉِ ﺃَﻓْﻀَﻞُ .
Disunnahkan dua adzān untuk waktu Shubuḥ: Satu adzān sebelum fajar dan satunya lagi setelahnya. Jika ingin mengerjakan salah satunya, maka yang lebih baik adalah adzān setelah fajar. Disunnahkan pula dua adzān untuk hari Jum‘at: Satu adzān setelah naiknya khathīb ke mimbar dan yang lainnya adzān yang dilakukan sebelum itu. Adzān terakhir adalah adzān yang diadakan oleh sahabat ‘Utsmān r.a. saat melihat banyaknya manusia, maka kesunnahan adzān tersebut adalah ketika ada hajat seperti kehadiran para jamā‘ah bergantung pada adzān itu. Dan jika tidak, niscaya meringkas dengan mengikuti Nabi lebih utama.
( ﻭَ ‏) ﺳُﻦَّ ‏( ﺃَﻥْ ﻳُﺆَﺫِّﻥَ ﻟِﻠْﺄُﻭْﻟَﻰ ‏) ﻓَﻘَﻂْ ‏( ﻣِﻦْ ﺻَﻠَﻮَﺍﺕٍ ﺗَﻮَﺍﻟَﺖْ ‏) ﻛَﻔَﻮَﺍﺋِﺖَ ﻭَ ﺻَﻠَﺎﺗَﻲْ ﺟَﻤْﻊٍ ﻭَ ﻓَﺎﺋِﺘَﺔٍ، ﻭَ ﺣَﺎﺿِﺮَﺓٍ ﺩَﺧَﻞَ ﻭَﻗْﺘُﻬَﺎ ﻗَﺒْﻞَ ﺷُﺮُﻭْﻋِﻪِ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺄَﺫَﺍﻥِ، ‏( ﻭَ ﻳُﻘِﻴْﻢَ ﻟِﻜُﻞٍّ ‏) ﻣِﻨْﻬَﺎ ﻟِﻠْﺎِﺗِّﺒَﺎﻉِ . ‏( ﻭَ ‏) ﺳُﻦَّ ‏( ﺇِﻗَﺎﻣَﺔٌ ﻟِﺄُﻧْﺜَﻰ ‏) ﺳِﺮًّﺍ ﻭَ ﺧُﺘْﺜَﻰ ﻓَﺈِﻥْ ﺃَﺫَّﻧَﺖْ ﻟِﻠﻨِّﺴَﺎﺀِ ﺳِﺮًّﺍ ﻟَﻢْ ﻳُﻜْﺮَﻩْ، ﺃَﻭْ ﺟَﻬْﺮًﺍ ﺣُﺮِﻡَ .
Disunnahkan untuk melakukan adzān yang pertama saja dari shalat-shalat yang beruntut seperti shalat-shalat qadhā’, dua shalat jama‘, shalat qadhā’ dan shalat adā’ yang telah masuk waktunya sebelum melakukan adzān. Disunnahkan untuk melakukan iqāmah untuk setiap satu dari shalat-shalat tersebut, sebab mengikuti Nabi s.a.w. Disunnahkan melakukan iqāmah dengan pelan bagi seorang wanita dan khuntsā. Jikalau mereka para wanita, beradzān dengan pelan untuk para wanita pula, maka hukumnya tidak dimakruhkan atau dengan keras, maka hukumnya haram.
( ﻭَ ﻳُﻨَﺎﺩِﻱْ ﻟِﺠَﻤَﺎﻋَﺔٍ ‏) ﻣَﺸْﺮُﻭْﻋَﺔٍ ‏( ﻓِﻲْ ﻧَﻔْﻞٍ ‏) ﻛَﻌِﻴْﺪٍ ﻭَ ﺗَﺮَﺍﻭِﻳْﺢَ ﻭَ ﻭِﺗْﺮٍ ﺃُﻓْﺮِﺩَ ﻋَﻨْﻬَﺎ ﺑِﺮَﻣَﻀَﺎﻥَ ﻭَ ﻛُﺴُﻮْﻑٍ . ‏( ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓُ ‏) ﺑِﻨَﺼْﺒِﻪِ ﺇِﻏْﺮَﺍﺀٌ، ﻭَ ﺭَﻓْﻌُﻪُ ﻣُﺒْﺘَﺪَﺃٌ، ‏( ﺟَﺎﻣِﻌَﺔٌ ‏) ﺑِﻨَﺼْﺒِﻪِ ﺣَﺎﻟًﺎ، ﻭَ ﺭَﻓْﻌُﻪُ ﺧَﺒَﺮًﺍ ﻟِﻠْﻤَﺬْﻛُﻮْﺭِ . ﻭَ ﻳُﺠْﺰِﻯﺀُ : ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓُ، ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓُ، ﻭَ ﻫَﻠُﻤُّﻮْﺍ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ، ﻭَ ﻳُﻜْﺮَﻩُ : ﺣَﻲَّ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ . ﻭَ ﻳَﻨْﺒَﻐِﻲْ ﻧَﺪْﺑُﻪُ ﻋِﻨْﺪَ ﺩُﺧُﻮْﻝِ ﺍﻟْﻮَﻗْﺖِ، ﻭَ ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ ﻟِﻴَﻜُﻮْﻥَ ﻧَﺎﺋِﺒًﺎ ﻋَﻦِ ﺍﻟْﺄَﺫَﺍﻥِ ﻭَ ﺍﻟْﺈِﻗَﺎﻣَﺔِ، ﻭَ ﺧَﺮَﺝَ ﻳَﻘَﻮْﻟِﻲْ ﻟِﺠَﻤَﺎﻋَﺔٍ ﻣَﺎ ﻟَﺎ ﻳُﺴَﻦُّ ﻓِﻴْﻪِ ﺍﻟْﺠَﻤَﺎﻋَﺔُ ﻭَ ﻣَﺎ ﻓُﻌِﻞَ ﻓُﺮَﺍﺩَﻯ، ﻭَ ﺑِﻨَﻔْﻞٍ ﻣَﻨْﺬُﻭْﺭَﺓٍ، ﻭَ ﺻَﻠَﺎﺓُ ﺟَﻨَﺎﺯَﺓٍ .
Shalat sunnah yang dianjurkan jamā‘ah seperti shalat ‘īd, tarāwīḥ, witir di bulan Ramadhān yang disendirikan pelaksanaannya dengan tarāwīḥ dan shalat gerhana, untuk memanggil dengan panggilan: ( ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓ ﺟَﺎﻣِﻌَﺔ ) – Hadirlah kalian semua untuk melaksanakan shalat. Lafazh: ( ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓ ) dibaca nashab sebagai susunan ighrā’ dan dengan dibaca rafa‘ sebagai mubtada’. Lafazh: ( ﺟَﺎﻣِﻌَﺔ ) dengan dibaca nashab sebagai tarkīb ḥāl, dan dibaca rafa‘ sebagai khabar dari lafazh yang telah disebutkan. Mencukupi pula lafazh: ( ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓُ، ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓُ ) dan lafazh: ( ﻫَﻠُﻤُّﻮْﺍ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ ) Kemarilah kalian semua untuk melaksanakan shalat. Dimakruhkan dengan lafazh: ( ﺣَﻲَّ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ ). Sebaiknya panggilan-panggilan tersebut hukumnya disunnahkan saat masuknya waktu shalat dan ketika akan shalat, supaya menjadi pengganti dari adzān dan iqāmah. Dikecualikan dari perkataanku: “Yang dianjurkan jamā‘ah” adalah yang tidak dianjurkan jamā‘ah dan shalat sunnah yang dilaksanakan sendiri. Dan dengan perkataanku: “Shalat sunnah” adalah shalat yang dinadzari dan shalat janāzah. Syarat Adzān dan Iqāmah.
( ﻭَ ﺷُﺮِﻁَ ﻓِﻴْﻬِﻤَﺎ ‏) ﺃَﻱْ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺄَﺫَﺍﻥِ ﻭَ ﺍﻟْﺈِﻗَﺎﻣَﺔِ . ‏( ﺗَﺮْﺗِﻴْﺐٌ ‏) ﺃَﻱِ ﺍﻟﺘَّﺮْﺗِﻴْﺐُ ﺍﻟْﻤَﻌْﺮُﻭْﻑُ ﻓِﻴْﻬِﻤَﺎ ﻟِﻠْﺎِﺗِّﺒَﺎﻉِ . ﻓَﺈِﻥْ ﻋَﻜَﺲَ ﻭَ ﻟَﻮْ ﻧَﺎﺳِﻴًﺎ ﻟَﻢْ ﻳَﺼِﺢَّ، ﻭَ ﻟَﻪُ ﺍﻟْﺒِﻨَﺎﺀُ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻤَﻨْﺘَﻈِﻢِ ﻣِﻨْﻬُﻤَﺎ ﻭَ ﻟَﻮْ ﺗَﺮَﻙَ ﺑَﻌْﻀَﻬُﻤَﺎ ﺃَﺗَﻰ ﺑِﻪِ ﻣَﻊَ ﺇِﻋَﺎﺩَﺓِ ﻣَﺎ ﺑَﻌْﺪَﻩُ . ‏( ﻭَ ﻭِﻟَﺎﺀٌ ‏) ﺑَﻴْﻦَ ﻛَﻠِﻤَﺎﺗِﻬِﻤَﺎ . ﻧَﻌَﻢْ، ﻟَﺎ ﻳَﻀُﺮُّ ﻳَﺴِﻴْﺮُ ﻛَﻠَﺎﻡٍ ﻭَ ﺳُﻜُﻮْﺕٍ ﻭَ ﻟَﻮْ ﻋَﻤْﺪًﺍ . ﻭَ ﻳُﺴَﻦُّ ﺃَﻥْ ﺃَﻥْ ﻳَﺤْﻤَﺪَ ﺳِﺮًّﺍ ﺇِﺫَﺍ ﻋَﻄَﺲَ، ﻭَ ﺃَﻥْ ﻳَﺆَﺧِّﺮَ ﺭَﺩَّ ﺍﻟﺴَّﻠَﺎﻡِ، ﻭَ ﺗَﺸْﻤِﻴْﺖَ ﺍﻟْﻌَﺎﻃِﺲِ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟْﻔِﺮَﺍﻍِ . ‏( ﻭَ ﺟَﻬْﺮٌ ‏) ﺇِﻥْ ﺃَﺫَّﻥَ ﺃَﻭْ ﺃَﻗَﺎﻡَ ‏( ﻟِﺠَﻤَﺎﻋَﺔٍ ‏) ، ﻓَﻴَﻨْﺒَﻐِﻲْ ﺇِﺳْﻤَﺎﻉُ ﻭَﺍﺣِﺪٍ ﺟَﻤِﻴْﻊَ ﻛَﻠِﻤَﺎﺗِﻪِ . ﺃَﻣَّﺎ ﺍﻟْﻤُﺆَﺫِّﻥُ ﺃَﻭِ ﺍﻟْﻤُﻘِﻴْﻢُ ﻟِﻨَﻔْﺴِﻪِ ﻓَﻴَﻜْﻔِﻴْﻪِ ﺇِﺳْﻤَﺎﻉُ ﻧَﻔْﺴِﻪِ ﻓَﻘَﻂْ . ‏( ﻭَ ﻭَﻗْﺖٌ ‏) ﺃَﻱْ ﺩُﺧُﻮْﻟُﻪُ ‏( ﻟِﻐَﻴْﺮِ ﺃَﺫَﺍﻥِ ﺻُﺒْﺢٍ ‏) ﻟِﺄَﻥَّ ﺫﻟِﻚَ ﻟِﻠْﺈِﻋْﻠَﺎﻡِ، ﻓَﻠَﺎ ﻳَﺠُﻮْﺯُ ﻭَ ﻟَﺎ ﻳَﺼِﺢُّ ﻗَﺒْﻠَﻪُ .
Disyaratkan di dalam adzān dan iqāmah untuk: (1. Tartīb) dengan tartīb yang telah diketahui sebab mengikuti Nabi s.a.w. Jikalau seseorang membaliknya – walaupun lupa – , maka hukumnya tidak sah dan baginya diperbolehkan untuk meneruskan dengan urutan dari keduanya. Jikalau sebagian dari keduanya ditinggalkan, maka lafazh yang ditinggalkan tersebut dikerjakan lagi besertaan dengan mengulangi lafazh setelahnya. (2. Terus-menerus) di antara kalimat-kalimat adzān dan iqāmah. Benar, harus terus-menerus, namun tidak masalah sedikit bicara dan diam, walaupun dengan sengaja. Disunnahkan untuk memuji Allah dengan pelan saat bersin, sunnah untuk mengakhirkan menjawab salam dan mendoakan orang yang bersin sampai selesainya adzan. (3. Dengan suara keras) jika beradzān atau iqāmah untuk jamā‘ah, maka wajib untuk memperdengarkan satu orang dari jamā‘ah tersebut terhadap seluruh kalimat adzān dan iqāmah. Sedangkan bagi orang yang beradzān dan iqāmah untuk diri sendiri, maka cukup dengan terdengar oleh dirinya sendiri. (4. Masuknya waktu bagi selain adzān Shubuḥ) sebab adzān berfungsi untuk memberi informasi masuknya waktu, maka tidak diperbolehkan dan tidak sah sebelum masuknya waktu shalat. Sedangkan adzān Shubuḥ hukumnya sah dimulai dari pertengahan malam.
ﺃَﻣَّﺎ ﺃَﺫَﺍﻥُ ﺍﻟﺼُّﺒْﺢِ ﻓَﻴَﺼِﺢُّ ﻣِﻦْ ﻧِﺼْﻒِ ﻟَﻴْﻞٍ . ‏( ﻭَ ﺳُﻦَّ ﺗَﺜْﻮِﻳْﺐٌ ‏) ﻟِﺄَﺫَﺍﻧَﻲْ ‏( ﺻُﺒْﺢٍ، ﻭَ ﻫُﻮَ ﺃَﻥْ ﻳَﻘُﻮْﻝَ ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟْﺤَﻴْﻌَﻠَﺘَﻲْ
ﻥِ : ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓُ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻨَّﻮْﻡِ ﻣَﺮَّﺗَﻴْﻦِ . ‏) ﻭَ ﻳُﺜَﻮِّﺏُ ﻟِﺄَﺫَﺍﻥِ ﻓَﺎﺋِﺘَﺔِ ﺻُﺒْﺢٍ، ﻭَ ﻛُﺮِﻩَ ﻟِﻐَﻴْﺮِ ﺻُﺒْﺢٍ . ‏( ﻭَ ﺗَﺮْﺟِﻴْﻊٌ ‏) ﺑِﺄَﻥْ ﻳَﺄْﺗِﻲَ ﺑِﻜَﻠِﻤَﺘَﻲِ ﺍﻟﺸَّﻬَﺎﺩَﺗَﻴْﻦِ ﻣَﺮَّﺗَﻴْﻦِ ﺳِﺮًّﺍ، ﺃَﻱْ ﺑِﺤَﻴْﺚُ ﻳَﺴْﻤَﻊُ ﻣَﻦْ ﻗَﺮُﺏَ ﻣِﻨْﻪُ ﻋُﺮْﻓًﺎ ﻗَﺒْﻞَ ﺍﻟْﺠَﻬْﺮِ ﺑِﻬِﻤَﺎ ﻟِﻠْﺎِﺗِّﺒَﺎﻉِ، ﻭَ ﻳَﺼِﺢُّ ﺑِﺪُﻭْﻧِﻪِ . ‏( ﻭَ ﺟَﻌْﻞُ ﻣُﺴَﺒِّﺤَﺘَﻴْﻪِ ﺑِﺼُﻤَﺎﺧَﻴْﻪِ ‏) ﻓِﻲ ﺍﻟْﺄَﺫَﺍﻥِ ﺩُﻭْﻥَ ﺍﻟْﺈِﻗَﺎﻣَﺔِ، ﻟِﺄَﻧَّﻪُ ﺃَﺟْﻤَﻊُ ﻟِﻠﺼَّﻮْﺕِ . ﻗَﺎﻝَ ﺷَﻴْﺨُﻨَﺎ : ﺇِﻥْ ﺃَﺭَﺍﺩَ ﺭَﻓْﻊَ ﺍﻟﺼَّﻮْﺕِ ﺑِﻪِ، ﺳَﺒَﺎﺑَﺔٌ ﺳُﻦَّ ﺟَﻌْﻞُ ﻏَﻴْﺮِﻫَﺎ ﻣِﻦْ ﺑَﻘِﻴَّﺔِ ﺍﻟْﺄَﺻَﺎﺑِﻊِ .
(Disunnahkan untuk membaca tatswīb) bagi orang yang melaksanakan dua adzān Shubuḥ. Tatswīb adalah mengucapkan ( ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓُ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻨَّﻮْﻡِ ) dua kali setelah lafazh ( ﺍﻟْﺤَﻴْﻌَﻠَﺘَﻲْﻥِ ). Sunnah pula mengucapkan tatswīb bagi orang yang adzān shalat Shubuḥ qadhā’ dan makruh selain shalat Shubuḥ. (Sunnah untuk membaca tarjī‘) dengan cara mengulangi dua kalimat syahadat – dua kali – secara pelan, sekira terdengar orang yang ada di dekatnya – secara umumnya – sebelum membaca keras dua kalimat syahadat tersebut, sebab mengikuti Nabi s.a.w. dan sah adzān tanpa tarjī‘. (Sunnah untuk meletakkan dua jari penunjukya di dua lubang telinga) di waktu adzān, bukan iqāmah sebab hal itu lebih mengumpulkan terhadap suara. Guru kita berkata: Kesunnahan tersebut jika seseorang menginginkan mengeraskan suara, jikalau salah satu tangan sulit digunakan, maka menggunakan tangan yang lain atau sulit menggunakan jari penunjuknya, maka menggunakan jari yang lainnya dari jari-jari tangan. Kesunnahan Dalam Adzān dan Iqāmah
( ﻭَ ‏) ﺳُﻦَّ ‏( ﻓِﻴْﻬِﻤَﺎ ‏) ﺃَﻱْ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺄَﺫَﺍﻥِ ﻭَ ﺍﻟْﺈِﻗَﺎﻣَﺔِ ‏( ﻗِﻴَﺎﻡٌ ‏) ، ﻭَ ﺃَﻥْ ﻳُﺆَﺫِّﻥَ ﻋَﻠَﻰ ﻣَﻮْﺿِﻊٍ ﻋَﺎﻝٍ، ﻭَ ﻟَﻮْ ﻟَﻢْ ﻳَﻜُﻦْ ﻟِﻠْﻤَﺴْﺠِﺪِ ﻣَﻨَﺎﺭَﺓٌ ﺳُﻦَّ ﺑِﺴَﻄْﺤِﻪِ ﺛُﻢَّ ﺑِﺒَﺎﺑِﻪِ . ‏( ﻭَ ﺍﺳْﺘِﻘْﺒَﺎﻝٌ ‏) ﻟِﻠْﻘِﺒْﻠَﺔِ، ﻭَ ﻛُﺮِﻩَ ﺗَﺮْﻛُﻪُ . ‏( ﻭَ ﺗَﺤْﻮِﻳْﻞُ ﻭَﺟْﻬِﻪِ ‏) ﻟَﺎ ﺍﻟﺼَّﺪْﺭِ ‏( ﻓِﻴْﻬِﻤَﺎ ﻳَﻤِﻴْﻨًﺎ ‏) ﻣَﺮَّﺓً ‏( ﻓِﻲْ ﺣَﻲٍّ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ ‏) ﻓِﻲ ﺍﻟْﻤَﺮَّﺗَﻴْﻦِ، ﺛُﻢَّ ﻳَﺮُﺩُّ ﻭَﺟْﻬَﻪُ ﻟِﻠْﻘِﺒْﻠَﺔِ . ‏( ﻭ ﺷِﻤَﺎﻟًﺎ ‏) ﻣَﺮَّﺓً ‏( ﻓِﻲْ ﺣَﻲَّ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻔَﻠَﺎﺡِ ‏) ﻓِﻲ ﺍﻟْﻤَﺮَّﺗَﻴْﻦِ، ﺛُﻢَّ ﻳَﺮُﺩُّ ﻭَﺟْﻬَﻪُ ﻟِﻠْﻘِﺒْﻠَﺔِ . ﻭَ ﻟَﻮْ ﻟِﺄَﺫَﺍﻥِ ﺍﻟْﺨُﻄْﺒَﺔِ، ﺃَﻭْ ﻟِﻤَﻦْ ﻳَﺆَﺫِّﻥُ ﻟِﻨَﻔْﺴِﻪِ . ﻭَ ﻟَﺎ ﻳَﻠْﺘَﻔِﺖُ ﻓِﻲ ﺍﻟﺘَّﺜْﻮِﻳْﺐِ، ﻋَﻠَﻰ ﻧِﺰَﺍﻉٍ ﻓِﻴْﻪِ .
(Disunnahkan di dalam adzān dan iqāmah) untuk: (1. Berdiri) dan melakukan adzān di tempat yang tinggi. Jikalau masjid tidak memiliki menara, maka disunnahkan adzān di atas lotengnya, lantas di pintu masuknya. (2. Menghadap qiblat) dan makruh meninggalkannya. (3. Menolehkan wajahnya) bukan dadanya (ke arah kanan) sekali (di saat membaca lafazh: ( ﺣَﻲَّ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ ) dua kali, lantas mengembalikan wajahnya ke arah qiblat (dan ke arah kiri) sekali (saat membaca lafazh: ( ﺣَﻲَّ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻔَﻠَﺎﺡِ ) dua kali, lantas mengembalikan wajahnya ke arah qiblat, walaupun untuk adzān khuthbah, atau bagi seorang yang adzān untuk dirinya sendiri.Tidak sunnah menoleh di waktu membaca tatswīb besertaan perbedaan pendapat di dalam masalah ini.
( ﺗَﻨْﺒِﻴْﻪٌ ‏) ﻳُﺴَﻦُّ ﺭَﻓْﻊُ ﺍﻟﺼَّﻮْﺕِ ﺑِﺎﻟْﺄَﺫَﺍﻥِ ﻟِﻤُﻨْﻔَﺮِﺩٍ ﻓَﻮْﻕَ ﻣَﺎ ﻳُﺴْﻤِﻊُ ﻧَﻔْﺴَﻪُ، ﻭَ ﻟِﻤَﻦْ ﻳُﺆَﺫِّﻥُ ﻟِﺠَﻤَﺎﻋَﺔٍ ﻓَﻮْﻕَ ﻣَﺎ ﻳُﺴْﻤِﻊُ ﻭَﺍﺣِﺪًﺍ ﻣِﻨْﻬُﻢْ، ﻭَ ﺃَﻥْ ﻳُﺒَﺎﻟِﻎَ ﻛُﻞٌّ ﻓِﻲْ ﺟَﻬْﺮٍ ﺑﻪِ ﻟِﻠْﺄَﻣْﺮِ ﺑِﻪِ، ﻭَ ﺧَﻔْﻀُﻪُ ﺑِﻪِ ﻓِﻲْ ﻣُﺼَﻠَّﻰ ﺃَﻗِﻴْﻤَﺖْ ﻓِﻴْﻪِ ﺟَﻤَﺎﻋَﺔٌ ﻭَ ﺍﻧْﺼَﺮَﻓُﻮْﺍ، ﻭَ ﺗَﺮْﺗِﻴْﻠُﻪُ، ﻭَ ﺇِﺩْﺭَﺍﺝُ ﺍﻟْﺈِﻗَﺎﻣَﺔِ، ﻭَ ﺗَﺴْﻜِﻴْﻦُ ﺭَﺍﺀِ ﺍﻟﺘَّﻜْﺒِﻴْﺮِ ﺍﻟْﺄُﻭْﻟَﻰ . ﻓَﺈِﻥْ ﻟَﻢْ ﻳَﻔْﻌَﻞْ ﻓَﺎﻟْﺄَﻓْﺼَﺢُ ﺍﻟﻀَّﻢُّ . ﻭَ ﺇِﺩْﻏَﺎﻡُ ﺩَﺍﻝِ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﻓِﻲْ ﺭَﺍﺀِ ﺭَﺳُﻮْﻝِ ﺍﻟﻠﻪِ ﻟِﺄَﻥَّ ﺗَﺮْﻛَﻪُ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻠَّﺤْﻦِ ﺍﻟْﺨَﻔِﻲِّ . ﻭَ ﻳَﻨْﺒَﻐِﻲ ﺍﻟﻨُّﻄْﻖُ ﺑِﻬَﺎﺀِ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ ﻭَ ﻳُﻜْﺮَﻫَﺎﻥِ ﻣِﻦْ ﻣُﺤْﺪِﺙٍ ﻭَﺻَﺒِﻲٍّ ﻭَ ﻓَﺎﺳِﻖٍ . ﻭَ ﻟَﺎ ﻳَﺼِﺢُّ ﻧَﺼْﺒُﻪُ، ﻭَ ﻫُﻤَﺎ ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﺈِﻣَﺎﻣَﺔِ ﻟِﻘَﻮْﻟِﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ : } ﻭَ ﻣَﻦْ ﺃَﺣْﺴَﻦُ ﻗَﻮْﻟًﺎ ﻣِﻤَّﻦْ ﺩَﻋَﺎ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﻠﻪِ { ﻗﺎﻟَﺖْ ﻋَﺎﺋِﺸَﺔُ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻨْﻬَﺎ : ﻫُﻢُ ﺍﻟْﻤُﺆَﺫِّﻧُﻮْﻥ.َ ﻭَ ﻗِﻴْﻞَ : ﻫِﻲَ ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﻣِﻨْﻬُﻤَﺎ، ﻭَ ﻓُﻀِﻠَﺖْ ﻣِﻦْ ﺃَﺣَﺪِﻫِﻤَﺎ ﺑِﻠَﺎ ﻧِﺰَﺍﻉٍ .
(Peringatan). Disunnahkan mengeraskan suara dengan adzān bagi seorang yang shalat sendiri melebihi terdengar diri sendiri, dan bagi adzān untuk jamā‘ah melebihi mendengarnya satu orang dari jamā‘ah tersebut. Disunnahkan bagi setiap orang yang adzān untuk sangat mengeraskan adzān sebab perintah dari Nabi s.a.w., melirihkan suara adzān di tempat shalat yang telah dilaksanakan jamā‘ah dan telah bubar, adzān dengan tartīl, mempercepat iqāmah, membaca sukūn rā’ takbīr yang pertama – jika tidak dilakukan maka pendapat yang ashaḥḥ membaca dhammah– . Sunnah membaca idghām ( ﺩَﺍﻝِ ) dari lafazh ( ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ) dalam rā’ lafazh ( ﺭَﺳُﻮْﻝِ ﺍﻟﻠﻪِ ) sebab meninggalkannya merupakan lahn (kekeliruan) yang samar dalam membaca. Sebaiknya mengucapkan ( ﻫَﺎﺀِ ) lafazh ( ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ). Makruh hukumnya adzān dan iqāmah bagi seorang yang hadats, anak kecil, dan orang fāsiq. Dan tidak sah mengangkat mereka menjadi petugas adzān. Adzān dan iqāmah sekaligus lebih utama dibanding dengan menjadi imam sebab firman Allah yang artinya: Tiada seorang yang lebih bagus dibanding dengan orang yang mengajak kepada Allah. Dewi (Sayyidatinā) ‘Ā’isyah berkata: Mereka adalah orang-orang yang adzān (mu’adzdzin). Sebagian pendapat mengatakan: Menjadi imam lebih baik. Sedangkan menjadi imam lebih daripada salah satu adzān dan iqāmah tanpa perselisihan ‘ulamā’. Kesunnahan Bagi yang Mendengarkan Adzān dan Iqāmah.
( ﻭَ ‏) ﺳُﻦَّ ‏( ﻟِﺴَﺎﻣِﻌِﻬِﻤَﺎ ‏) ﺳَﻤَﺎﻋًﺎ ﻳُﻤَﻴِّﺰُ ﺍﻟْﺤُﺮُﻭْﻑَ، ﻭَ ﺇِﻟَّﺎ ﻟَﻢْ ﻳُﻌْﺘَﺪَّ ﺑِﺴَﻤَﺎﻋِﻪِ ﻛَﻤَﺎ ﻗَﺎﻝَ ﺷَﻴْﺨُﻨَﺎ ﺁﺧِﺮًﺍ ‏( ﺃَﻥْ ﻳَﻘُﻮْﻝَ ﻭَ ﻟَﻮْ ﻏَﻴْﺮَ ﻣُﺘَﻮَﺿِّﻰﺀٍ ‏) ﺃَﻭْ ﺟُﻨُﺒًﺎ ﺃَﻭْ ﺣَﺎﺋِﻀًﺎ ﺧِﻠَﺎﻓًﺎ ﻟِﻠﺴُّﺒْﻜِﻲِّ ﻓِﻴْﻬِﻤَﺎ ﺃَﻭْ ﻣُﺴْﺘَﻨْﺠِﻴًﺎ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﻳَﻈْﻬُﺮُ، ‏( ﻣِﺜْﻞَ ﻗَﻮْﻟِﻬِﻤَﺎ ﺇِﻥْ ﻟَﻢْ ﻳَﻠْﺤَﻨَﺎ ﻟَﺤْﻨًﺎ ﻳُﻐَﻴِّﺮ ﺍﻟْﻤَﻌْﻨَﻰ ‏) . ﻓَﻴَﺄْﺗِﻲْ ﺑِﻜُﻞِّ ﻛَﻠِﻤَﺔٍ ﻋَﻘِﺐَ ﻓِﺮَﺍﻏِﻪِ ﻣِﻨْﻬَﺎ، ﺣَﺘَّﻰ ﻓِﻲ ﺍﻟﺘﺮَّﺟِﻴْﻊِ ﻭَ ﺇِﻥْ ﻟَﻢْ ﻳَﺴْﻤَﻌْﻪُ . ﻭَ ﻟَﻮْ ﺳَﻤِﻊَ ﺑَﻌْﺾَ ﺍﻟْﺄَﺫَﺍﻥِ ﺃَﺟَﺎﺏَ ﻓِﻴْﻪِ ﻭَ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﻟَﻢْ ﻳَﺴْﻤَﻌْﻪُ . ﻭَ ﻟَﻮْ ﺗَﺮَﺗَّﺐَ ﺍﻟْﻤُﺆَﺫِّﻧُﻮْﻥَ ﺃَﺟَﺎﺏَ ﺍﻟْﻜُﻞَّ ﻭَ ﻟَﻮْ ﺑَﻌْﺪَ ﺻَﻠَﺎﺗِﻪِ . ﻭَ ﻳُﻜْﺮَﻩُ ﺗَﺮْﻙُ ﺇِﺟَﺎﺑَﺔِ ﺍﻟْﺄَﻭَّﻝِ . ﻭَ ﻳَﻘْﻄَﻊُ ﻟِﻠْﺈِﺟَﺎﺑَﺔِ ﺍﻟْﻘِﺮَﺍﺀَﺓَ ﻭَ ﺍﻟﺬِّﻛْﺮَ ﻭَ ﺍﻟﺪُّﻋَﺎﺀَ . ﻭَ ﺗُﻜْﺮَﻩُ ﻟِﻤُﺠَﺎﻣِﻊٍ ﻭَ ﻗَﺎﺿِﻲْ ﺣَﺎﺟَﺔٍ، ﺑَﻞْ ﻳُﺠِﻴْﺒَﺎﻥِ ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟْﻔِﺮَﺍﻍِ، ﻛَﻤُﺼَﻞٍّ ﺇِﻥْ ﻗَﺮُﺏَ ﺍﻟْﻔَﺼْﻞُ، ﻟَﺎ ﻟِﻤَﻦْ ﺑِﺤَﻤَّﺎﻡٍ، ﻭَ ﻣَﻦْ ﺑَﺪَﻧُﻪُ ﻣَﺎ ﻋَﺪَﺍ ﻓَﻤِﻪِ ﻧَﺠِﺲٌ ﻭَ ﺇِﻥْ ﻭُﺟِﺪَ ﻣَﺎ ﻳَﺘَﻄَﻬَّﺮُ ﺑِﻪِ . ‏( ﺇِﻟَّﺎ ﻓِﻲْ ﺣَﻴْﻌَﻠَﺎﺕٍ ﻓَﻴُﺤَﻮْﻗَﻞَ ‏) ﺍﻟْﻤُﺠِﻴْﺐُ، ﺃَﻱْ ﻳَﻘُﻮْﻝُ ﻓِﻴْﻬَﺎ : ﻟَﺎ ﺣَﻮْﻝَ ﻭَ ﻟَﺎ ﻗُﻮَّﺓَ ﺇِﻟَّﺎ ﺑِﺎﻟﻠّﻪِ ﺍﻟْﻌَﻠِﻲِّ ﺍﻟْﻌَﻈِﻴْﻢِ . ﺃَﻱْ ﻟَﺎ ﺗَﺤَﻮُّﻝَ ﻋَﻦْ ﻣَﻌْﺼِﻴَﺔِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺇِﻟَّﺎ ﺑِﻪِ ﻭَ ﻟَﺎ ﻗُﻮَّﺓَ ﻋَﻠَﻰ ﻃَﺎﻋَﺘِﻪِ ﺇِﻟَّﺎ ﺑِﻤَﻌُﻮْﻧَﺘِﻪِ . ‏( ﻭَ ﻳُﺼَﺪِّﻕُ ‏) ﺃَﻱْ ﻳَﻘُﻮْﻝُ : ﺻَﺪَﻗْﺖَ ﻭَ ﺑَﺮَﺭْﺕَ، ﻣَﺮَّﺗَﻴْﻦِ . ﺃَﻱْ ﺻِﺮْﺕَ ﺫَﺍ ﺑِﺮٍّ، ﺃَﻱْ ﺧَﻴْﺮٍ ﻛَﺜِﻴْﺮٍ . ‏( ﺇِﻥْ ﺛَﻮَّﺏَ ‏) ﺃَﻱْ ﺃَﺗَﻰ ﺑِﺎﻟﺘَّﺜْﻮِﻳْﺐِ ﻓِﻲ ﺍﻟﺼُّﺒْﺢِ . ﻭَ ﻳَﻘُﻮْﻝُ ﻓِﻲْ ﻛَﻠِﻤَﺘَﻲِ ﺍﻟْﺈِﻗَﺎﻣَﺔِ : ﺃَﻗَﺎﻣَﻬَﺎ ﺍﻟﻠﻪُ ﻭَ ﺃَﺩَﺍﻣَﻬَﺎ ﻭَ ﺟَﻌَﻠَﻨِﻲْ ﻣِﻦْ ﺻَﺎﻟِﺤِﻲْ ﺃَﻫْﻠِﻬَﺎ .
(Disunnahkan bagi orang yang mendengar adzān dan iqāmah) dengan pendengaran yang dapat membedakan huruf-hurufnya jika tidak semacam itu, maka apa yang didengar tidaklah dianggap seperti yang diungkapkan guru kita di akhir bab, (untuk mengucapkan) – walaupun tidak memiliki wudhū’ atau junub, ḥaidh berbeda dengan pendapat Imām Subkī dalam kasus keduanya atau orang yang sedang istinjā’ menurut pendapat yang telah jelas – , (seperti ucapan adzān dan iqāmah jika orang yang adzān dan iqāmah tidak keliru mengucapkan dengan kekeliruan yang dapat merubah ma‘na). Maka orang yang mendengar adzān disunnahkan untuk mengucapkan setiap kalimat setelah selesainya kalimah tersebut sampai disunnahkan pula mengucapkan pada tarjī‘ walaupun tidak mendengarnya. Jikalau seseorang hanya mendengar sebagian dari adzān, maka disunnahkan menjawab terhadap lafazh yang didengar dan lafazh yang tidak didengar. Jikalau terjadi adzān beruntut, maka jawablah semuanya walaupun setelah shalat. Dimakruhkan meninggalkan menjawab adzān yang pertama. Seorang yang mendengar adzān disunnahkan untuk menghentikan bacaan al-Qur’ān, dzikir dan doa guna menjawabnya. Dimakruhkan menjawab adzān bagi seorang yang sedang bersetubuh dan orang yang sedang membuang hajat, akan tetapi keduanya menjawab setelah selesai melakukannya seperti seseorang yang shalat jika waktu pemisahnya masih sebentar. Tidak makruh menjawab bagi seorang yang berada di kamar mandi dan orang yang tubuhnya – selain mulut – terkena najis walaupun menemukan alat yang dapat mensucikannya. (Kecuali pada lafazh ( ﺣَﻴْﻌَﻠَﺎﺕٍ ) maka orang yang menjawab adzān membaca lafazh ( ﻟَﺎ ﺣَﻮْﻝَ ﻭَ ﻟَﺎ ﻗُﻮَّﺓَ ﺇِﻟَّﺎ ﺑِﺎﻟﻠّﻪِ ﺍﻟْﻌَﻠِﻲِّ ﺍﻟْﻌَﻈِﻴْﻢِ ) Artinya: Tidak ada daya untuk meninggalkan maksiat kepada Allah dan tiada kekuatan melakukan ketaatan kepada-Nya kecuali dengan pertolongan-Nya. (Dan membaca: ( ﺻَﺪَﻗْﺖَ ﻭَ ﺑَﺮَﺭْﺕَ ) dua kali) Artinya: Jadilah engkau seorang yang memiliki banyak kebagusan (jika seorang yang adzān membaca tatswīb) dalam shalat Shubuḥ. Diucapkan dalam kalimatnya iqāmah: ( ﺃَﻗَﺎﻣَﻬَﺎ ﺍﻟﻠﻪُ ) – sampai selesai – Artinya: Semoga Allah mendirikan shalat, melestarikannya dan menjadikan diriku sebagian orang-orang shāliḥ ahli shalat.
( ﻭَ ‏) ﺳُﻦَّ ‏( ﻟِﻜُﻞٍّ ‏) ﻣِﻦْ ﻣُﺆَﺫِّﻥٍ ﻭَ ﻣُﻘِﻴْﻢٍ ﻭَ ﺳَﺎﻣَﻌِﻬِﻤَﺎ ‏( ﺃَﻥْ ﻳُﺼَﻠِّﻲَ ‏) ﻭَ ﻳُﺴَﻠِّﻢَ ‏( ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ‏) ‏( ﺑَﻌْﺪَ ﻓَﺮَﺍﻏِﻬِﻤَﺎ ‏) ، ﺃَﻱْ ﺑَﻌْﺪَ ﻓِﺮَﺍﻍِ ﻛُﻞٍّ ﻣِﻨْﻬُﻤَﺎ ﺇِﻥْ ﻃَﺎﻝَ ﻓَﺼْﻞٌ ﺑَﻴْﻨَﻬُﻤَﺎ، ﻭَ ﺇِﻟَّﺎ ﻓَﻴَﻜْﻔِﻲْ ﻟَﻬُﻤَﺎ ﺩُﻋَﺎﺀٌ ﻭَﺍﺣِﺪٌ . ‏( ﺛُﻢَّ ‏) ﻳَﻘُﻮْﻝُ ﻛُﻞٌّ ﻣِﻨْﻬُﻢْ ﺭَﺍﻓِﻌًﺎ ﻳَﺪَﻳْﻪِ : ‏( ﺍﻟﻠﻬُﻢَّ ﺭَﺏَّ ﻫﺬِﻩِ ﺍﻟﺪَّﻋْﻮَﺓِ ‏) ﺃَﻱِ ﺍﻟْﺄَﺫَﺍﻥِ ﻭَ ﺍﻟْﺈِﻗَﺎﻣَﺔِ، ‏( ﺇِﻟَﻰ ﺁﺧِﺮِﻩِ ‏) . ﺗَﺘِﻤَّﺘُﻪُ : ﺍﻟﺘَّﺎﻣَّﺔُ ﻭَ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓُ ﺍﻟْﻘَﺎﺋِﻤَﺔِ، ﺁﺕِ ﻣُﺤَﻤًّﺪًﺍ ﺍﻟْﻮَﺳِﻴْﻠَﺔَ ﻭَ ﺍﻟْﻔَﻀِﻴْﻠَﺔَ ﻭَ ﺍﺑْﻌَﺜْﻪُ ﻣَﻘَﺎﻣًﺎ ﻣَﺤْﻤُﻮْﺩًﺍ ﺍﻟَّﺬِﻱْ ﻭَﻋَﺪْﺗَﻪُ . ﻭَ ﺍﻟْﻮَﺳِﻴْﻠَﺔُ ﻫِﻲَ ﺃَﻋْﻠَﻰ ﺩَﺭَﺟَﺔٍ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺠﻨَّﺔِ . ﻭَ ﺍﻟْﻤَﻘَﺎﻡُ ﺍﻟْﻤَﺤْﻤُﻮْﺩُ ﻣَﻘَﺎﻡُ ﺍﻟﺸَّﻔَﺎﻋَﺔِ ﻓِﻲْ ﻓَﺼْﻞِ ﺍﻟْﻘَﻀَﺎﺀِ ﻳَﻮْﻡ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ.
Disunnahkan bagi setiap dari orang yang adzān, iqāmah dan yang mendengarkan keduanya (untuk membaca shalawat) dan salām (kepada Nabi) s.a.w. (setelah selesai keduanya) maksudnya satu dari keduanya jika waktu pemisah di antara keduanya lama, dan bila tidak lama, maka cukup bagi keduanya membaca satu doa (lantas) setiap satu dari mereka dengan mengangkat kedua tangannya membaca doa ( ﺍﻟﻠﻬُﻢَّ ﺭَﺏَّ ﻫﺬِﻩِ ﺍﻟﺪَّﻋْﻮَﺓِ ) Artinya: Ya Allah, Tuhan dari penyeru ini maksudnya adalah adzān dan iqāmah (sampai selesai doa). Kesempurnaannya adalah: Dan shalat yang akan didirikan, semoga Engkau memberikan kepada Nabi Muḥammad wasīlah dan keutamaan. Tempatkanlah Nabi Muḥammad ke tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan. Wasīlah adalah tempat tertinggi di surga, sedangkan tempat yang terpuji adalah tempat syafā‘at dalam memutuskan hukum di hari kiamat.
ﻭَ ﻳُﺴَﻦُّ ﺃَﻥْ ﻳَﻘُﻮْﻝَ ﺑَﻌْﺪَ ﺃَﺫَﺍﻥِ ﺍﻟْﻤَﻐْﺮِﺏِ : ﺍﻟﻠﻬُﻢَّ ﻫﺬَﺍ ﺇِﻗْﺒَﺎﻝُ ﻟَﻴْﻠِﻚَ ﻭَ ﺇِﺩْﺑَﺎﺭُ ﻧَﻬَﺎﺭِﻙَ ﻭَ ﺃَﺻْﻮَﺍﺕُ ﺩُﻋَﺎﺗِﻚَ ﻓَﺎﻏْﻔِﺮْ ﻟِﻲْ . ﻭَ ﺗَﺴُﻦُّ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓُ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﻗَﺒْﻞَ ﺍﻟْﺈِﻗَﺎﻣَﺔِ، ﻋَﻠَﻰ ﻣَﺎ ﻗَﺎﻟَﻪُ ﺍﻟﻨَّﻮَﻭِﻱُّ ﻓِﻲْ ﺷَﺮْﺡِ ﺍﻟْﻮَﺳِﻴْﻂِ، ﻭَ ﺍﻋْﺘَﻤَﺪَﻩُ ﺷَﻴْﺨُﻨَﺎ ﺍﺑْﻦُ ﺯِﻳَﺎﺩٍ، ﻭَ ﻗَﺎﻝَ : ﺃَﻣَّﺎ ﻗَﺒْﻞَ ﺍﻟْﺄَﺫَﺍﻥِ ﻓَﻠَﻢْ ﺃَﺭَ ﻓِﻲْ ﺫﻟِﻚَ ﺷَﻴْﺌًﺎ . ﻭَ ﻗَﺎﻝَ ﺍﻟﺸَّﻴْﺦُ ﺍﻟْﻜَﺒِﻴْﺮُ ﺍﻟْﺒَﻜْﺮِﻱُّ ﺃَﻧَّﻬَﺎ ﺗُﺴَﻦُّ ﻗَﺒْﻠَﻬُﻤَﺎ، ﻭَ ﻟَﺎ ﻳُﺴَﻦُّ ﻣُﺤَﻤَّﺪٌ ﺭَﺳُﻮْﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺑَﻌْﺪَﻫُﻤَﺎ . ﻗَﺎﻝَ ﺍﻟﺮَّﻭْﻳَﺎﻧِﻲُّ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺒَﺤْﺮِ : ﻳُﺴْﺘَﺤَﺐُّ ﺃَﻥْ ﻳَﻘْﺮَﺃَ ﺑَﻴْﻦَ ﺍﻟْﺄَﺫَﺍﻥِ ﻭَ ﺍﻟْﺈِﻗَﺎﻣَﺔِ ﺁﻳَﺔَ ﺍﻟْﻜُﺮْﺳِﻲِّ ﻟِﺨَﺒَﺮِ : “ ﺇِﻥَّ ﻣَﻦْ ﻗَﺮَﺃَ ﺫﻟِﻚَ ﺑَﻴْﻦَ ﺍﻟْﺄَﺫَﺍﻥِ ﻭَ ﺍﻟْﺈِﻗَﺎﻣَﺔِ ﻟَﻢ ﻳُﻜْﺘَﺐْ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻣَﺎ ﺑَﻴْﻦَ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺗَﻴْﻦِ ” .
Disunnahkan untuk mengucapkan setelah adzān Maghrib doa: Ya Allah, kini malam-Mu telah tiba, siang-Mu telah berlalu dan suara-suara penyeru-Mu telah diperdengarkan, maka ampunilah dosaku. Disunnahkan membaca shalawat sebelum iqāmah atas pendapat yang telah diungkapkan oleh Imām Nawawī dalam Syaraḥ Wasīth, dan guru kita Ibnu Ziyād memakai pendapat tersebut sebagai pedoman. Imām Ibnu Ziyād berkata: Sedangkan membaca shalawat sebelum adzān, maka aku tidaklah tahu satu pendapat pun. Syaikh al-Kabīr al-Bakrī mengatakan: Disunnahkan membaca shalawat sebelum adzān dan iqāmah dan tidak disunnahkan lafazh: ( ﺍﻟﻠﻬُﻢَّ ﻫﺬَﺍ ﺇِﻗْﺒَﺎﻝُ ﻟَﻴْﻠِﻚَ ) setelah keduanya. Imām Rauyānī dalam kitāb al-Baḥr mengatakan: Disunnahkan untuk membaca Yāsīn di antara adzān dan iqāmah sebab hadits Nabi yang berbunyi: “Sesungguhnya orang yang membaca surat Yāsīn di antara adzān dan iqāmah, maka tidak akan ditulis baginya dosa yang terjadi di antara dua shalat.”
[ ﻓَﺮْﻉٌ ‏] : ﺃَﻓْﺘَﻰ ﺍﻟْﺒُﻠْﻘِﻴْﻨِﻲُّ ﻓِﻴْﻤَﻦْ ﻭَﺍﻓَﻖَ ﻓِﺮَﺍﻏُﻪُ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻮُﺿُﻮْﺀِ ﻓَﺮَﺍﻍَ ﺍﻟْﻤُﺆَﺫِّﻥِ، ﺑِﺄَﻧَّﻪُ ﻳَﺄْﺗِﻲْ ﺑِﺬِﻛْﺮِ ﺍﻟْﻮُﺿُﻮْﺀِ ﻟِﺄَﻧَّﻪُ ﻟِﻠْﻌِﺒَﺎﺩَﺓ ﺍﻟَّﺘِﻲْ ﻓَﺮَﻍَ ﻣِﻨْﻬَﺎ، ﺛُﻢَّ ﺑِﺬِﻛْﺮِ ﺍﻟْﺄَﺫَﺍﻥِ . ﻗَﺎﻝَ : ﻭَ ﺣَﺴُﻦَ ﺃَﻥْ ﻳَﺄْﺗِﻲَ ﺑِﺸَﻬَﺎﺩَﺗَﻲ ﺍﻟْﻮُﺿُﻮْﺀِ ﺛُﻢَّ ﺑِﺪُﻋَﺎﺀِ ﺍﻟْﺄَﺫَﺍﻥِ ﻟِﺘَﻌَﻠُّﻘِﻪِ ﺑِﺎﻟﻨَّﺒِﻲِّ، ﺛُﻢَّ ﺑِﺎﻟﺪُّﻋَﺎﺀِ ﻟِﻨَﻔْﺴِﻪِ .
(Cabang Masalah). Imām al-Bulqīnī berfatwā di dalam masalah seseorang yang selesai wudhū’nya bertepatan dengan selesainya adzān bahwa orang tersebut membaca dzikir wudhū’ sebab dzikir wudhū’ adalah untuk ‘ibādah yang telah ia selesaikan lantas membaca dzikir adzān. Beliau berkata lagi: Bagus jika ia membaca dua syahadat wudhū’ lantas doa adzān sebab berhubungan dengan Nabi, kemudian berdoa untuk dirinya sendiri.


Selanjutnya klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terjemah kitab kuning

Taqrib tengah Safinatun naja   Fathul muin Nashoihul ibad Syarah sittin Jurumiah Riyadul badiah Ta'limul muta...