FASAL
TENTANAG SHALAT SUNNAH
وَ هُوَ لُغَةً: الزِّيَادَةُ. وَ شَرْعًا: مَا يُثَابُ عَلَى فِعْلِهِ وَ لَا يُعَاقَبُ عَلَى تَرْكِهِ. وَ يُعَبَّرُ عَنْهُ بِالتَّطَوُّعِ وَ السُّنَّةِ وَ الْمُسْتَحَبِّ وَ الْمَنْدُوْبِ. وَ ثَوَابُ الْفَرْضِ يَفْضُلُهُ بِسَبْعِيْنَ دَرَجَةً، كَمَا فِيْ حَدِيْثٍ صَحَّحَهُ ابْنُ خُزَيْمَةَ. وَ شُرِعَ لِيُكْمِلَ نَقْصَ الْفَرَائِضِ بَلْ وَ لِيَقُوْمَ فِي الْآخِرَةِ لَا فِي الدُّنْيَا مُقَامَ مَا تُرِكَ مِنْهَا لِعُذْرِ، كَنِسْيَانٍ، كَمَا نَصَّ عَلَيْهِ. وَ الصَّلَاةُ أَفْضَلُ عِبَادَاتِ الْبَدَنِ بَعْدَ الشَّهَادَتَيْنِ، فَفَرْضُهَا أَفْضَلُ الْفُرُوْضِ، وَ نَفْلُهَا أَفْضَلُ النَّوَافِلِ. وَ يَلِيْهَا الصَّوْمُ، فَالْحَجُّ، فَالزَّكَاةُ، عَلَى مَا جَزَمَ بِهِ بَعْضُهُمْ، وَ قِيْلَ: أَفْضَلُهَا الزَّكَاةُ. وَ قِيْلَ: الصَّوْمُ. وَ قِيْلَ: الْحَجُّ. وَ قِيْلَ غَيْرُ ذلِكَ. وَ الْخِلَافُ فِي الْإِكْثَارِ مِنْ وَاحِدٍ أَيْ عُرْفًا مَعَ الْاِقْتِصَارِ عَلَى الْآكَدِ مِنَ الْآخَرِ، وَ إِلَّا فَصَوْمُ يَوْمٍ أَفْضَلُ مِنْ رَكْعَتَيْنِ.
Pengertian Sunnah
An-Nafl secara bahasa adalah tambahan. Sedang secara syara‘ adalah perkara yang mendapatkan pahala ketika dikerjakan dan tidak disiksa ketika ditinggalkan. An-Nafl juga diungkapkan dengan kata tathawwu‘, sunnah, mustaḥabb, dan mandūb. Pahala fardhu mengungguli sunnah dengan selisih 70 derajat seperti keterangan dalam hadits yang telah di-shaḥīḥ-kan oleh Ibnu Khuzaimah. Shalat sunnah dianjurkan sebagai penyempurna kekurangan shalat-shalat fardhu bahkan dapat menempati di akhirat, bukan di dunia tempat shalat fardhu yang ditinggalkan, sebab ‘udzur – semisal lupa- seperti yang telah dijelaskan dalam haditsnya. Shalat merupakan ‘ibādah badan yang paling utama setelah dua kalimat syahādat. Kefardhuan shalat mereupakan hal yang lebih utama-utamanya dari berbagai kefardhuan. Dan kesunnahan shalat lebih utama-utamanya kesunnahan. Urutan selanjutnya adalah puasa, haji, lantas zakat – atau keterangan yang telah diputuskan oleh sebagian ‘ulamā’ – . Sebagian pendapat menyatakan: Yang lebih utama adalah zakat, sebagian pendapat lagi: Puasa, sebagian lagi: Haji. Dan sebagian lagi adalah selain dari itu semua. Perbedaan pendapat itu terjadi dalam memperbanyak satu ‘ibādah secara umumnya besertaan melaksanakan ‘ibādah lain dengan diringkas pada mu’akkad saja. Maka jika tidak semacam itu, puasa sehari jelas lebih utama dibanding dengan shalat dua raka‘at.
وَ صَلَاةُ النَّفْلِ قِسْمَانِ: قِسْمٌ لَا تُسَنُّ لَهُ جَمَاعَةٌ كَالرَّوَاتِبِ التَّابِعَةِ لِلْفَرَائِضِ، وَ هِيَ مَا تَأْتِيْ آنِفًا. (يُسَنُّ) لِلْأَخْبَارِ الصَّحِيْحَةِ الثَّابِتَةِ فِي السُّنَنِ (أَرْبَعُ رَكَعَاتٍ قَبْلَ عَصْرٍ، وَ) أَرْبَعٌ قَبْلَ (ظُهْرٍ وَ) أَرْبَعٌ (بَعْدَهُ، وَ رَكَعَتَانِ بَعْدَ مَغْرِبٍ) وَ نُدِبَ وَصْلُهُمَا بِالْفَرْضِ. وَ لَا يُفَوِّتُ فَضِيْلَةَ الْوَصْلِ بِإِتْيَانِهِ قَبلَهُمَا الذِّكْرُ الْمَأْثُوْرُ بَعْدَ الْمَكْتُوْبَةِ. (وَ) بَعْدَ (عِشَاءٍ) رَكَعَتَانِ خَفِيْفَتَانِ (وَ قَبْلَهُمَا)، إِنْ لَمْ يَشْتَغِلْ بِهِمَا عَنْ إِجَابَةِ الْمُؤَذِّنِ. فَإِنْ كَانَ بَيْنَ الْأَذَانِ وَ الْإِقَامَةِ مَا يَسَعُهُمَا فَعَلَهُمَا، وَ إِلَّا أَخَّرَهُمَا. (وَ) رَكَعَتَانِ قَبْلَ (صُبْحِ)، وَ يُسَنُّ تَخْفِيْفُهُمَا. وَ قِرَاءَةُ الْكَافِرُوْنَ وَ الْإِخْلَاصِ فِيْهِمَا، لِخَبَرِ مُسْلِمٍ وَ غَيْرِهِ، وَ وَرَدَ أَيْضًا فِيْهِمَا أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ وَ أَلَمْ تَرَ كَيْفَ، وَ أَنَّ مَنْ دَاوَمَ عَلَى قِرَاءَتِهِمَا فِيْهِمَا زَالَتْ عَنْهُ عِلَّةُ الْبَوَاسِيْرِ، فَيُسَنُّ الْجَمْعُ فِيْهِمَا بَيْنَهُنَّ لِتَتَحَقَّقَ الْإِتْيَانُ بِالْوَارِدِ، أَخْذًا مِمَّا قَالَهُ النَّوَوِيُّ فِيْ: إِنِّيْ ظَلَمْتَ نَفْسِيْ ظُلْمًا كَثِيْرًا كَبِيْرًا. وَ لَمْ يَكُنْ بِذلِكَ مُطَوَّلًا لَهُمَا تَطْوِيْلًا يُخْرِجُ عَنْ حَدِّ السُّنَّةِ وَ الْاِتِّبَاعِ، كَمَا قَالَهُ شَيْخُنَا ابْنُ حَجَرٍ وَ زِيَادٍ. وَ يُنْدَبُ الْاِضْطِجَاعُ بَيْنَهُمَا وَ بَيْنَ الْفَرْضِ إِنْ لَمْ يُؤَخِّرْهُمَا عَنْهُ، وَ لَوْ غَيْرَ مُتَهَجِّدٍ. وَ الْأَوْلَى كَوْنُهُ عَلَى الشِّقِّ الْأَيْمَنِ، فَإِنْ لَمْ يَرِدْ ذلِكَ فَصَّلَ بِنَحْوِ كَلَامٍ أَوْ تَحَوُّلٍ.
Pengertian Shalat Sunnah
Shalat sunnah dibagi menjadi dua: Shalat sunnah yang tidak dianjurkan berjamā‘ah, seperti shalat sunnah rawātib yang mengikuti shalat fardhu ya‘ni shalat-shalat yang akan dijelaskan sebentar lagi. (Disunnahkan) sebab dasar hadits-hadits yang shaḥīḥ yang telah termaktub dalam kitab-kitab sunnah (untuk melakukan empat raka‘at sebelum ‘Ashar empat raka‘at (sebelum Zhuhur), empat raka‘at setelahnya dan dua raka‘at setelah Maghrib). Disunnahkan menyambung dua raka‘at itu dengan shalat fardhu, tapi tidaklah hilang keutamaan menyambungnya sebelum mengerjakan dua raka‘at tersebut dengan melaksanakan dzikir yang diajarkan Nabi setelah shalat fardhu. (Sunnah pula dua raka‘at ringan setelah ‘Isyā’, dua raka‘at sebelumnya) jikalau tidak tersibukkan dengan menjawab adzān. Jika waktu di antara adzān dan iqāmah masih longgar, maka kerjakan dua raka‘at sebelum ‘Isyā’, jika tidak longgar maka akhirkan dua raka‘at itu, (dan dua raka‘at sebelum Shubuḥ). Disunnahkan untuk mempercepat pelaksanaannya, membaca surat al-Kāfirūn dan al-Ikhlāsh di dua raka‘at nya sebab hadits Muslim dan selainnya. Sunnah pula membaca surat (أَلَمْ نَشْرَحْ) dan (أَلَمْ تَرَ كَيْفَ) sebab orang yang selalu membaca dua surat tersebut, maka penyakit bawasir akan hilang darinya. Disunnahkan untuk mengumpulkan di dalam dua raka‘at sunnah Shubuḥ di antara surat-surat tersebut untuk membuktikan rela mengerjakan ajaran Nabi sebab mengacu terhadap maqalah Imām Nawawī tentang doa: (إِنِّيْ ظَلَمْتَ نَفْسِيْ ظُلْمًا كَثِيْرًا كَبِيْرًا.) Dalam pelaksanaan shalat sunnah Shubuḥ jangan sampai terlalu lama, hingga keluar dari batasan sunnah dan mengikuti Nabi s.a.w. seperti yang telah disampaikan oleh guru kita Ibnu Ḥajar dan Ibnu Ziyād. Disunnahkan untuk tidur miring di antara shalat sunnah dua rakaat Shubuḥ dan kefardhuan Shubuḥ jika pelaksanaan shalat sunnah tersebut tidak diakhirkan dari shalat fardhu, walaupun bukan orang yang melaksanakan tahajjud. Yang lebih utama adalah dengan menggunakan sisi tubuh sebelah kanan. Jika tidak ingin melakukan hal itu, maka pisahlah di antara dua shalat tersebut dengan semacam ucapan atau berpindah tempat.
[تَنْبِيْهٌ]: يَجُوْزُ تَأْخِيْرُ الرَّوَاتِبِ الْقَبْلِيَّةِ عَنِ الْفَرْضِ وَ تَكُوْنُ أَدَاءً. وَ قَدْ يُسَنُّ كَأَنْ حَضَرَ وَ الصَّلَاةُ تُقَامُ أَوْ قَرُبَتْ إِقَامَتُهَا بِحَيْثُ لَوِ اشْتَغَلَ بِهَا يَفُوْتُهُ تَحَرُّمُ الْإِمَامِ فَيُكْرَهُ الشُّرُوْعُ فِيْهَا، لَا تَقْدِيْمُ الْبَعْدِيَّةِ عَلَيْهِ لِعَدَمِ دُخُوْلِ وَقْتِهَا، وَ كَذَا بَعْدَ خُرُوْجِ الْوَقْتِ عَلَى الْأَوْجَهِ. وَ الْمُؤَكَّدُ مِنَ الرَّوَاتِبِ عَشْرٌ، وَ هُوَ رَكَعَتَانِ قَبْلَ صُبْحٍ وَ ظُهْرٍ وَ بَعْدَهُ وَ بَعْدَ مَغْربٍ وَ عِشَاءٍ.
Shalat Sunnat Rawātib
(Peringatan). Diperbolehkan untuk mengakhirkan sunnah rawātib qabliyyah dari shalat fardhu dan hukumnya tetap ada’. Terkadang hal itu malah disunnahkan seperti ada seseorang yang tiba di tempat jamā‘ah dan shalat jamā‘ah akan dilaksanakan atau hampir dilaksanakan sekira bila ia akan kehilangan kesunnahan takbīrat-ul-iḥrām sang imam, maka dimakruhkan untuk melaksanakan shalat sunnah tersebut. Tidak diperbolehkan untuk mendahulukan shalat rawātib ba‘diyyah atas shalat fardhunya sebab waktu shalat sunnah itu belum masuk. Begitu pula setelah keluarnya waktu menurut pendapa yang aujah. Shalat sunnah rawātib yang sangat dianjurkan berjumlah sepuluh raka‘at: Dua raka‘at sebelum Shubuḥ, sebelum Zhuhur dan setelahnya, setelah Maghrib dan ‘Isyā’.
(وَ يُسَنُّ وِتْرٌ) أَيْ صَلَاتُهُ، بَعْدَ الْعِشَاءِ، لِخَبَرِ: “الْوِتْرُ حَقٌّ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ”. وَ هُوَ أَفْضَلُ مِنْ جَمِيْعِ الرَّوَاتِبِ لِلْخِلَافِ فِيْ وُجُوْبِهِ. (وَ أَقَلُّهُ رَكْعَةٌ)، وَ إِنْ لَمْ يَتَقَدَّمْهَا نَفْلٌ مِنْ سُنَّةِ الْعِشَاءِ أَوْ غَيْرِهَا. قَالَ فِي الْمَجْمُوْعِ: وَ أَدْنَى الْكَمَالِ ثَلَاثٌ، وَ أَكْمَلُ مِنْهُ خَمْسٌ فَسَبْعٌ فَتِسْعٌ. (وَ أَكْثَرُهُ إِحْدَى عَشْرَةَ) رَكْعَةٍ. فَلَا يَجُوْزُ الزِّيَادَةُ عَلَيْهَا بِنَّيَةِ الْوِتْرِ، وَ إِنَّمَا يَفْعَلَ الْوِتْرُ أَوْتَارًا. وَ لَوْ أَحْرَمَ بِالْوِتْرِ وَ لَمْ يَنْوِ عَدَدًا صَحَّ، وَ اقْتَصَرَ عَلَى مَا شَاءَ مِنْهُ عَلَى الْأَوْجَهِ. قَالَ شَيْخُنَا: وَ كَأَنَّ بَحْثَ بَعْضِهِمْ إِلْحَاقُهُ بِالنَّفْلِ الْمُطْلَقِ مِنْ أَنَّ لَهُ إِذَا نَوَى عَدَدًا أَنْ يَزِيْدَ وَ يُنْقِصَ تَوَهُّمُهُ مِنْ ذلِكَ، وَ هُوَ غَلَطٌ صَرِيْحٌ. وَ قَوْلُهُ: إِنَّ فِيْ كَلَامِ الْغَزَالِيِّ عَنِ الْفَوْرَانِيِّ مَا يُؤْخَذُ مِنْهُ ذلِكَ، وَهْمٌ أَيْضًا، كَمَا يُعْلَمُ مِنَ الْبَسِيْطِ. وَ يَجْرِيْ ذلِكَ فِيْمَنْ أَحْرَمَ بِسُنَّةِ الظُّهْرِ الْأَرْبَعِ بِنِيَّةِ الْوَصْلِ فَلَا يَجُوْزُ لَهُ الْفَصْلُ بِأَنْ يُسَلِّمَ مِنْ رَكَعَتَيْنِ، وَ إِنْ نَوَاهُ قَبْلَ النَّقْصِ، خِلَافًا لِمَنْ وَهَمَ فِيْهِ أَيْضًا. انْتَهَى.
Shalat Witir
Disunnahkan melaksanakan shalat witir setelah ‘Isyā’ sebab hadits Nabi: “Shalat witir adalah shalat yang sangat dianjurkan bagi setiap orang mu’min.” Shalat witir lebih utama dibanding dengan semua shalat rawatib sebab terjadinya perbedaan ‘ulamā’ dalam kewajibannya. (Minimal dari shalat sunnah witir adalah satu raka‘at) walaupun sebelum melaksanakan shalat sunnah ‘Isyā’ atau yang lainnya. Imām Nawawī dalam Majmū‘-nya mengatakan: Minimal kesempurnaannya adalah tiga raka‘at dan lebih sempurna dari itu adalah 5, 7, lantas 9 raka‘at. (Maksimalnya adalah 11 raka‘at), maka tidak diperkenankan untuk menambahi dari itu dengan niat witir. Witir hanya dilakukan dengan raka‘at ganjil. Jikalau seseorang melakukan takbīrat-ul-iḥrām tanpa berniat jumlah raka‘at, maka hukumnya sah dan diperbolehkan baginya untuk meringkas raka‘at sesukanya menurut pendapat yang aujah. Guru kita berkata: Sepertinya pembahasan sebagian ‘ulamā’ menyamakan shalat witir dengan shalat sunnah mutlak yang diperbolehkan ketika berniat jumlah raka‘at tertentu untuk menambahi atau mengurangi adalah persepsi mereka tentang masalah tersebut, dan itu adalah persepsi yang jelas keliru, perkataan sebagian ‘ulamā’; bahwa ucapan Imām Ghazālī dari Imām Faurānī mengindikasikan hal tersebut juga termasuk dugaan saja seperti yang telah diketahui dalam kitab Wasīth-nya. Tidak boleh menambah raka‘at dan mengurangi raka‘at yang telah ditertentukan dalam niat juga berlaku bagi seorang yang melakukan takbīrat-ul-iḥrām shalat sunnah zhuhur 4 raka‘at dengan niat menyambung semua raka‘atnya, maka tidak diperbolehkan baginya untuk memisah dengan melakukan salam ketika mendapat dua raka‘at walaupun ia telah berniat untuk memisahnya sebelum mengurangi, berbeda juga dengan sebagian ‘ulamā’ yang menduga diperbolehkannya permasalahan tersebut. – Selesai -.
وَ يَجُوْزُ لِمَنْ زَادَ عَلَى رَكْعَةِ الْفَصْلِ بَيْنَ كُلِّ رَكَعَتَيْنِ بِالسَّلَامِ وَ هُوَ أَفْضَلُ مِنَ الْوَصْلِ بِتَشَهُّدٍ أَوْ تَشَهُّدَيْنِ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأَخِيْرَتَيْنِ، وَ لَا يَجُوْزُ الْوَصْلُ بِأَكْثَرِ مِنْ تَشَهُّدَيْنِ. وَ الْوَصْلُ خِلَافُ الْأَوْلَى، فِيْمَا عَدَا الثَّلَاثَ، وَ فِيْهَا مَكْرُوْهٌ لِلنَّهْيِ عَنْهُ فِيْ خَبَرِ: “وَ لَا تُشَبِّهُوا الْوِتْرَ بِصَلَاِة الْمَغْرِبِ”.
Diperbolehkan bagi seseorang yang menambah dari satu raka‘at shalat witir untuk memisah di antara setiap dua raka‘atnya dengan salām – memisah setiap dua raka‘at ini lebih utama dibanding dengan menyambungnya – dengan menggunakan satu tasyahhud atau dua tasyahhud di dua raka‘at terakhir. Tidak lebih dari dua tasyahhud. Sedangkan hukum menyambung raka‘at-raka‘at witir hukumnya adalah Khilāf-ul-Aulā selain raka‘at witir yang berjumlah tiga, maka hukumnya makruh, sebab adanya larangan tentang hal itu dalam hadits Nabi: “Janganlah kalian semua menyerupakan shalat witir dengan shalat Maghrib.”
وَ يُسَنُّ لِمَنْ أَوْتَرَ بِثَلَاثٍ أَنْ يَقْرَأَ فِي الْأُوْلَى سَبِّحْ وَ فِي الثَّانِيَةِ الْكَافِرُوْنَ، وَ فِي الثَّالِثَةِ الْإِخْلَاصِ وَ الْمُعَوِّذَتَيْنِ لِلْاِتِّبَاعِ. فَلَوْ أَوْتَرَ بِأَكْثَرَ مِنْ ثَلَاثٍ فَيُسَنُّ لَهُ ذلِكَ فِي الثَّلَاثَةِ الْأَخِيْرَةِ إِنْ فَصَلَ عَمَّا قَبْلَهَا، وَ إِلَّا فَلَا. كَمَا أَفْتَى بِهِ الْبُلْقِيْنِيُّ. وَ لِمَنْ أَوْتَرَ بِأَكْثَرَ مِنْ ثَلَاثٍ قِرَاءَةُ الْإِخْلَاصِ فِيْ أُوْلَيَيْهِ، فَصَلَ أَوْ وَصَلَ. وَ أَنْ يَقُوْلَ بَعْدَ الْوِتْرِ ثَلَاثًا سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوْسِ، وَ يَرْفَعُ صَوْتَهُ بِالثَّالِثَةِ، ثُمَّ يَقُوْلُ: اللّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ، وَ بِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوْبَتِكَ، وَ بِكَ مِنْكَ، لَا أُحْصِيْ ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ. وَ وَقْتُ الْوِتْرِ كَالتَّرَاوِيْحِ بَيْنَ صَلَاةِ الْعِشَاءِ، وَ لَوْ بَعْدَ الْمَغْرِبِ فِيْ جَمْعِ التَّقْدِيْمِ وَ طُلُوْعِ الْفَجْرِ، وَ لَوْ خَرَجَ الْوَقْتُ لَمْ يَجُزْ قَضَاؤُهَا قَبْلَ الْعِشَاءِ كَالرَّوَاتِبِ الْبَعْدِيَّةِ، خِلَافًا لِمَا رَجَّحَهُ بَعْضُهُمْ. وَ لَوء بَانَ بُطْلَانُ عِشَائِهِ بَعْدَ فِعْلِ الْوِتْرِ أَوِ التَّرَاوِيْحِ وَقَعَ نَفْلًا مُطْلَقًا.
Disunnahkan bagi seseorang yang melaksanakan shalat witir tiga raka‘at untuk membaca di raka‘at pertama surat (الْأَعْلَى), di raka‘at kedua surat (الْكَافِرُوْنَ), dan di raka‘at ketiga surat (الْإِخْلَاصِ). Sebab mengikuti Nabi s.a.w. Jikalau seseorang melaksanakan shalat witir dengan raka‘at melebihi tiga, maka disunnahkan untuk membaca surat-surat tersebut di tiga raka‘at terakhir jika tiga raka‘at tersebut dipisah dengan raka‘at sebelumnya dan jika tidak dipisah, maka tidak disunnahkan seperti yang telah difatwākan oleh Imām Bulqīnī. Bagi seseorang yang shalat witir dengan raka‘at lebih dari tiga, disunnahkan untuk membaca surat al-Ikhlāsh di dua raka‘at awalnya shalat witir, baik orang tersebut memisah raka‘at-raka‘at shalat witir ataupun menyambungnya. Sunnah setelah witir membaca doa sebanyak tiga (kali): (سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوْسِ). Dan mengeraskan suara pada hitungan ketiga lantas membaca doa: (اللّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ،……). – “Ya Allah, sesungguhnya aku meminta perlindungan dengan keridhāan-Mu dari murka-Mu, dengan keselamatan-Mu dari siksa-Mu, dengan pertolongan-Mu dari murka-Mu, tidaklah aku mampu menghitung pujian terhadap-Mu seperti Engkau memuji terhadap Diri-Mu Sendiri.” Waktu dari shalat witir – seperti halnya shalat tarāwīḥ – ya‘ni di antara shalat ‘Isyā’ – walaupun setelah shalat Maghrib di dalam waktu jama‘ taqdīm – dan terbitnya fajar shādiq. Jikalau waktu telah habis, maka tidaklah diperkenankan untuk mengqadhā’nya sebelum masuk waktu shalat ‘Isyā’ seperti kasus shalat rawātib ba‘diyyah, berbeda dengan pendapat yang telah diunggulkan oleh sebagian ‘ulamā’. Jikalau jelas kebatalan shalat ‘Isyā’ yang dikerjakan setelah melakukan shalat witir atau tarāwīḥ, maka shalat witir tersebut menjadi shalat sunnah mutlak.
[فَرْعٌ]: يُسَنُّ لِمَنْ وَثَقَ بِيَقْظَتِهِ قَبْلَ الْفَجْرِ بِنَفْسِهِ أَوْ غَيْرِهِ أَنْ يُؤَخِّرَ الْوِتْرَ كُلَّهُ لَا التَّرَاوِيْحَ عَنْ أَوَّلِ اللَّيْلِ وَ إِنْ فَاتَتِ الْجَمَاعَةُ فِيْهِ بِالتَّأْخِيْرِ فِيْ رَمَضَانَ، لِخَبَرِ الشَّيْخَيْنِ: “اجْعَلُوْا آخِرَ صَلَاتِكُمْ بِاللَّيْلِ وِتْرًا”. وَ تَأْخِيْرُهُ عَنْ صَلَاةِ اللَّيْلِ الْوَاقِعَةِ فِيْهِ، وَ لِمَنْ لَمْ يَثِقْ بِهَا أَنْ يُعَجِّلَهُ قَبْلَ النَّوْمِ. وَ لَا يُنْدَبُ إِعَادَتُهُ. ثُمَّ إِنْ فَعَلَ الْوِتْرَ بَعْدَ النَّوْمِ حَصَلَ لَهُ بِهِ سُنَّةَ التَّهَجُّدِ أَيْضًا وَ إِلَّا كَاَن وِتْرًا لَا تَهَجُّدًا. وَ قِيْلَ: الْأُوْلَى أَنْ يُوْتِرَ قَبْلَ أَنْ يَنَامَ مُطْلَقًا، ثُمَّ يَقُوْمُ وَ يَتَهَجَّدُ، لِقَوْلِ أَبِيْ هُرْيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ: أَمَرَنِيْ رَسُوْلُ اللهِ أَنْ أُوْتِرَ قَبْلَ أَنْ أَنَامَ. رَوَاهُ الشَّيْخَانِ.
وَ قَدْ كَانَ أَبُوْ بَكْرٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ يُوْتِرَ قَبْلَ أَنْ يَنَامَ ثُمَّ يَقُوْمُ وَ يَتَهَجَّدُ، وَ عَمَرُ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ يَنَامُ قَبْلَ أَن يُوْتِرَ وَ يَقوْمُ وَ يَتَهَجَّدُ وَ يُوْتِرُ. فَتَرَافَعَا إِلَى رَسُوْلِ اللهِ فَقَالَ: {هذَا أَخَذَ بِالْحَزْمِ يَعْنِيْ أَبَا بَكْرٍ وَ هذَا أَخَذَ بِالْقُوَّةِ يَعْنِيْ عُمَرَ}. وَ قَدْ رُوِيَ عَنْ عُثْمَانَ مِثْلُ فِعْلِ أَبِيْ بَكْرٍ، وَ عَنْ عَلِيٍّ مِثْلُ فِعْلِ عُمَرَ، رَضِيَ اللهُ عَنْهُمْ. قَالَ فِي الْوَسِيْطِ: وَ اخْتَارَ الشَّافِعِيّ فِعْلُ أَبِيْ بَكْرٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ. وَ أَمَّا الرَّكْعَتَانِ اللَّتَانِ يُصَلِّيْهِمَا النَّاسُ جُلُوْسًا بَعْدَ الْوِتْرِ فَلَيْسَتَا مِنَ السُّنَّةِ، كَمَا صَرَّحَ بِهِ الْجَوْجَرِيُّ وَ الشَّيْخُ زَكَرِيَّا. قَالَ فِي الْمَجْمُوْعِ: وَ لَا تَغْتَرَّ بِمَنْ يَعْتَقِدُ سُنِّيَّةَ ذلِكَ وَ يَدْعُوْ إِلَيْهِ لِجُهَالَتِهِ.
(Cabang Masalah).
Disunnahkan bagi seseorang yang dapat memastikan dirinya dapat terbangun sebelum fajar dengan dirinya sendiri atau dibangunkan orang lain untuk mengakhirkan seluru shalat witir – bukan mengakhirkkan tarāwīḥ – dari awal waktu walaupun kehilangan jamā‘ah shalat witir di malam Bulan Ramadhān sebab hadits yang diriwayatkan oleh Imām Bukhārī-Muslim: “Jadikanlah witir sebagai akhir shalat malam kalian semua.” Dan sunnah pula mengakhirkannya dari shalat malam yang dilakukan di malam tersebut. Sedangkan bagi seseorang yang tidak dapat memastikan dapat terbangun, disunahkan untuk mengawalkan mengerjakan shalat witir sebelum tidur dan tidak disunnahkan untuk mengulanginya. Jikalau shalat witir setelah tidur, maka kesunnahan tahajjud telah didapat juga dengan shalat witir tersebut, dan jika tidak setelah tidur, maka hanya mendapat kesunnahan witir saja, tidak tahajjud. Sebagian pendapat mengatakan bahwa disunnahkan melakukan witir sebelum tidur secara mutlak, lantas bangunan malam dan melaksanakan shalat tahajjud sebab dasar dari ucapan sahabat Abū Hurairah r.a.: “Rasūlullāh s.a.w. memerintahkanku untuk melakukan shalat witir sebelum aku tidur.” HR. Bukhārī-Muslim. Shahabat Abū Bakar r.a. pun melakukan shalat witir sebelum tidur, lantas bangun dan melakukan shalat tahajjud. Sedangkan sahabat ‘Umar r.a. tidur terlebih dahulu sebelum melakukan witir, lantas bangun dan melaksanakan shalat witir dan tahajjud. Akhrinya dua sahabat tersebut melaporkan kepada Nabi s.a.w., lantas Nabi bersabda: “Abū Bakar melakukan hal yang lebih hati-hati, sedang ‘Umar mengandalkan kekuatannya.” Diriwayatkan dari sahabat ‘Utsmān seperti yang dikerjakan oleh sahabat Abū Bakar dan dari sahabat ‘Alī seperti yang dikerjakan sahabat ‘Utsmān. Imām Ghazālī dalam kitab Wasīth-nya mengatakan: Imām Syāfi‘ī memilih apa yang dikerjakan oleh sahabat Abū Bakar r.a. Sedangkan shalat yang dikerjakan oleh para manusia dengan cara duduk setelah witir bukanlah sebagian dari sunnah Nabi seperti yang telah disampaikan oleh Imām al-Jauharī dan Syaikh Zakariyyā. Dan Majmū‘-nya Imām Nawawī berkata: “Jangan tertipu dengan orang yang meyakini kesunnahan shalat tersebut dan mengajak untuk melakukannya sebab kebodohannya.”
(وَ) يُسَنُّ (الضُّحَى) لِقَوْلِهِ تَعَالَى: {يُسبِّحْنَ بِالْعَشِيِّ وَ الْإِشْرَاقِ} قاَلَ ابْنُ عَبَّاسٍ: صَلَاةُ الْإِشْرَاقِ صَلَاةُ الضُّحَى. رَوَى الشَّيْخَانِ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: “أَوْصَانِيْ خَلِيْلِيْ بِثَلَاثٍ، صِيَامُ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ، وَ رَكْعَتَيْ الضُّحَى، وَ أَنْ أُوْتِرَ قَبْلَ أَنْ أَنَامُ”. وَ رَوَى أَبُوْ دَاودٍ أَنَّهُ صَلَّى سُبْحَةَ الضُّحَى أَيْ صَلَاتَهَا ثَمَانِيَ رَكَعَاتٍ، وَ سَلَّمَ مِنْ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ. (وَ أَقَلُّهَا رَكْعَتَانِ وَ أَكْثَرُهَا ثَمَانٍ) كَمَا فِي التَّحْقِيْقِ وَ الْمَجْمُوْعِ، وَ عَلَيْهِ الْأَكْثَرُوْنَ. فَتَحْرُمُ الزِّيَادَةُ عَلَيْهَا بِنِيَّةِ الضُّحَى، وَ هِيَ أَفْضَلُهَا عَلَى مَا فِي الرَّوْضَةِ، وَ أَصْلُهَا: فَيَجُوْزُ الزِّيَادَةُ عَلَيْهَا بِنِيَّتِهَا إِلَى ثِنْتَيْ عَشْرَةَ، وَ يُنْدَبُ أَنْ يُسَلِّمَ مِنْ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ. وَ وَقْتُهَا مِنَ ارْتِفَاعِ الشَّمْسِ قَدْرَ رُمْحٍ إِلَى الزَّوَالِ وَ الْاِخْتِيَارُ فِعْلُهَا عِنْدَ مُضِيِّ رُبْعِ النَّهَارِ لِحَدِيْثٍ صَحِيْحٍ فِيْهِ، فَإِنْ تَرَادَفَتْ فَضِيْلَةُ التَّأْخِيْرِ إِلَى رُبْعِ النَّهَارِ وَ فَضِيْلَةُ أَدَائِهَا فِي الْمَسْجِدِ إِنْ لَمْ يُوْءَخِّرْهَا، فَالْأَوْلَى تَأْخِيْرُهَا إِلَى رُبْعِ النَّهَارِ وَ إِنْ فَاتَ بِهِ فِعْلُهَا فِي الْمَسْجِدِ، لِأَنَّ الْفَضِيْلَةَ الْمُتَعَلِّقَة بِالْوَقْتِ أَوْلَى بِالْمُرَاعَاةِ مِنَ الْمُتَعَلِّقَةِ بِالْمَكَانِ. وَ يُسَنُّ أَنْ يَقْرَأَ سُوْرَتَيْ وَ الشَّمْسِ وَ الضُّحَى. وَ وَرَدَ أَيْضًا قِرَاءَةَ الْكَافِرُوْنَ وَ الْإِخْلَاصِ. وَ الْأَوْجَهُ أَنَّ رَكَعَتَيْ الْإِشْرَاقِ مِنَ الضُّحَى، خِلَافاً لِلْغَزَالِيِّ وَ مَنْ تَبِعَهُ.
Shalat Dhuḥā
(Disunnahkan shalat Dhuḥā) sebab firman Allah yang artinya: Gunung-gunung bertasbih di waktu sore dan isyrāq. Ibnu ‘Abbās mengatakan: Shalat Isyrāq adalah shalat Dhuḥā. H.R. Bukhārī-Muslim. Diriwayatkan dari Abū Hurairah r.a., beliau berkata: Kekasihku s.a.w. berwasiat tentang tiga hal: Berpuasa tiga hari dari setiap satu bulan, melaksanakan dua shalat dua raka‘at dhuha dan shalat witir sebelum aku tertidur. Imām Abū Dāwūd meriwayatkan sebuah hadits bahwa Rasūlullāh s.a.w. melakukan shalat dhuḥā delapan raka‘at dan melakukan salam setiap dua raka‘atnya. Minimal dari raka‘at shalat dhuḥā adalah dua raka‘at dan maksimalnya adalah delapan raka‘at seperti keterangan dalam kitab Taḥqīq dan Majmū‘ dan ini merupakan pendapat dari mayoritas ‘ulamā’, maka haram hukumnya menambahi dari delapan raka‘at dengan niat shalat dhuḥā. Delapan raka‘at tersebut merupakan jumlah yang paling utama atas keterangan dalam kitab Raudhah dan kitāb asli dari Raudhah, maka diperbolehkan untuk menambahi dari delapan raka‘at itu dengan niat dhuḥā sampai 12 raka‘at. Disunnahkan untuk melakukan salam dari setiap dua raka‘at. Sedangkan waktunya adalah mulai dari naiknya matahari kadar satu tombak sampai bergesernya matahari. Waktu ikhtiyār-nya adalah ketika telah sampai seperempat siang sebab hadits shaḥīḥ dalam hal ini. Jikalau keutamaan mengakhirkan shalat dhuḥā di waktu seperempat siang bertentangan dengan keutamaan mengerjakan shalat dhuḥā di masjid jikalau tidak mengakhirkannya, maka yang lebih utama adalah mengakhirkannya sampai seperempat siang, walaupun tidak dilakukan di masjid, sebab keutamaan yang berhubungan dengan waktu itu lebih utama diprioritaskan dibanding dengan keutamaan yang berhubungan dengan tempat. Disunnahkan untuk membaca surat asy-Syams dan wadh-Dhuḥā. Sunnah pula membaca surat al-Kāfirūn dan al-Ikhlāsh. Menurut pendapat yang aujah bahwa dua raka‘at Isyrāq adalah shalat dhuḥā, berbeda dengan pendapat Imām Ghazālī dan pengikutnya.
(وَ) يُسَنُّ (رَكْعَتَا تَحِيَّةٍ) لِدَاخِلِ مَسْجِدٍ وَ إِنْ تَكَرَّرَ دُخُوْلُهُ أَوْ لَمْ يُرِدِ الْجُلُوْسَ، خِلَافًا لِلشَّيْخِ نَصْرٍ. وَ تَبِعَهُ الشَّيْخُ زَكَرِيَّا فِيْ شَرْحَيْ الْمِنْهَجِ وَ التَّحْرِيْرِ بِقُوْلِهِ: إِنْ أَرَادَ الْجُلُوْسَ، لِخَبَرِ الشَّيْخَيْنِ: “إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلَا يَجْلِسْ حَتَّى يُصَلِّيَ رَكْعَتَيْنِ”. وَ تَفُوْتُ التَّحِيَّةُ بِالْجُلُوْسِ الطَّوِيْلِ، وَ كَذَا الْقَصِيْرِ إِنْ لَمْ يَسْهَ أَوْ يَجْهَلْ. وَ يُلْحَقُ بِهِمَا عَلَى الْأَوْجَهِ مَا لَوِ احْتَاجَ لِلشُّرْبِ فَيَقْعُدُ لَهُ قَلِيْلًا ثُمَّ يَأْتِيْ بِهَا، لَا بِطُوْلِ قِيَامٍ أَوْ إِعْرَاضٍ عَنْهَا. وَ لِمَنْ أَحْرَمَ بِهَا قَائِمًا الْقُعُوْدُ لِإِتْمَامِهَا. وَ كُرِهَ تَرْكُهَا مِنْ غَيْرِ عُذْرٍ. نَعَمْ، إِنْ قَرُبَ قِيَامُ مَكْتُوْبَةِ جُمُعَةٍ أَوْ غَيْرِهَا، وَ خَشِيَ لَوِ اشْتَغَلَ بِالتَّحِيَّةِ فَوَاتُ فَضِيْلَةِ التَّحَرُّمِ انْتَظَرَهُ قَائِمًا. وَ يُسَنُّ لِمَنْ لَمْ يَتَمَكَّنْ مِنْهَا وَ لَوْ بِحَدَثٍ أَنْ يَقُوْلَ: سُبْحَانَ اللهِ وَ الْحَمْدُ للهِ وَ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَ اللهُ أَكْبَرُ وَ لَا حَوْلَ وَ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ، أَرْبَعًا. وَ تُكْرَهُ لِخَطِيْبٍ دَخَلَ وَقْتُ الْخُطْبَةِ، وَ لِمُرِيْدِ طَوَافٍ دَخَلَ الْمَسْجِدَ، لَا لِمُدَرِّسٍ، خِلَافًا لِبَعْضِهِمْ.
Shalat Taḥiyyat-ul-Masjid.
(Disunnahkan shalat dua raka‘at taḥiyyat) bagi seorang yang masuk masjid, walaupun berulang kali untuk masuk masjid atau tidak ingin duduk di dalamnya, berbeda dengan pendapat Syaikh Nashr yang diikuti oleh Syaikh Zakariyyā dalam Syarḥ Minhāj dan Taḥrīr dengan ucapannya: Jika seseorang yang masuk tersebut menginginkan duduk. Kesunnahan shalat taḥiyyat-ul-masjid tersebut berdasarkan hadits riwayat Bukhārī-Muslim: “Jikalau salah satu di antara kalian masuk masjid, maka janganlah duduk sampai melakukan shalat dua raka‘at. Kesunnahan dua raka‘at taḥiyyat-ul-masjid akan hilang dengan sebab duduk yang lama, begitu pula duduk sebentar jika tidak lupa atau tidak bodoh. Menurut pendapat yang aujah, disamakan dengan dua kasus tersebut adalah jikalau seseorang butuh untuk minum, lantas duduk sebentar untuk minum, kemudian mengerjakan shalat taḥiyyat. Tidak hilang kesunnahan dengan berdiri yang lama atau berpaling dari shalat tersebut. Bagi orang yang melakukan takbīrat-ul-iḥrām dengan berdiri diperbolehkan untuk menyempurnakannya dengan duduk. Makruh hukumnya meninggalkannya dengan tanpa ‘udzur. Benar makruh, namun jika shalat maktūbah Jum‘at atau yang lainnya, akan segera dikerjakan dan khawatir jika melakukan shalat taḥiyyat-ul-masjid akan kehilangan fadhīlah takbīrat-ul-iḥrām, maka tunggulah jamā‘ah tersebut dengan posisi berdiri. Disunnahkan bagi seseorang yang tidak mungkin untuk melaksanakan shalat taḥiyyat-ul-masjid, walaupun dengan sebab hadats untuk mengucapkan: (سُبْحَانَ اللهِ وَ الْحَمْدُ للهِ…..) sampai selesai. – Maha Suci Allah, segala puji bagi-Nya, tiada tuhan selain Allah, Allah Maha Besar. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah yang Maha Luhur dan Agung. – sebanyak empat kali – . Dimakruhkan melaksanakan shalat taḥiyyat-ul-masjid bagi khathīb yang masuk pada waktu khuthbah dan bagi seorang yang menginginkan thawāf yang masuk masjid, tidak makruh bagi seorang pengajar berbeda dengan pendapat sebagian ‘ulamā’.
(وَ) رَكْعَتَا (اسْتِخَارَةٍ) وَ إِحْرَامٍ وَ طَوَافٍ وَ وُضُوْءٍ. وَ تَتَأَدَّى رَكْعَتَا التَّحِيَّةِ وَ مَا بَعْدَهَا بِرَكْعَتَيْنِ فَأَكْثَرَ مِنْ فَرْضٍ أَوْ نَفْلٍ آخَرَ، وَ إِنْ لَمْ يَنْوِهَا مَعَهُ، أَيْ يَسْقُطُ طَلَبُهَا بِذلِكَ. أَمَّا حُصُوْلُ ثَوَابِهَا فَالْوَجْهُ تَوَقُّفُهُ عَلَى النِّيَّةِ، لِخَبَرِ: “إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ”. كَمَا قَالَهُ جَمْعٌ مُتَأَخِّرُوْنَ، وَ اعْتَمَدَهُ شَيْخُنَا. لكِنْ ظَاهِرُ كَلَامِ الْأَصْحَابِ حُصُوْلُ ثَوَابِهَا وَ إِنْ لَمْ يَنْوِهَا مَعَهُ، وَ هُوَ مُقْتَضَى كَلَامُ الْمَجْمُوْعِ. وَ يَقْرَأُ نَدْبًا فِيْ أُوْلَى رَكْعَتَي الْوُضُوْءِ بَعْدَ الْفَاتِحَةِ: {وَ لَوْ أَنَّهُمْ إِذْ ظَلَمُوْا أَنْفُسَهُمْ} إِلَى {رَحِيْمًا} وَ الثَّانِيَةُ: {وَ مَنْ يَعْمَلْ سُوْءًا أَوْ يَظْلِمْ نَفْسَهُ} إِلَى {رَحِيْمًا}.
Shalat Istikhārah.
Disunnahkan dua raka‘at istikhārah, iḥrām, thawāf dan wudhū’. Dua raka‘at shalat taḥiyyat dan setelahnya dapat dihasilkan kesunnahannya dengan melaksanakan dua raka‘at atau lebih dari shalat fardhu atau sunnah walaupun tidak berniat mengerjakan shalat-shalat tersebut besertaan shalat yang dikerjakan. Maksudnya tuntutan untuk mengerjakannya gugur dengan hal itu. Sedangkan untuk mendapatkan pahalanya, maka terhenti dengan adanya niat sebab hadits Nabi: Bahwa keabsahan ‘amal-‘amal adalah tergantung kesempurnaan niat. Seperti yang telah disampaikan oleh ‘ulama’ kurun akhir dan guru kita menjadikannya sebagai pedoman. Namun zhāhir dari komentar para sahḥāb ya‘ni hasilnya pahala dari shalat-shalat tersebut, walaupun tidak berniat besertaan dengan shalat yang dikerjakan, dan itu juga merupakan pendapat dalam Majmū‘. Disunnahkan di raka‘at awal dan shalat sunnah wudhū’ – setelah membaca surat Fātiḥah – untuk membaca ayat : (وَ لَوْ أَنَّهُمْ إِذْ ظَلَمُوْا أَنْفُسَهُمْ) sampai lafazh (رَحِيْمًا), dan di raka‘at kedua ayat: (وَ مَنْ يَعْمَلْ سُوْءًا أَوْ يَظْلِمْ نَفْسَهُ) sampai lafazh (رَحِيْمًا).
وَ مِنْهُ صَلَاةُ الْأَوَّابِيْنَ، وَ هِيَ عِشْرُوْنَ رَكْعَةً بَيْنَ الْمَغْرِبِ وَ الْعِشَاءِ، وَ رُوِيَتْ سِتًّا وَ أْرْبَعًا، وَ رَكْعَتَيْنِ، وَ هُما الْأَقَلُّ. وَ تَتَأَدَّى بِفَوَائِتَ وَ غَيْرَهَا، خِلَافًا لِشَيْخِنَا، وَ الْأَوْلَى فِعْلُهَا بَعْدَ الْفِرَاغِ مِنْ أَذْكَارِ الْمَغْرِبِ.
Shalat Awwābīn.
Sebagian dari pembagian shalat sunnah yang pertama adalah shalat awwābīn (27) sebanyak 20 raka‘at di antara shalat Maghrib dan ‘Isyā’. Diriwayatkan pula 6, 4, 2 raka‘at. Dan dua raka‘at ini merupakan minimalnya. Shalat awwābīn juga dapat dihasilkan dengan melakukan shalat-shalat qadhā’ dan selainnya, berbeda dengan guru kita. Sebaiknya mengerjakan shalat awwābīn setelah selesai dari dzikir shalat Maghrib.
وَ صَلَاةُ التَّسبِيْحِ وَ هِيَ أَرْبَعُ رَكَعَاتٍ بِتَسْلِيْمَةٍ أَوْ تَسْلِيْمَتَيْنِ. وَ حَدِيْثُهَا حَسَنٌ لِكَثْرَةِ طُرُقِهِ، وَ فِيْهَا ثَوَابٌ لَا يَتَنَاهَى. وَ مِنْ ثَمَّ قَالَ بَعْضُ الْمُحَقِّقِيْنَ: لَا يَسْمَعُ بِعَظِيْمِ فَضْلِهَا وَ يَتْرُكُهَا إِلَّا مُتَهَاوِنٌ بِالدِّيْنِ. وَ يَقُوْلُ فِيْ كُلِّ رَكْعَةٍ مِنْهَا خَمْسَةِ وَ سَبْعِيْنَ سُبْحَانَ اللهِ وَ الْحَمْدُ للهِ وَ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، خَمْسَةَ عَشَرَ بَعْدَ الْقِرَاءَةِ وَ عَشْرًا فِيْ كُلٍّ مِنَ الرُّكُوْعِ، وَ الْاِعْتِدَالِ، وَ السُّجُوْدَيْنِ، وَ الْجُلُوْسِ بَيْنَهُمَا بَعْدَ الذِّكْرِ الْوَارِدِ فِيْهَا، وَ جَلْسَةِ الْاِسْتِرَاحَةِ. وَ يُكَبِّرُ عِنْدَ ابْتِدَائِهَا دُوْنَ الْقِيَامِ مِنْهَا، وَ يَأْتِيْ بِهَا فِيْ مَحَلِّ التَّشَهُّدِ قَبْلَهُ. وَ يَجُوْزُ جَعْلُ الْخَمْسَةَ عَشَرَ قَبْلَ الْقِرَاءَةِ، وَ حِيْنَئِذٍ يَكُوْنُ عَشْرُ الْاِسْتِرَاحَةِ بَعْدَ الْقِرَاءَةِ. وَ لَوْ تَذَكَّرَ فِي الْاِعْتِدَالِ تَرْكَ تَسْبِيْحَاتِ الرُّكُوْعِ لَمْ يَجُزِ الْعَوْدُ إِلَيْهِ وَ لَا فِعْلُهَا فِي الْاِعْتِدَالِ لِأَنَّهُ رُكْنٌ قَصِيْرٌ، بَلْ يَأْتِيْ بِهَا فِي السُّجُوْدِ. وَ يُسَنُّ أَنْ لَا يُخْلِيَ الْأُسْبُوْعَ مِنْهَا أَوِ الشَّهْرَ.
Shalat Tasbīḥ.
Dan sebagian lagi adalah shalat sunnah tasbīḥ sebanyak 4 raka‘at dengan satu atau dua salam. Hadits tentang shalat tasbīḥ ini adalah hadits ḥasan sebab banyaknya rawi yang meriwayatkannya. Di dalam shalat tasbīḥ terdapat pahala yang tidak terhingga, oleh sebab itu sebagian ‘ulamā’ muḥaqqiqīn mengatakan: Tidaklah seseorang mendengar dengan keagungan keutamaan shalat tasbīḥ, lantas meninggalkannya kecuali ia adalah orang-orang yang menyepelekan agama. Seseorang yang mengerjakan shalat tasbīḥ mengucapkan di setiap raka‘at dari shalat tersebut 15 lafazh (سُبْحَانَ اللهِ وَ الْحَمْدُ للهِ) sampai akhir 15 kali setelah membaca fātiḥah dan surat-suratan, 10 kali di setiap ruku‘ i‘tidāl, dua sujūd, duduk di antara dua sujūd – setelah dzikir – yang telah diajarkan di dalamnya dan di dalam duduk istirahat. Takbīr berdiri dari dari sujūd dilakukan saat akan duduk istirahat, bukan saat berdiri dari duduk itu. Dzikir-dzikir shalat tasbīḥ di waktu tasyahhud dilakukan sebelum membaca tasyahhud. Diperbolehkan menjadikan posisi 15 tasbīḥ berada sebelum membaca fātiḥah, dan ketika itu maka 10 tasbīḥ duduk istirahat dibaca setelah membaca fātiḥah dan surat. Jikalau seseorang ingat saat melakukan i‘tidāl telah meninggalkan tasbīḥ, maka tidak diperbolehkan untuk kembali ke posisi rukū‘ dan juga tidak diperbolehkan untuk membaca tasbīḥ tersebut di waktu i‘tidāl sebab i‘tidāl adalah rukun pendek, akan tetapi bacalah di waktu sujūd. Disunnahkan untuk tidak meninggalkan shalat tasbīḥ selama satu minggu atau satu bulan.
وَ الْقِسْمُ الثَّانِيْ مَا تُسَنُّ فِيْهِ الْجَمَاعَةُ، (وَ) هُوَ: (صَلَاةُ الْعِيْدَيْنِ) أَيِ الْعِيْدِ الْأَكْبَرِ وَ الْأَصْغَرِ، بَيْنَ طُلُوْعِ شَمْسٍ وَ زَوَالِهَا. وَ هِيَ رَكْعَتَانِ، وَ يُكَبِّرُ نَدْبًا فِيْ أُوْلَى رَكْعَتَي الْعِيْدَيْنِ وَ لَوْ مَقْضِيَّةً عَلَى الْأَوْجَهِ بَعْدَ افْتِتَاحٍ سَبْعًا، وَ فِي الثَّانِيَةِ خَمْسًا، قَبْلَ تَعَوُّذٍ فِيْهِمَا، رَافِعًا يَدَيْهِ مَعَ كُلِّ تَكْبِيْرَةٍ مَا لَمْ يُشْرِعْ فِيْ قِرَاءَةٍ. وَ لَا يَتَدَارَكُ فِي الثَّانِيَةِ إِنْ تَرَكَهُ فِي الْأُوْلَى. وَ فِيْ لَيْلَتِهِمَا مِنْ غُرُوْبِ الشَّمْسِ إِلَى أَنْ يُحْرِمَ الْإِمَامُ مَعَ رَفْعِ صَوْتٍ، وَ عَقِبَ كُلِّ صَلَاةٍ، وَ لَوْ جَنَازَةٍ، مِنْ صُبْحِ عَرَفَةٍ إِلَى عَصْرِ آخِرِ أَيَّامِ التَّشْرِيْقِ، وَ فِيْ عَشْرِ ذِي الْحِجَّةِ حِيْنَ يَرَى شَيْئًا مِنْ بَهِيْمَةِ الْأَنْعَامِ أَوْ يَسْمَعُ صَوْتَهَا.
Shalat ‘Īd.
Pembagian yang kedua adalah shalat yang disunnahkan untuk berjamā‘ah (1. Shalat ‘Īd-ul-Adhḥā dan ‘Īd-ul-Fithri) yang dilaksanakan di antara terbitnya matahari dan tergelincirnya. Jumlahnya adalah dua raka‘at. Disunnahkan untuk melakukan takbīr di raka‘at awal shalat hari raya ‘Īd-ul-Adhḥā dan Fithri – walaupun shalat yang di-qadhā’ menurut pendapat yang aujah – setelah membaca doa iftitāḥ, sebanyak tujuh kali takbīr dan di raka‘at kedua lima takbīr dan sebelum membaca ta‘awwudz di dua raka‘at tersebut, dengan mengangkat kedua tangan setiap satu takbīr selama belum membaca fātiḥah. Tidak boleh untuk dikerjakan di raka‘at kedua jika takbīr raka‘at awal ditinggalkan. Disunnahkan pula membaca takbīr di malam hari dua hari raya tersebut mulai tenggelamnya matahari sampai imam melakukan takbīrat-ul-iḥrām shalat besertaan dengan mengeraskan suara dan setelah setiap shalat , – walaupun shalat janāzah – dimulai dari Shubuḥ hari ‘Arafah sampai ‘Ashar akhir hari tasyrīq dan di tanggal 10 Dzul-Ḥijjah saat melihat sesuatu dari hewan qurban atau mendengar suaranya.
(وَ) صَلَاةُ (الْكُسُوْفَيْنِ) أَيْ كُسُوْفِ الشَّمْسِ وَ الْقَمَرِ. وَ أَقَلُّهَا رَكْعَتَانِ كَسُنَّةِ الظُّهْرِ، وَ أَدْنَى كَمَالِهَا زِيَادَةُ قِيَامٍ وَ قِرَاءَةٍ وَ رُكُوْعٍ فِيْ كُلِّ رَكْعَةٍ، وَ الْأَكْمَلُ أَنْ يَقْرَأَ بَعْدَ الْفَاتِحَةِ فِي الْقِيَامِ الْأَوَّلِ الْبَقَرَةَ أَوْ قَدْرَهَا، وَ فِي الثَّانِيْ كَمِائَتَيْ آيَةٍ مِنْهَا، وَ الثَّالِثُ كَمِائِةِ وَ خَمْسِيْنَ، وَ الرَّابِعُ كَمِائَةٍ. وَ أَنْ يُسَبِّحَ فِيْ أَوَّلِ رُكُوْعٍ وَ سُجُوْدٍ كَمِائِةٍ مِنَ الْبَقَرَةِ، وَ فِي الثَّانِيْ مِنْ كُلِّ مِنْهُمَا كَثَمَانِيْنَ، وَ الثَّالِثُ مِنْهُمَا كَسَبْعِيْنَ، وَ الرَّابِعُ كَخَمْسِيْنَ. (بِخُطْبَتَيْنِ) أَيْ مَعَهُمَا (بَعْدَهُمَا) أَيْ يُسَنُّ خُطْبَتَانِ بَعْدَ فِعْلِ صَلَاةِ الْعِيْدَيْنِ وَ لَوْ فِيْ غَدٍ فِيْمَا يَظْهَرُ وَ الكُسُوْفَيْنِ وَ يَفْتَتِحُ أُوْلَى خُطْبَتَي الْعِيْدَيْنِ لَا الْكُسُوْفِ بِتِسْعِ تَكْبِيْرَاتٍ، وَ الثَّانِيَةُ بِسَبْعِ وِلَاءٍ. وَ يَنْبَغِيْ أَنْ يَفْصُلَ بَيْنَ الْخُطْبَتَيْنِ بِالتَّكْبِيْرِ، وَ يَكْثُرَ مِنْهُ فِيْ فُصُوْلِ الْخُطْبَةِ. قَالَهُ السُّبْكِيُّ. وَ لَا تُسَنُّ هذِهِ التَّكْبِيْرَاتِ لِلْحَاضِرِيْنَ.
Shalat Gerhana.
(2. Shalat gerhana matahari dan rembulan). Minimalnya adalah dua raka‘at seperti shalat sunnah Zhuhur, sedang minimal kesempurnaannya adalah menambah berdiri, bacaan, rukū‘ setiap satu raka‘at. Maksimal kesempurnaannya adalah membaca surat setelah bacaan fātiḥah di raka‘at awal, surat al-Baqarah atau kadarnya, dan di raka‘at kedua seperti 200 ayat dari surat al-Baqarah, raka‘at ketiga seperti 150 ayat, dan raka‘at keempat seperti 100 ayat. Sunnah untuk membaca tasbīḥ dalam rukū‘ raka‘at awal sebanyak kadar 100 ayat surat al-Baqarah, raka‘at kedua dari setiap ruku‘ dan sujud kadar 80 ayat, raka‘at ketiga kadar 70 ayat dan keempat kadar 50 ayat. Besertaan dengan melaksanakan khuthbah setelah melakukan dua shalat hari raya – walaupun di hari esoknya seperti keterangan yang telah jelas – dan setelah dua shalat gerhana. Khuthbah awal dari khuthbah dua hari raya – bukan khuthbah gerhana – dimulai dengan 9 takbīr, dan 7 takbīr di khuthbah yang kedua secara beruntut. Sebaiknya memisah di antara dua khuthbah dengan takbīr dan memperbanyak takbīr di sela-sela khuthbah, – demikian ini adalah ucapan dari Imām Subkī- . Takbīr ini tidaklah disunnahkan bagi jamā‘ah khuthbah yang hadir.
(وَ) صَلَاةُ (اسْتِسْقَاءٍ) عِنْدَ الْحَاجَةِ لِلْمَاءِ لِفَقْدِهِ أَوْ مُلُوْحَتِهِ أَوْ قِلَّتِهِ بِحَيْثُ لَا يَكْفِيْ. وَ هِيَ كَصَلَاةِ الْعِيْدِ، لكِنْ يَسْتَغْفِرَ الْخَطِيْبُ بَدَلَ التَّكْبِيْرِ فِي الْخُطْبَةِ، وَ يَسْتَقْبِلُ الْقِبْلَةَ حَالَةَ الدُّعَاءِ بَعْدَ صَدْرِ الْخُطْبَةِ الثَّانِيَةِ، أَيْ نَحْوِ ثُلُثِهَا.
Shalat Istisqā’
(3. Shalat Istisqā’– meminta hujan – ) ketika dibutuhkannya air sebab tidak adanya air, rasanya asing atau sedikitnya air sekira tidak mencukupi. Shalat ini seperti halnya shalat hari raya, namun bedanya khathīb membaca istighfār sebagai ganti takbīr di dalam khuthbah, dan menghadap qiblat saat berdoa setelah awal khuthbah yang kedua ya‘ni kadar 1/3 khuthbah.
(وَ) صَلَاةُ (التَّرَاوِيْحِ)، وَ هِيَ عِشْرُوْنَ رَكْعَةً بعَشْرِ تَسْلِيْمَاتٍ، فِيْ كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ، لِخَبَرِ: “مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَ احْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ”. وَ يَجِبُ التَّسْلِيْمُ مِنْ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ، فَلَوْ صَلَّى أَرْبَعًا مِنْهَا بِتَسْلِيْمَةٍ لَمْ تَصِحَّ، بِخِلَافِ سُنَّةِ الظُّهْرِ وَ الْعَصْرِ وَ الضُّحَى وَ الْوِتْرِ. وَ يَنْوِيْ بِهَا التَّرَاوِيْحَ أَوْ قِيَامَ رَمَضَانَ، وَ فِعْلُهَا أَوَّلُ الْوَقْتِ أَفْضَلُ مِنْ فِعْلِهَا أَثْنَاءَهُ بَعْدَ النَّوْمِ، خِلَافًا لِمَا وَهَمَهُ الْحَلِيْمِيُّ. وَ سُمِّيَتْ تَرَاوِيْحُ لِأَنَّهُمْ كَانُوْا يَسْتَرِيْحُوْنَ لِطُوْلِ قِيَامِهِمْ بَعْدَ كُلِّ تَسْلِيْمَتَيْنِ، وَ سِرُّ الْعِشْرِيْنَ أَنَّ الرَّوَاتِبَ الْمُؤَكَّدَةَ فِيْ غَيْرِ رَمَضَانَ عَشْرٌ فَضُوْعِفَتْ فِيْهِ لِأَنَّهُ وَقْتُ جَدٍّ وَ تَشْمِيْرٍ. وَ تَكْرِيْرُ قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ ثَلَاثًا ثَلَاثًا فِي الرَّكَعَاتِ الْأَخِيْرَةِ مِنْ رَكَعَاتِهَا بِدْعَةٌ غَيْرُ حَسَنَةٍ لِأَنَّ فِيْهِ إِخْلَالًا بِالسُّنَّةِ، كَمَا أَفْتَى بِهِ شَيْخُنَا.
Shalat Tarāwīḥ.
(4. Shalat tarāwīḥ) sebanyak 20 raka‘at dengan 10 salaman di setiap malam bulan Ramadhān, sebab hadits Nabi s.a.w.: Barang siapa mengerjakan shalat di malam bulan Ramadhān dengan iman dan mengharapkan pahala, maka dosanya yang telah lewat diampuni. Wajib untuk melakukan salam di setiap dua raka‘at. Jikalau shalat dilaksanakan dengan empat raka‘at dengan satu salam, maka hukumnya tidak sah. Berbeda dengan shalat sunnah Zhuhur, ‘Ashar, Dhuḥā dan shalat Witir. Niat dari shalat tarāwīḥ adalah dengan berniat shalat tarāwīḥ atau Qiyāmu Ramadhān. Mengerjakan di awal waktu lebih utama dibanding dengan mengerjakannya di tengah malam setelah tidur. Berbeda dengan Imām al-Ḥalīmī yang menduga hal tersebut. Shalat ini dinamai dengan shalat tarāwīḥ, sebab para sahabat beristirahat dari setiap dua raka‘at karena lamanya berdiri. Rahasia dari 20 raka‘at tarāwīḥ adalah bahwa shalat rawātib yang sangat dianjurkan selain Ramadhān berjumlah 10 raka‘at, maka shalat rawātib tersebut dilipat-gandakan di bulan Ramadhān, sebab bulan Ramadhān merupakan waktu untuk bersungguh-sungguh dalam ‘ibādah. Mengulang surat sebanyak – tiga kali tiga kali – di raka‘at-raka‘at akhir adalah bid‘ah yang tidak baik, sebab hal itu telah merusak sunnah seperti yang telah difatwākan oleh guru kita.
وَ يُسَنُّ التَّهَجُّدُ إِجْمَاعًا، وَ هُوَ التَّنَفُّلُ لَيْلًا بَعْدَ النَّوْمِ. قَالَ اللهُ تَعَالَى: {وَ مِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ} وَ وَرَدَ فِيْ فَضْلِهِ أَحَادِيْثٌ كَثِيْرَةٌ وَ كُرِهَ لِمُعْتَادِهِ تَرْكُهُ بِلَا ضَرُوْرَةٍ. وَ يَتَأَكَّدُ أَنْ لَا يُخِلَّ بِصَلَاةٍ فِي اللَّيْلِ بَعْدَ النَّوْمِ وَ لَوْ رَكْعَتَيْنِ لِعِظَمِ فَضْلِ ذلِكَ. وَ لَا حَدَّ لِعَدَدِ رَكَعَاتِهِ، وَ قِيْلَ: حَدُّهَا ثِنْتَا عَشْرَةَ، وَ أَنْ يُكْثِرَ فِيْهِ مِنَ الدُّعَاءِ وَ الْاِسْتِغْفَارِ. وَ نِصْفُهُ الْأَخِيْرُ آكَدٌ، وَ أَفْضَلَهُ عِنْدَ السَّحَرِ لِقَوْلِهِ تَعَالَى: {وَ بِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُوْنَ} وَ أَنْ يُوْقِظَ مَنْ يَطْمَعَ فِيْ تَهَجُّدِهِ.
Shalat Tahajjud.
Shalat Tahajjud hukumnya disunnahkan sesuai dengan kesepakatan ‘ulamā’. Shalat tahajjud adalah shalat sunnah yang dikerjakan di malam hari setelah tidur. Allah berfirman, yang artinya: “Dan dari malam hari bertahajjudlah dengan membaca al-Qur’ān sebagai tambahan ‘amal bagimu. Hadits-hadits tentang keutamaan shalat tahajjud sangatlah banyak sekali. Dimakruhkan bagi seorang yang telah membiasakannya untuk meninggalkannya tanpa ada darurat. Sangat dianjurkan untuk tidak meninggalkan shalat malam hari setelah tidur, walaupun dua raka‘at sebab begitu besarnya keutamaan shalat tersebut. Jumlah raka‘at shalat tahajjud tidaklah dibatasi. Sebagian pendapat mengatakan batasannya adalah 12 raka‘at. Disunnahkan untuk memperbanyak di dalam shalat tahajjud di pertengahan akhir lebih dianjurkan, yang lebih utama adalah di waktu sahur, sebab firman Allah yang artinya: “Dan di waktu sahur mereka semua meminta ampunan.” Sunnah untuk membangunkan orang yang menginginkan melaksanakan shalat tahajjud.
وَ يُنْدَبُ قَضَاءُ نَفْلٍ مُؤَقَّتٍ إِذَا فَاتَ كَالْعِيْدِ وَ الرَّوَاتِبِ وَ الضُّحَى، لَا ذِيْ سَبَبٍ كَكُسُوْفٍ وَ تَحِيَّةٍ وَ سُنَّةِ وُضُوْءٍ. وَ مَنْ فَاتَهُ وِرْدُهُ أَيْ مِنَ النَّفْلِ الْمُطْلَقِ نُدِبَ لَهُ قَضَاؤُهُ، وَ كَذَا غَيْرُ الصَّلَاةِ، وَ لَا حَصْرَ لِلنَّفْلِ الْمُطْلَقِ، وَ لَهُ أَنْ يَقْتَصِرَ عَلَى رَكْعَةٍ بِتَشهُّدٍ مَعَ سَلَامٍ بِلَا كَرَاهَةٍ، فَإِنْ نَوَى فَوْقَ رَكْعَةٍ فَلَهُ التَّشَهُّدُ فِيْ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ وَ فِيْ ثَلَاثٍ وَ أَرْبَعٍ فَأَكْثَرَ، أَوْ نَوَى قَدْرًا فَلَهُ زِيَادَةٌ وَ نَقْصٌ إِنْ نُوِيَا قَبْلَهُمَا وَ إِلَّا بَطَلَتْ صَلَاتُهُ. فَلَوْ نَوَى رَكَعَتَيْنِ فَقَامَ إِلَى ثَالِثَةٍ سَهْوًا ثُمَّ تَذَكَّرَ فَيَقْعُدَ وُجُوْبًا، ثُمَّ يَقُوْمَ لِلزِّيَادَةِ إِنْ شَاءَ ثُمَّ يَسْجُدَ لِلسَّهْوِ آخَرَ صَلَاتِهِ. وَ إِنْ لَمْ يَشَأْ قَعَدَ وَ تَشَهَّدَ وَ سَجَدَ لِلسَّهْوِ وَ سَلَّمَ. وَ يُسَنُّ لِلْمُتَنَفِّلِ لَيْلًا أَوْ نَهَارًا أَنْ يُسَلِّمَ مِنْ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ، لِلْخَبَرِ الْمُتَّفَقِ عَلَيْهِ: “صَلَاةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى”. وَ فِيْ رِوَايَةٍ صَحِيْحَةٍ: “وَ النَّهَارِ”. قَالَ فِي الْمَجْمُوْعِ: إِطَالَةُ الْقِيَامِ أَفْضَلُ مِنْ تَكْثِيْرِ الرَّكَعَاتِ. وَ قَالَ فِيْهِ أَيْضًا: أَفْضَلُ النَّفْلِ عِيْدٌ أَكْبَرُ، فَأَصْغَرُ، فَكُسُوْفٌ. فَخُسُوْفٌ، فَاسْتِسْقَاءٌ، فَوِتْرٌ، فَرَكْعَتَا فَجْرٍ، فَبَقِيَّةُ الرَّوَاتِبِ، فَجَمِيْعُهَا فِيْ مَرْتَبَةٍ وَاحِدَةٍ. فَالتَّرَاوِيْحُ، فَالضُّحَى، فَرَكْعَتَا الطَّوَافِ وَ التَّحِيَّةِ وَ الْإِحْرَامِ، فَالْوُضُوْءِ.
Disunnahkan untuk mengqadhā’i shalat sunnah yang memiliki waktu ketika tidak dilaksanakan seperti shalat hari raya, rawātib, dhuḥā. Bukan shalat yang memiliki sebab seperti khusūf, taḥiyyat dan sunnah wudhū’. Barang siapa kehilangan waktu untuk melaksanakan ‘ibadah yang dibiasakan ya‘ni dari shalat sunnah mutlak, maka disunnahkan untuk mengqadhā’inya begitu pula hukum selain shalat. Shalat sunnah mutlak tidaklah terbatas dengan jumlah, maka bagi pelaksananya diperbolehkan melakukan satu raka‘at dengan tasyahhud dan salam tanpa hukum makruh. Jika pelaku berniat lebih dari satu raka‘at, maka diperbolehkan melakukan tasyahhud di setiap dua, tiga, empat dan selebihnya. Atau berniat jumlah tertentu, maka diperbolehkan menambah atau menguranginya jika pengurangan dan penambahan tersebut diniati sebelum melakukan penambahan dan pengurangan. Jikalau seseorang berniat dua raka‘at lantas ia lupa berdiri menuju raka‘at ketiga dan akhirnya teringat, maka wajib baginya untuk duduk dan berdiri lagi untuk menambahi raka‘atnya jika ia menghendaki, lalu sunnah melakukan sujud sahwi di akhir shalatnya. Jika tidak ingin untuk menambahi, maka duduk, membaca tasyahhud, sujud sahwi dan melakukan salam. Disunnahkan bagi seseorang yang melaksanakan shalat sunnah di malam ataupun siang hari untuk salam di setiap dua raka‘atnya, sebab hadits yang telah disepakati: “Shalat malam adalah (dua-dua), sebagian riwayat dan shalat di siang hari,” Imām Nawawī dalam Majmū‘-nya mengatakan: Memanjangkan berdiri lebih utama dibanding dengan memperbanyak raka‘at, beliau berkata lagi: Lebih utamanya shalat sunnah adalah shalat hari raya ‘Īd-ul-Adhḥā, disusul ‘Īd-ul-Fithri, gerhana matahari, (gerhana) rembulan, istisqā’ witir, sunnah sebelum Shubuḥ, shalat rawātib. – semua shalat rawātib selain sebelum Shubuḥ memiliki derajat yang sama (dengan) – shalat tarāwiḥ, dhuḥā, dua raka‘at thawāf, taḥiyyat, iḥrām dan shalat sunnah setelah wudhū’.
[فَائِدَةٌ]: أَمَّا الصَّلَاةُ الْمَعْرُوْفَةُ لَيْلَةَ الرَّغَائِبِ وَ نِصْفُ شَعْبَانِ وَ يَوْمُ عَاشُوْرَاءَ فَبِدْعَةٌ قَبِيْحَةٌ، وَ أَحَادِيْثُهَا مَوْضُوْعَةٌ. قَالَ شَيْخُنَا: كَابْنِ شُبْهَةٍ وَ غَيْرِهِ. وَ أَقْبَحُ مِنْهَا مَا اُعْتِيْدَ فِيْ بَعْضِ الْبِلَادِ مِنْ صَلَاةِ الْخَمْسِ فِي الْجُمُعَةِ الْأَخِيْرَةِ مِنْ رَمَضَانَ عَقِبَ صَلَاتِهَا زَاعِمِيْنَ أَنَّهَا تُكَفِّرُ صَلَوَاتِ الْعَامِ أَوِ الْعُمُرِ الْمَتْرُوْكَةِ، وَ ذلِكَ حَرَامٌ. (وَاللهُ أَعْلَمُ).
Shalat Raghā’ib dan Nishfu Sya‘bān.
(Fā’idah). Sedangkan shalat yang terkenal dengan shalat malam Raghā’ib, nishfu Sya‘bān, hari ‘Āsyūrā’ merupakan bid‘ah yang tercela dan hadits-haditsnya adalah hadits palsu. Guru kita berkata seperti halnya Ibnu Syubhah dan selainnya: Yang paling tercela adalah shalat yang telah menjadi tradisi di sebagian daerah ya‘ni shalat lima raka‘at di akhir Jum‘at bulan Ramadhān setelah melaksanakan shalat tarāwīḥ dengan praduga bahwa shalat tersebut dapat menghapus dosa dari shalat setahun atau seumur hidup yang telah ditinggalkan, dan hal itu hukumnya haram. Wallāhu a‘lam.
Selanjutnya klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar