Lanjutan Makalah ke2.
Sabda Nabi Muhammad SAW. Sebagai berikut :
سَيَأْتِى زَمَانٌ عَلَى أمَّتِى يَفِرُّوْنَ مِنَ الْعُلَمَآءِ وَالْفُقَهَآءِ فَيَبْتَلِيْهِمُ اللهُ بِثَلَاثِ بَلِيَّاتٍ : اُوْلاَهَا يَرْفَعُ اللهُ الْبَرَكَةَ مِنْ كَسْبِهِمْ وَالثَّانِيَةُ يُسَلِّطُ اللهُ تعَالَى عَلَيْهِمْ سُلْطَانًا ظَالِمًا وَالثَّالِثَةُ يَخْرُجُوْنَ مِنَ الدُّنْيَا بِغَيْرِايْمَانٍ.
`` Akan datang suatu masa kepada umatku, dimana mereka meninggalkan para ulama dan fuqaha, maka Allah akan menurunkan tiga macam adzabNya kepada mereka. Pertama, dicabutnya berkah dari usahanya, kedua, dijadikanNya penguasa yang dzalim kepada mereka dan yang ketiga, mereka mati tanpa membawa iman. ``
Makalah ke 3. Atsar Abu Bakar ra.
مَنْ دَخَلَ الْقَبْرَ بِلَازَادٍ فَكَأَنَّمَا رَكِبَ الْبَحْرَبِلَا سَفِيْنَةٍ.
`` Barangsiapa masuk kubur (mati) dengan tanpa membawa bekal (amal soleh), maka ia bagaikan mengarungi samudra tanpa kapal. (Yakni maka ia akan tenggelam dengan setenggelaman tidak ada selamat bagi nya kecuali dengan adanya orang yang menyelamatkannya, sebagaimana sabda nabi SAW:
مَا الْمَيِّتُ فِى قَبْرِهِ اِلَّا كَالْغَرِيْقِ الْمُغَوِّثِ.
``Tidaklah mayyit didalam kuburnya melainkan bagaikan orang tenggelam yang memohon pertolongan. `
`
Makalah ke-4 dari.Sayyidina Umar bin Khattab dan Abu Bakar Ash Shiddiq ra. - Menulkil dari Syaikh Abdul Mu’thi As Samlawi, diriwayatkan dari Umar ra, sesungguhnya Rasulullah SAW. Pernah bertanya kepada Malaikat Jibril as. :
صِفْ لِى حَسَنَاتِ عُمَرَ, فَقَالَ : لَوْ كَانَتِ الْبِحَارُ مِدَادًا وَالشَّجَرُ اَقْلَامًا لَمَاحَصَرْتُهَا , فَقَالَ : صِفْ لِى حَسَنَاتِ اَبِى بَكْرٍ ! فَقَالَ : عُمَرُ حَسَنَةٌ مِنْ حَسَنَاتِ اَبِى بَكْرٍ.
`` Beritahukan kepadaku tentang keutamaan Umar. Maka Malaikat Jibril menjawab, “ Seandainya air laut menjadi tintanya dan pepohonan yang menjadi penanya, niscaya aku tidak akan sanggup menghitungnya. “ Lalu Nabi Muhammad SAW. Bertanya lagi, “Sekarang, beritahukanlah kepadaku tentang kebaikan Abu Bakar ?” Maka Malaikat Jibril menjawab, “ Umar hanyalah salah satu kebaikan dari kebaikan kebaikan yang dimiliki Abu Bakar. “
Makalahnya sebagai berikut:
عِزُّ الدُّنْيَا بِالْمَالِ وَعِزُّ الْأَخِرَةِ بِصَالِحِ الْاَعْمَالِ.
`` Keluhuran dunia hanya dicapai dengan harta, sedangkan keluhuran akhirat hanya dapat dicapai dengan amal sholeh.”
Yakni perkara dunia tidak kuat dan tidak beres kecuali dengan harta, dan perkara ahirat tidak kuat dan tidak beres kecuali dengan amal soleh.
Makalah ke-5 dari - Atsar Utsman ra.
هَمُّ الدُّنْيَا ظُلْمَةٌ فِى الْقَلْبِ وَهَمُّ الْاَخِرَةِ نُوْرٌ فِي الْقَلْبِ.
`` Khawatir memikirkan dunia akan membuat hati menjadi gelap, sedangkan khawatir memikirkan akhirat akan membuat hati menjadi bercahaya. ``(yakni hawatir/susah dalam perkara yang terkait dengan duniawi menjadikan hati gelap, dan hawatir/ susah dengan perkara yang terkait urusan ahirat akan akan menjadikan hati terang, yaAllah janganlah engkau jadikan dunia tujuan yang besar bagi kami, dan ujung pengetahuan kami.
Makalah ke-6 dari Ali Ra wakaromaAllahu wajhah:
مَنْ كَانَ فِى طَلَبِ الْعِلْمِ كَانَتِ الْجَنَّةُ فِى طَلَبِهِ وَمَنْ كَانَ فِى طَلَبِ الْمَعْصِيَةِ كَانَتِ النَّارُ فِى طَلَبِهِ.
`` Barangsiapa yang mencari ilmu, maka surgalah yang akan didapatkan, dan barangsiapa yang mencari kemaksiatan, maka nerakalah yang akan didapatkannya (pula). ``
Keterangan :
Yang dimaksud dengan ilmu tersebut adalah ilmu yang bermanfaat yang setiap orang baligh dan berakal wajib mengetahuinya. Maka hakikat mencari ilmu tersebut ialah mencari surga dan keridloan Allah, dan orang yang menghendaki bermaksiatan hakikatnya ia mencari neraka dan murka Allah.
Makalah ke-7 riwayat yang bersumber dari Yahya bin Mu`adz ra. Disebutkan :
مَا عَصَ اللهَ كَرِيْمٌ وَلاَ آثَرَ الدُّنْيَا عَلَى الْآخِرَةِ حَكِيْمٌ.
Makalah ke -8
Diterangkan dari Al A`Masy ra. Sebagai berikut : ( namannya sulaiman bin mahron bangsa kufah):
مَنْ كَانَ رَأْسُ مَالِهِ التَّقْوَى كَلَّتِ الْاَلْسُنُ عَنْ وَصْفِ رِبْحِ دِيْنِهِ وَمَنْ كَانَ رَأْسُ مَالِهِ الدُّنْيَا كَلَّتِ الْاَلْسُنُ عَنْ وَصْفِ خُسْرَانِ دِيْنِهِ.
`` Barangsiapa yang bermodal taqwa, maka lidahnya akan menjadi kaku untuk menyebutkan keuntungan agamanya, dan barangsiapa yang bermodal dunia, maka lidahnya juga tidak akan sanggup menghitung kerugian agamanya. ``
Maknanya : barang siapa berpegang teguh pada ketaqwaan dengan menjalankan perintah-perintah Allah dan menjauhi maksiat, berupa perbuatannya didasari dengan yang sesuai syariat agama maka baginya kebaikan yang banyak yang tidak dapat dihitung, dan barang siapa berpegang teguh pada perkara bertentangan pada syariat agama maka bagi dia keburukan yang banyak yang mana lisan tidak bisa menyebutkan banyaknya .
Makalah ke-9. Memperuntungkan Hawa Nafsu dan Takabbur - Atsar Sufyan ra.
كُلُّ مَعْصِيَةٍ عَنْ شَهْوَةٍ فَإِنَّهُ يُرْجَى غُفْرَانُهَا كُلُّ مَعْصِيَةٍ عَنْ كِبْرٍ فَإِنَّهُ لَايُرْجَى غُفْرَانُهَا لِاَنَّ مَعْصِيَهَّ اِبْلِيْسَ كَانَ اَصْلُهَا مِنَ الْكِبَرِ فَزَلَّةُ سَيِّدِنَا آدَمَ كَانَ اَصْلُهَا مِنَ الشَّهْوَةِ.
`` Setiap perbuatan maksiat yang muncul akibat dorngan hawa nafsu, itu masih dapat diharapkan ampunanya. Tetapi setiap kedurhakaan yang muncul karena adanya rasa takabur, maka jangan diharap ampunannya. Karena kedurhakaan iblis itu timbul dari adanya sifat takabur, sedang kesalahan Adam as. Itu adalah mempertaruhkan hawa nafsu. ``
Keterangan :
Sufyan Ats Tsaury ra. adalah Syekh Imam Malik.
Makalah ke-10. (Bangga Dengan Kesalahan dan Bersedih Dengan Ketaatan) - Perkataan Ahli Zuhud
مَنْ اَذْنَبَ ذَنْبًا وَهُوَ يَضْحَكُ فَأِنَّ اللهَ تَعَالَى يُدْخِلُهُ النَّارَ وَهُوَ يَبْكِىْ وَمَنْ أَطَاعَ وَهُوَ يَبْكِى فَاِنَّ اللهَ تَعَالَى يُدْخِلُهُ الْجَنَّةَ وَهُوَ يَضْحَكُ. :
`` Barangsiapa merasa bangga dengan perbuatan dosanya, Maka Allah akan melemparkan ke dalam neraka dalam keadaan ketakutan. Dan barangsiapa bersedih (khawatir) terhadap ketaatan yang lebih dilakukannya, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga dalam keadaan bahagia. ``
Makalah ke-11. (Larangan Menganggap Ringan Dosa Kecil) - Diriwayatkan dari sebagian hukama sebagai berikut
لَا تَحْقِرُوْا الذُّنُوْبَ الصِّغَارَ فَإِنَّهَا تَتَشَعَّبُ مِنْهَا الذُّنُوْبُ الْكِبَارُ.
`` Janganlah kalian menganggap ringan dosa dosa kecil, karena sesungguhnya disitulah lahirnya dosa dosa besar. ``
Makalah ke-12. (Dosa Yang Ringan dan Dosa Yang Berat) -Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW. Sebagai berikut :
لَا صَغِيْرَةَ مَعَ الْاِصْرَارِ وَلَا كَبِيْرَةَ مَعَ الْاِسْتِغْفَارِ.
`` Dosa yang ringan janganlah dianggap ringan jika dikerjakan terus menerus dan dosa yang berat itu jangan dianggap besar bila selalu disertai memohon ampun (kepada Allah). ``
Keterangan :
Dosa kecil bisa menjadi dosa besar apabila dilakukan terus-menerus dan dosa besar bisa hilang dengan tobat.
Makalah ke-13.( Keinginan Ahli Makrifat dan Ahli Zuhud) - Pernyataan Ulama
هَمَّ الْعَارِفِ الثَّنَآءُ وَهَمُّ الزَّاهِدِ الدُّعَآءُ لِأَنَّ هَمَّ الْعَارِفِ رَبُّهُ وَهُوَ الزَّاهِدِ نَفْسُهُ.
berikut ini :
`` Keinginan ahli makrifat itu adalah memuji, sedang keinginan ahli zuhud itu adalah berdoa, karena keinginan orang yang arif adalah untuk mendapatkan pahala Allah, sedang orang yang zuhud adalah kemanfaatan dirinya.``
Makalah ke-14. (Orang yang Dangkal Pengetahuannya dan yang Belum Mengenal Dirinya) - Perkataan Hukama
مَنْ تَوَهُّمْ اَنَّ لَهُ وَلِيًّا اَوْلَى مِنَ اللهِ قَلَّتْ مَعْرِفَتُهُ بِاللهِ وَمَنْ تَوَهُّمْ اَنَّ لَهُ عَدُى مِنْ نَفْسِهِ قَلَّتْ مَعْرِفَتُهُ بِنَفْسِهِ.
`` Barangsiapa mengira, bahwa ia mempunyai penolong yang lebih kuat daripada Allah, maka sedikit sekali pengetahuannya tentang Allah SWT. Dan barangsiapa mengira bahwa ia mempunyai musuh lebih kejam dari dirinya, maka hal itu merupakan ciri sedikit pengetahuan akan dirinya. ``
Makalah ke-15. Lisan dan Hati - Atsar Abu Bakar ra.
اَلْبَرُّهُوَ الِّسَانُ وَالْبَحْرُهُوَ الْقَلْبُ فَاِذَا فَسَدَ الِلَّسَانُ بَكَتْ عَلَيْهِ النُّفُوْسُ وَاِذَا فَسَدَ الْقَلْبُ بَكَتْ عَلَيْهِ الْمَلَائِكَةُ.
`` Daratan adalah lisan, sedangkan lautan adalah hati. Maka apabila lisan telah rusak, maka manusia pun akan menangisinya. Dan apabila hatinya yang rusak, maka Malaikat yang akan menangisinya. ``
Keterangan :
Rusaknya lisan karena memarahi orang lain, mencaci, mencela, mengumpat, dan diumpat akan menangis. Sedangkan rusaknya hati karena ujub, riya, takabur, kikir, hasud, dan sebagainya. Apabila hati manusia dihinggapi penyakit tersebut, maka malaikat mengangis, karena menyesalkannya.
Makalah ke-16. (Memperuntungkan Hawa Nafsu dan Takabbur) - Jumhur Ulama
اَنَّ الشَّهْوَةَ تُصِيرُ الْمُلُوْكَ عَبِيْدًا وَالصَّبْرَ يُصِيرُ الُعَبِيْدَ مُلُوْكًا اَلاَتَرَى إِلَى يُوْسُفَ وَزُلَيْخَا.
`` Sesungguhnya syahwat itu dapat menurunkan derajat seorang raja menjadi budak. Dan kesabaran itu dapat mengangkat derajat seseorang pembantu menjadi raja, tidaklah andaa mengetahui kisah Yusuf dan Zukaikha ? ``
Keterangan :
Nabi Yusuf adalah putra Nabi Ya`kub yang sangat sabar, Nabi Ya`kub putra Nabi Ishak yang sangat ramah, dan Nabi Ishak putra Nabi Ibrahim kekasih Allah.
Maqolah 17
طُوْبَى لِمَنْ كَانَ عَقْلُهُ اَمِيْرًا وَهَوَاهُ اَسِيْرًا وَوَيْلٌ لِمَنْ كَانَ هَوَاهُ اَمِيْرًا وَعَقلُهُ اَسِيْرًا.
`` Berbahagialah orang yang selalu dalam bimbingan akalnya dan hawa nafsunya selalu dalam kendalinya. Dan celakalah orang yang selalu dikendalikan oleh hawa nafsunya sedang akalnya diam terkekang. ``
Keterangan :
Bahagialah orang yang keadaan akalnya dapat mengendalikan nafsu. Celakalah orang yang akalanya dikendalikan nafsu. Jadi, kita harus pandai memerangi nafsu.
Makalah ke-18. (Hati Yang Lembut dan Pikiran Yang Jernih)
مَنْ تَرَك َاَلذُّنُوْبَ رَقَّ قَلْبُهُ وَمَنْ تَرَكَ الحَرامَ وَاَكَلَ الْحَلَالَ صَفَتْ فِكْرَتُهُ.
`` Barangsiapa mau meninggalkan perbuatan dosa, maka hatinya akan menjadi lembut, dan barangsiapa yang meninggalkan perbuatan yang telah diharamkan (oleh Allah) dan memakan makanan yang halal, maka jernihlah pikirannya. ``
Jernih fikirannya atas segala apa yang diciptakan oleh Allah,
Sebagai dalil, Allah menghidupkan mahluk setelah mahluk itu mati, dalil atas ke-Esaannya, kekuasaan dan ilmunya Allah. Hal itu dengan membayangkan dengan fikirannya bertadabbur dengan akalnya, bahwa Allah menciptakannya dari air mani didalam rahim, kemudian mani itu dijadikan segumpal darah kemudian jadi segumpal daging, didaging itu terdapat daging, tulang, urat ,otot didaging itu dibukakan pendengaran, penglihatan dan anggota tubuh lainnya, kemudian Allah memudahkan janin/bayi keluar dari perut ibunya, dan Allah mengilhamkannya untuk menyusu diputing susu,
Makalah ke-19. (Mentaati Perintah Allah dan Menjauhi LaranganNya) - firman Allah yang telah diturunkan Nya kepada sebagian Nabi sebagai berikut :
اَطِعْنِى فِيْمَا اَمَرْتُكَ وَلَا تَعْصِنِى فِيْمَا نَصَحْتُكَ.
`` Taatlah kamu sekalian kepada perintahkKu dan janganlah kamu mendurhakai apa yang telah Aku nasihatkan (kepadamu). ``
Makalah ke-20. (Cara Cara Untuk Menyempurnakan Akal) - Jumhur Ulama
اِ كْمَالُ الْعَقْلِ اِتْبَاعُ رِضْوَانِ اللهِ تَعَالَى وَاجْتِنَابُ سُخْطِهِ.
`` Kesempurnaan akal itu dapat diraih dengan cara mengerjakan peritah Allah dan menjauhi larangan Nya.``
Makalah ke-21. (Pandai Cendekia dan Orang Yang Bodoh) - Jumhur Ulama
لاَ غُرْبَةَ لِلْفَاضِلِ وَلَا وَطَنَ لِلْجَاهِلِ.
`` Tiada pengasingan bagi orang yang pandai dan tiada tanah air bagi orang yang bodoh. ``
Keterangan :
Orang yang alim dan beramal saleh akan selalu dihormati dan dimuliakan orang, sedangkan orang yang bodoh dimanapun akan merasakan kesulitan.
22. Medekatkan Diri Kepada Allah dan Menjauhkan Diri dari Manusia - Jumhur Ulama
مَنْ كَانَ بِالطَّاعَةِ عِنْدَ اللهِ قَرِيْبًا كَانَ بَيْنَ النَّاسِ غَرِيْبًا.
`` Barangsiapa yang merasa dekat kepada Allah lantaran telah berbuat ketaatan, maka ia akan merasa asing dari lingkungan manusia.``
Keterangan :
Barangsiapa yang telah merasakan dirinya dekat dengan Allah, maka dia tidak akan merasa takut kepada manusia.
23. Tanda Tanda Makrifat dan Adanya Kehidupan - Perkataan Hukama
حَرَكَةُ الطَّاعَةِ دَلِيْلُ الْمَعْرِفَةِ كَمَا اَنَّ حَرَكَةَ الْجِسْمِ دَلِيْلُ الْحَيَاةِ.
`` Perbuatan seseorang dalam melakukan ketaatan itu menunjukkan adanya makrifat (dalam dirinya), sebagaimana gerakan badan menunjukkan adanya kehidupan. ``
Keterangan :
Barangsiapa yang telah merasakan dirinya dekat dengan Allah, maka dia tidak akan merasa takut kepada manusia.
24. Sumber Perbuatan Dosa dan Pokok Segala Fitnah - Hadits 1
اَصْلُ جَمِيْعِ الْخَطَايَا حُبُّ الدُّنْيَا وَاَصْلُ جَمِيْعِ الْفِتَنِ مَنْعُ الْعُشْرِ وَالزَّكَاةِ.
`` Sumber dari segala perbuatan dosa itu adalah cinta dunia, dan pokok dari segala fitnah adalah tidak mau membayar zakat dan sepersepuluh dari hasil pertaniannya. ``
Keterangan :
مَنْعُ الْعُشْرِوَالزَّكَاةِ Ditinjau dari segi bahasa terjadi hubugan ma`ruf dengan ma`tuf`alaih, yakni ma`tufnya bersifat umum, sedangkan ma`tuf`alaihnya bersifat khusus. Hal itu dinamakan عَطْفُ الْعَامِ عَلَى الْخَاصِّkarenanya اَلْعُشْرُmenunjukkan zakat tertentu yaitu tanaman yang mengenyangkan, sedangkan اَلزَّكَاةُmenunjukkan kepada zakat emas dan perak, binatang ternak, dan zakat badan (zakat fitrah).
Makalah ke-25. (Sadar Akan Kekurangan dan Kelemahan Dirinya) dikatakan:
اَلْمُقِرُّ بِالتَّقْصِيْرِ اَبَدًا مَحْمُوْدٌ وَالْاِقْرَارُ بِالتَّقْصِيْرِ عَلَامَةُ الْقَبُوْلِ
``Orang yang mau menyadari akan kelemahan yang ada pada dirinya akan terpuji selamanya dan mau mengakui kekurangannya itu merupakan bukti diterimanya amal perbuatannya (oleh Allah).``
Keterangan :
Orang yang mengakui bahwa dirinya belum mampu berbuat taat pada Allah merupakan suatu pertanda bahwa tidak adanya ujub dan sombong ( pada orang itu)
Makalah ke-26. (Kufur Nikmat dan Berteman Dengan Orang Bodoh) - dikatakan:
كُفْرَانُ النِّعْمَةِ لُؤْمٌ وَصُحْبَةُ الْأَحْمَقِ شُؤْمٌ.
``Kufur nikmat itu merupakan kehinaan dan berteman dengan orang yang bodoh itu adalah merupakan bentuk kesialan.``
Ath Thabrani meriwayatkan dari Basyir, bahwa Rasulullah saw bersabda :
اِصْرِمِ الْاَحْمَقَ.
``Hendaklah kamu tidak berteman dengan orang yang dhalim/ tolol.``(orang yang meletakan sesuatu dibukan tempatnya padahal ia tahu keburukan itu) maknanya jangan kamu menemani keburukan tingkah lakunya, karena sesungguhnya tabiat buruk itu menular, terkadang tabiat baik akan hilang kerena dia.
diriwayatkan oleh Imam Turmudzi dari Ibnu Umar ra. bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad saw bersabda :
خَصْلَتَانِ مَنْ كَانَتَا فِيْهِ كَتَبَهُ اللهُ شَاكِرًا صَابِرًا وَمَنْ لَمْ تَكُوْنَا فِيْهِ لَمْ يَكْتُبْهُ اللهُ شَاكِرًا وَلَاصَابِرًا : مَنْ نَظَرَ فِى دِيْنِهِ إِلَى مَنْ هُوَ فَوْقَهُ فَاقْتَدَى بِهِ وَنَظَرَ فِى دُنْيَاهُ إِلَى مَنْ هُوَ دُوْنَهُ فَحَمِدَ اللهَ عَلَى مَا فَضَّلَهُ بِهِ عَلَيْهِ كَتَبَهُ اللهُ شَاكِرًا صَابِرًا وَمَنْ نَظَرَ فِى دِيْنِهِ إِلَى مَنْ هُوَ دُوْنَهُ وَنَظَرَ فىِ دُنْيَاهُ إِلَى مَنْ هُوَ فَوْقَهُ فَأَسِفَ عَلَى مَافَاتَهُ لَمْ يَكْتُبْهُ اللهُ شَاكِرًا وَلَا صَابِرًا.
``Dua perkara, yang barangsiapa dapat memiliki keduanya maka Allah akan mencatatnya sebagai orang yang ahli syukur dan sabar. Dan barangsiapa yang tidak dapat memiliki keduanya, maka Allah akan mencatatnya sebagai orang yang tidak tahu balas budi (tidak tahu terima kasih) dan tidak sabar. Barangsiapa yang selalu membanding-bandingkan kualitas agamanya dengan orang yang berkualitas lebih tinggi, dan jika dalam masalah duniawi ia membandingkannya dengan orang yang lebih redah, kemudian memuji Allah atas kelebihan yang demikian itu, maka Allah akan akan mencatatnya sebagai orang yang tahu berterima kasih (tahu syukur) dan ahli sabar, dan barangsiapa yang selalu membanding-bandingkan kualitas agamanya dengan orang yang lebih rendah dan membandingkan urusan dunianya dengan orang yang lebih tinggi, kemudian ia merasa hina karea tidak dapat menandingi kebesaran (kekayaan) orang tersebut, maka Allah mencatatnya sebagai orang yang tidak tahu terima kasih (tidak tahu syukur) dan tidak sabar.``
Makalah ke-27. (Dunia dan Sakaratul Maut) - seorang penyair berkata :
يَا مَنْ بِدُنْيَاهُ اشْتَغَلْ # قَدْ غَرَّهُ طُوْلُ الْاَمَلْ
اَوَلَمْ يَزَلْ فِى غَفْلَةٍ# حَتَّى دَنَا مِنْهُ الْاَجَلْ
اَلْمَوْتُ يَأْتِى بَغْتَةً #وَالْقَبْرُ صُنْدُوْقُ الْعَمَلْ
إِصْبِرْ عَلَى اَهْوَالِهَا# لَا مَوْتَ اِلَّا بِاْلاَجَلْ
Wahai orang yang sibuk dengan dunia # sungguh ia telah tertipu oleh banyaknya lamunan (angan-angan).
Atau ia tidak pernah berhenti dalam kelalaian, # hingga ajal yang ditentukan mendekatinya.
Mati itu datang tanpa pemberitahuan # sedangkan kubur itu peti amalan.
Bersabarlah menghadapi kesusahan # tiada mati tanpa ajal menentukan.
Ad-daylami menceritakan bahwasanya nabi SAW bersabda: (hadits 1)
تَرْكُ الدُّنْيَا اَمَرُّ مِنَ الصَّبْرِ وَاَشَدُّ مِنْ حَطْمِ السُّيُوْفِ فِى سَبِيْلِ اللهِ وَلَا يَتْرُكُهَا اَحَدٌ اِلَّا اَعْطَاهُ اللهُ مِثْلَ مَا يُعْطِى الشُّهَدَاءَ وَتَرْكُهَا قِلَّةُ الْاَكْلِ وَاشَّبْعِ وَبُغْضُ الثَّنَاءِ مِنَ النَّاسِ فَإِنَّهُ مَنْ اَحَبَّ الثَّنَاءَ مِنَ النَّاسِ اَحَبَّ الدُّنْيَا وَنَعِيْمَهَا وَمَنْ سَرَّهُ النَّعِيْمُ كُلُّ النَّعِيْمِ فَلْيَدَعِ الدُّنْيَا وَالثَّنَاءَ مِنَ النَّاسِ.
``Meninggalkan dunia itu lebih pahit daripada meninggalkan jadam dan lebih pedih daripada goresan pedang di medan pertempuran, dan tiada sesuatupun bagi yang mau meninggalkannya, kecuali Allah menganugrahkan kepadanya sebagaimana yang telah Ia anugerahkan kepada para syuhada. Meninggalkan dunia adalah dengan cara sedikit makan dan kenyang dan tidak suka dipuji orang. Karena barangsiapa yang senang dipuji manusia, maka berarti ia lebih suka dunia dengan segala kenikmatan yang paling utama, maka hendaklah ia meninggalkan segala bentuk urusan dunia dan pujian dari manusia.``
Ibnu Majah juga telah meriwayatkan bahawa Rasulullah saw bersabda sebagai berikut :
Hadits 2
مَنْ كَانَتْ نِيَّتُهُ الْاَخِرَةَ جَمَعَ اللهُ شَمْلَهُ وَجَعَلَ غِنَاهُ فِى قَلْبِهِ وَاَتَتْهُ الدُّنْيَا رَاغِمَةً وَمَنْ كَانَتْ نِيَّتُهُ الدُّنْيَا فَرَّقَ اللهُ عَلَيْهِ اَمْرَهُ وَجَعَلَ فَقْرَهُ بَيْنَ عَيْنَيْهِ وَلَمْ يَأْتِهِ مِنَ الدُّنْيَا اِلَّا مَا كُتِبَ لَهُ.
``Barangsiapa yang ingin mendapatkan akhirat, maka Allah akan menambah kekuatannya, dan menjadikannya kaya hati dan duniapun akan mengikutinya dengan sendirinya, Dan barangsiapa yang berniat untuk mendapatkan dunia , maka Allah pun akan memberatkan segala urusannya, dan menjadikannya kefakiran (selalu terbayang) diantara kedua matanya, dan tidak mendapatkan apa yang diinginkan di dunia, melainkan apa yang telah di tentukan untuknya. `
Makalah ke-28 dari Abu Bakar ( Dalf bi Jahdar) Assyibli Ra (rahimahulallahu ta'ala) orang bagdad lahir dan tumbuh besar bersama syekh junaidi dimasa madzhab imam malik ia hidup 87 tahun, wafat ditahun 334 dikubur dibagdad ) ia salah seorang pembesar arifin ia berkata dalam sebuah doanya berikut ini :
إِلَهِى اِنِّى اُحِبُّ اَنْ اَهَبَ لَكَ جَمِيْعَ حَسَنَاتِى مَعَ فَقْرِىْ وَضُعْفِى فَكَيْفَ لَاتُحِبُّ سَيِّدِىْ اَنْ تَهَبَ لِىْ جَمِيْعَ سَيِّئَاتِىْ مَعَ غِنَاكَ مَوْلَايَ عَنِّى.
``Wahai Tuhanku, Sesungguhnya saya suka mengadukan segala kebaikanku bersama kesengsaraan dan kelemahanku, maka bagaimana Engkau tidak suka menganugerahkan kepadaku segala kelemahanku bersama kemahakayaanMu untuk tidah menyiksa daku. ``
Abu Bakar Dalf Ibnu Jahdar Asy Sybli pernah diberi ijazah oleh salah seorang yang mulia untuk senantiasa membaca tiga bait Bahar Wafir setiap selesai shalat Jum`at sebanyak tujuh kali, yaitu sebagai berikut :
إِلَهِى لَسْتُ لِلْفِرْدَوْسِ اَهْلًا وَلَا اَقْوَى عَلَى النَّارِ الْجَحِيْمِ
فَهَبْ لِى تَوْبَةً وَا غْفِرْ ذُنُوْبِى فَإِنَّكَ غَافِرُ الذَّنْبِ الْعَظِيْمِ
وَعَامِلْنِى مُعَامَلَةَ الْكَرِيْمِ وَثَبِّتْنِى عَلَى النَّهْجِ الْقَوِيْمِ
`` Wahai Tuhanku.aku bukanlah termasuk ahli (surga) Firdaus, namun aku juga tidak sanggup menahan (siksa) neraka Jahim. Maka terimalah taubatku dan ampunilah segala dosa perbuatanku. Karna sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pengampun dosa yang besar. Perlakukanlah daku dengan perlakuan orang orang yang mulia, dan tetapkanlah diriku di jalan yang lurus.``
Hikayat :
Pada suatu hari Abu Bakar Asy Syibli datang kepada Ibnu Mujahid. Ibnu Mujahid merangkulnya dan mencium kening-nya, kemudian ia ditanya tentang dua hal tersebut, maka Ibnu Mujahid berkata : ``Saya telah bermimpi melihat Nabi mencium Abu Bakar Asy Syibli, lalu aku bertanya mengapa Nabi berbuat demikian terhadap Asy Syibli ?``. Nabi menjawab : ``Karena ia tidak mengerjakan salat fardhu, kecuali setelaj solat dia membaca dua ayat berikut :
لَقَدْ جَآءَ كُمْ رَسُوْلٌ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ عَزِ يْزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِ يْصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْ مِنِيْنَ رَءُوْفٌ رَّ حِيْمٌ . فَإِنْ تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِيَ اللهُ لَآ اِلَهَ اِلَّا هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ .(Q.S 9:128
Sungguh, telah datang kepadamu seorang rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaan yang kamu alami, (dia) sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, penyantun dan penyayang terhadap orang-orang yang beriman.
Jika mereka berpaling dari keimanan, maka katakanlah : `Cukuplah bagiku Allah, tidak ada Tuhan selain Dia, hanya kepada-Nya aku bertawakal, dan Dialah Tuhan yang memiliki Arsy yang Agung. `` (QS. At Taubah : 128-129)
Kemudian beliau membaca shalawat صَلَّى اللهُ عَلَيْكَ يَامُحَمَّدُ (Semoga Allah menambahkan Rahmat-Nya kepadamu hai Muhammad). Setelah itu Mujahid bertanya kepada Asy Syibli tentang bacaan yang suka ia baca sesudah salat, dan Asy Syibli menceritakan tentang dua ayat Al Qur`an surat At Taubah ayat 128-129 ditambah dengan bacaan shalawat tersebut.
Makalah ke-29 Asy Syibli berkata:
اِذَا اَرَدْتَ أَنْ تَسْتَأْنِسَ بِاللهِ فَا سْتَوْحِشْ مِنْ نَفْسِكَ.
``Apabila kamu ingin lebih dicinta kepada Allah, maka kalahkanlah rasa cintamu terhadap dirimu sendiri ``
Keterangan :
Abu Bakar Asy Syibli telah ditanya sesudah matinya di dalam mimpi ia berkata, ``Allah telah bertanya kepadanya, `Hai Abu Bakar, tahukah engkau kenapa Aku mengampunimu ?`. aku berkata, `Karna amal salehku`. Allah berfirman, `Bukan`. Aku berkata, `karena keikhlasan ibadahku`. Allah berfirman, `Bukan`. Aku berkata, `karena ibadah hajiku, puasaku, dan salatku`. Allah berfirman, `Bukan`. Aku berkata, `karena hijrahku kepada orang-orang saleh dengan menuntut ilmu.`
Allah berfirman,`Bukan`. Aku berkata, `Ya Tuhan, karena apa ?` Maka Allah berfirman, `Ingatkah ketika engkau berjalan di Baghdad, lalu engkau menemukan anak kucing yang hampir mati karena kedinginan, kemudian engkau mengambilnya karena merasa kasihan dan meletakkannya di atas tungku, demi menjaganya dari kematian. Aku berkata, `Oh ya`. Lalu Allah berfirman, `Karena kasih sayangmu kepada kucing itulah Aku menyayangimu. ``
Makalah ke-30. Asy Sybli pernah berkata sebagai berikut :
لَوْ ذُفْتُمْ حَلَاوَةَ الْوُصْلَةِ لَعَرَفْتُمْ مَرَارَةَ الْقَطِيْعَةِ.
``Apabila kamu telah merasakan nikmatnya dekat kepada Allah, niscaya kamu tahu bagaimana pahit rasanya jika jauh dariNya.`` karena hal tersebut merupakan siiksa yang besar bagi Ahlillah ta'ala
وكان من دعائه صلى الله عليه وسلم
اَللَّهُمَ ارْزُقْنَى لَذَّةَ النَّظَرِ اِلَى وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَالشَّوْقِ إِلَى لِقَائِكَ.
Sebagian dari doa Rasulullah SAW.:
`` Wahai Tuhanku, anugerahkanlah kepada kami kelezatan memandang wajahMu Yang Maha Mulia dan kenikmatan rasa rindu berjumpa denganMu.
Selanjutnya klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar