Jumat, 27 Maret 2020

Fathul muin rukun solat 2


(وَ) مَعَ رِعَايَةِ (مُوَالَاةٍ) فِيْهَا بِأَنْ يَأْتِيْ بِكَلِمَاتِهَا عَلَى الْوَلَاءِ بِأَنْ لَا يَفْصُلَ بَيْنَ شَيْءٍ مِنْهَا وَ مَا بَعْدَهُ بِأَكْثَرَ مِنْ سَكْتَةِ التَّنَفُّسِ أَوِ الْعَيِّ، (فَيُعِيْدُ) قِرَاءَةُ الْفَاتِحَةِ، (بِتَخَلُّلِ ذِكْرٍ أَجْنَبِيٍّ) لَا يَتَعَلَّقُ بِالصَّلَاةِ فِيْهَا، وَ إِنْ قَلَّ، كَبَعْضِ آيَةٍ مِنْ غَيْرِهَا، وَ كَحَمْدِ عَاطِسٍ وَ إِنْ سُنَّ فِيْهَا كَخَارِجِهَا لِإِشْعَارِهِ بِالْإِعْرَاضِ. (لَا) يَعِيْدُ الْفَاتِحَةَ (بِــــــ) تَخَلُّلِ مَا لَهُ تَعَلُّقٌ بِالصَّلَاةِ، كَ (تَأْمِيْنٍ وَ سُجُوْدٍ) لِتِلَاوَةِ إِمَامِهِ مَعَهُ، (وَ دُعَاءٍ) مِنْ سُؤَالِ رَحْمَةٍ، وَ اسْتِعَاذَةٍ مِنْ عَذَابٍ، وَ قَوْلُ: بَلَى وَ أَنَا عَلَى ذلِكَ مِنَ الشَّاهِدِيْنَ (لِقِرَاءَةِ إِمَامِهِ) الْفَاتِحَةَ أَوْ آيَةَ السَّجْدَةِ، أَوِ الْآيَةَ الَّتِيْ يُسَنُّ فِيْهَا مَا ذُكِرَ لِكُلِّ مِنَ الْقَارِىءِ وَ السَّامِعِ، مَأْمُوْمًا أَوْ غَيْرَهُ، فِيْ صَلَاةٍ وَ خَارِجِهَا. فَلَوْ قَرَأَ الْمُصَلِّيْ آيَةً أَوْ سَمِعَ آيَةً فِيْهَا اسْمُ مُحَمَّدٍ لَمْ تُنْدَبِ الصَّلَاةُ عَلَيْهِ، كَمَا أَفْتَى بِهِ النَّوَوِيُّ. (وَ) لَا (بِفَتْحِ عَلَيْهِ) أَيِ الْإِمَامِ إِذَا تَوَقَّفَ فِيْهَا بِقَصْدِ الْقِرَاءَةِ، وَ لَوْ مَعَ الْفَتْحِ، وَ مَحَلُّهُ  كَمَا قَالَ شَيْخُنَا إِنْ سَكَتَ، وَ إِلَّا قَطَعَ الْمُوَالَاةَ. وَ تَقْدِيْمُ نَحْوُ سُبْحَانَ اللهِ قَبْلَ الْفَتْحِ يَقْطَعُهَا عَلَى الْأَوْجَهِ، لِأَنَّهُ حِيْنَئِذٍ بِمَعْنَى تَنَبَّهَ. (وَ) يَعِيْدُ الْفَاتِحَة بِتَخَلُّلِ (سُكُوْتٍ طَالَ) فِيْهَا بِحَيْثُ زَادَ عَلَى سَكْتَةِ الْاِسْتِرَاحَةِ (بِلَا عُذْرٍ فِيْهِمَا)، مِنْ جَهْلٍ وَ سَهْوٍ. فَلَوْ كَانَ تَخَلُّلُ الذِّكْرِ الْأَجْنَبِيِّ، أَوِ السُّكُوْتُ الطَّوِيْلُ، سَهْوًا أَوْ جَهْلًا، أَوْ كَانَ السُّكُوْتُ لِتَذَكُّرِ آيَةٍ، لَمْ يَضُرَّ، كَمَا لَوْ كَرَّرَ آيَةً مِنْهَا فِيْ مَحَلِّهَا وَ لَوْ لِغَيْرِ عُذْرٍ، أَوْ عَادَ إِلَى مَا قَرَأَهُ قَبْلٌ وَ اسْتَمَرَّ، عَلَى الْأَوْجَهِ.
(Dan besertaan menjaga kesinambungan dalam al-Fātiḥah) dengan cara membaca kalimat al-Fātiḥah secara sambung menyambung dengan tidak memisah di antara sesuatu dari al-Fātiḥah dengan lafazh setelahnya dengan jarak waktu lebih dari berhenti mengambil nafas atau berhenti sebab tersengal-sengal. (Maka bacaan al-Fātiḥah harus diulang dengan sebab disela-selai dengan dzikir lain) yang tidak berhubungan dengan al-Fātiḥah walaupun sedikit seperti setengah ayat dari selain al-Fātiḥah dan seperti ucapan al-Ḥamdulillāh orang yang bersin – walaupun bacaan tersebut sunnah diucapkan dalam shalat seperti di luar shalat – sebab hal itu menunjukkan berpaling dari bacaan al-Fātiḥah. (Tidak mengulang bacaan) al-Fātiḥah (dengan) sebab disela-selai dengan sesuatu yang berhubungan dengan shalat seperti (mengucapkan amin, sujūd) tilāwah besertaan imām, (doa) meminta rahmat dan menjauhkan dari ‘adzab dan ucapan: (بَلَى وَ أَنَا عَلَى ذلِكَ مِنَ الشَّاهِدِيْنَ) – Benar, aku atas hal itu menjadi saksi – (sebab bacaan al-Fātiḥah), ayat sajadah dari imām atau ayat yang disunnahkan di dalamnya untuk meminta hal yang telah disebutkan bagi setiap orang yang membaca dan yang mendengar, baik ma’mūm atau imām, di dalam shalat atau di luarnya. Jikalau seseorang yang shalat membaca ayat atau mendengar ayat yang di dalam ayat itu terdapat nama Nabi Muḥammad s.a.w., maka tidak disunnahkan untuk membaca shalawat kepadanya, seperti yang telah difatwatkan oleh Imām Nawawī. (Dan juga tidak mengulangi bacaan al-Fātiḥah dengan sebab menuntun bacaan imām) ketika imam terhenti bacaannya dengan niat membaca al-Qur’ān walaupun besertaan dengan niat menuntun imām. Hal itu dilakukan – seperti yang telah disampaikan oleh guru kita – jika imām diam jika imām tidak terdiam maka terputuslah kesinambungan bacaan al-Fātiḥah-nya. Mendahulukan semacam bacaan (سُبْحَانَ اللهِ) sebelum menurun dapat memutus kesinambungan al-Fātiḥah menurut pendapat yang aujah, sebab bacaan (سُبْحَانَ اللهِ), dengan demikian bermakna mengingatkan. (Wajib mengulang) bacaan al-Fātiḥah dengan sebab disela-selai (dengan diam yang lama) dalam al-Fātiḥah sekira melebihi dari diam untuk istirahat (dengan tanpa sebuah alasan pada dua kasus itu) yakni alasan tidak tahu atau lupa. Jikalau penyela-nyelaan dzikir yang lain atau diam yang lama itu dilakukan karena lupa atau tidak tahu atau karena diam untuk mengingat ayat, maka hal tersebut tidaklah masalah seperti kasus mengulang-ulang ayat dari al-Fātiḥah ditempatnya walaupun tidak ada alasan atau walaupun mengulangi terhadap lafazh yang dibaca sebelum selesainya al-Fātiḥah dan dilanjutkan menurut pendapat yang aujah.
[فَرْعٌ]: لَوْ شَكَّ فِيْ أَثْنَاءِ الْفَاتِحَةِ هَلْ بَسْمَلَ، فَأَتَمَّهَا ثُمَّ ذَكَرَ أَنَّهُ بَسْمَلَ أَعَادَ كُلَّهَا عَلَى الْأَوْجَهِ. (وَ لَا أَثَرَ لِشَكٍّ فِيْ تَرْكِ حَرْفٍ) فَأَكْثَرَ مِنَ الْفَاتِحَةِ، أَوْ آيَةٍ فَأَكْثَرَ مِنْهَا. (بَعْدَ تَمَامِهَا) أَيِ الْفَاتِحَةِ، لِأَنَّ الظَّاهِرَ حِيْنَئِذٍ مُضِيُّهَا تَامَّةً. (وَ اسْتَأْنَفَ) وُجُوْبًا إِنْ شَكَّ فِيْهِ (قَبْلَهُ) أَيِ التَّمَامِ. كَمَا لَوْ شَكَّ هَلْ قَرَأَهَا أَوْ لَا؟ لِأَنَّ الْأَصْلَ عَدَمَ قِرَاءَتِهَا. وَ كَالْفَاتِحَةِ فِيْ ذلِكَ سَائِرِ الْأَرْكَانِ. فَلَوْ شَكَّ فِيْ أَصْلٍ السُّجُوْدِ مَثَلًا أَتَى بِهِ، أَوْ بَعْدَهُ فِيْ نَحْوِ وَضْعِ الْيَدِ، لَمْ يَلْزَمْهُ شَيْءٌ. وَ لَوْ قَرَأَهَا غَافِلًا فَفَطِنَ عِنْدَ {صِرَاطَ الَّذِيْنَ} وَ لَمْ يَتَيَقَّنْ قِرَاءَتَهَا لَزِمَهُ اسْتِئْنَافُهَا. وَ يَجِبُ التَّرْتِيْبُ فِي الْفَاتِحَةِ بِأَنْ يَأْتِيَ بِهَا عَلَى نَظْمِهَا الْمَعْرُوْفِ لَا فِي التَّشَهُّدِ مَا لَمْ يُخِلَّ بِالْمَعْنَى. لكِنْ يُشْتَرَطُ فِيْهِ رِعَايَةُ تَشْدِيْدَاتٍ وَ مُوَالَاةٌ كَالْفَاتِحَةِ. وَ مَنْ جَهُلَ جَمِيْعَ الْفَاتِحَةِ وَ لَمْ يُمْكِنْهُ تَعَلُّمُهَا قَبْلَ ضِيْقِ الْوَقْتِ، وَ لَا قِرَاءَتُهَا فِيْ نَحْوِ مُصْحَفٍ، لَزِمَهُ قِرَاءَةُ سَبْعُ آيَاتٍ وَ لَوْ مُتَفَرِّقَةً لَا يَنْقُضُ حُرُوْفُهَا عَنْ حُرُوْفِ الْفَاتِحَةِ، وَ هِيَ بِالْبَسْمَلَةِ بِالتَّشْدِيْدَاتِ مِائَةٌ وَ سِتَّةٌ وَ خَمْسُوْنَ حَرْفًا بِإِثْبَاتِ أَلِفِ مَالِكِ وَ لَوْ قَدَرَ عَلَى بَعْضِ الْفَاتِحَةِ كَرَّرَهُ لِيَبْلُغَ قَدْرَهَا، وَ إِنْ لَمْ يَقْدِرْ عَلَى بَدَلٍ فَسَبْعَةُ أَنْوَاعٍ مِنْ ذِكْرٍ كَذلِكَ، فَوُقُوْفٌ بَقَدْرِهَا.
(Cabangan Masalah). Jikalau seseorang ragu di tengah bacaan al-Fātiḥah, apakah telah membaca basmalah, lantas ia menyempurnakan bacaan al-Fātiḥah-nya kemudian ia ingat bahwa dirinya telah membaca basmalah, maka wajib baginya untuk mengulangi seluruh al-Fātiḥah-nya menurut pendapat yang lebih unggul.  (Tidaklah berpengaruh keraguan di dalam meninggalkan satu huruf atau lebih dari al-Fātiḥah satu ayat atau lebih darinya (setelah sempurna membaca al-Fātiḥah) sebab dengan demikian secara zhahir, al-Fātiḥah telah dibaca dengan sempurna. (Wajib untuk mengulangi bacaan al-Fātiḥah) bila keraguan terjadi sebelum sempurnanya) bacaan itu, seperti halnya hukum bila terjadi keraguan apakah telah membaca al-Fātiḥah atau belum? Sebab hukum asalnya adalah belum membacanya. Seperti hukumnya al-Fātiḥah tersebut adalah setiap rukun-rukun shalat, contohnya; jika terjadi keraguan telah sujud atau belum, maka wajib untuk mengerjakan sujud, atau keraguan terjadi setelah sujud dalam meletakkan semacam tangan, maka tidak wajib baginya untuk mengerjakan sesuatu apapun. Jika seseorang membaca al-Fātiḥah dalam keadaan lupa, lantas sadar pada saat membaca (صِرَاطَ الَّذِيْنَ) dan ia tidak yakin telah membaca surat sebelumnya, maka wajib baginya untuk mengulanginya. Wajib untuk mentartibkan bacaan al-Fātiḥah dengan cara membaca al-Fātiḥah sesuai dengan urutan yang telah diketahui, bukan tartib dalam tasyahhud selama tidak merubah maknanya, namun diisyaratkan di dalam tasyahhud untuk tetap memperhatikan tasydīd dan kesinambungannya seperti halnya al-Fātiḥah. Barang siapa yang tidak mengerti seluruh bacaan al-Fātiḥah  dan tidak mungkin untuk mempelajarinya sebelum habisnya waktu shalat dan juga tidak mungkin untuk membacanya pada semacam mushḥaf, maka wajib untuk membaca tujuh ayat – walaupun terpisah-pisah – yang tidak kurang dari huruf-huruf al-Fātiḥah. Al-Fātiḥah dengan basmalah dan semua tasydīd-nya berjumlah 156 huruf dengan menetapkan alif dari lafazh (مَالِكِ). Jikalau seseorang hanya mampu membaca sebagian dari surat al-Fātiḥah, maka wajib baginya untuk mengulang-ulangnya sampai kadar huruf al-Fātiḥah. Jika ia tidak mampu untuk membaca tujuh ayat sebagai pengganti al-Fātiḥah, maka wajib baginya tujuh macam dzikir dengan jumlah huruf yang sama pula dengan al-Fātiḥah. Jika masih tidak mampu maka baginya hanya berkewajiban berdiri dengan kadar waktu cukup untuk membaca al-Fātiḥah. 
(وَ سُنَّ) وَ قِيْلَ: يَجِبُ (بَعْدَ تَحَرُّمٍ) بِفَرْضٍ أَوْ نَفْلٍ، مَا عَدَا صَلَاةَ جَنَازَةٍ. (اِفْتِتَاحٌ) أَيْ دُعَاؤُهُ سِرًّا إِنْ أَمِنَ فَوْتَ الْوَقْتِ وَ غَلَبَ عَلَى ظَنِّ الْمَأْمُوْمِ إِدْرَاكُ رُكُوْعِ الْإِمَامِ، (مَا لَمْ يُشْرِعْ) فِيْ تَعَوُّذٍ أَوْ قِرَاءَةٍ وَ لَوْ سَهْوًا. (أَوْ يَجْلِسُ مَأْمُوْمٌ) مَعَ إِمَامِهِ، وَ إِنْ أَمَّنَ مَعَ تَأْمِيْنِهِ. (وَ إِنْ خَافَ) أَيِ الْمَأْمُوْمُ، (فَوْتَ سُوْرَةٍ) حَيْثُ تُسَنُّ لَهُ. كَمَا ذَكَرَ شَيْخُنَا فِيْ شَرْحِ الْعُبَابِ وَ قَالَ: لِأَنَّ إِدْرَاكَ الْاِفْتِتَاحِ مُحَقَّقٌ، وَ فَوَاتُ السُّوْرَةِ مَوْهُوْمٌ، وَ قَدْ لَا يَقَعُ. وَ وَرَدَ فِيْهِ أَدْعِيَةٌ كَثِيْرَةٌ. وَ أَفْضَلُهَا مَا رَوَاهُ مُسْلِمٌ، وَ هِيَ: وَجَّهْتُ وَجْهِيَ أَيْ ذَاتِيْ لِلَّذِيْ فَطَرَ السَّموَاتِ وَ الْأَرْضَ حَنِيْفًا أَيْ مَائِلًا عَنِ الْأَدْيَانِ إِلَى الدِّيْنِ الْحَقِّ مُسْلِمًا، وَ مَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. إِنَّ صَلَاتِيْ وَ نُسُكِيْ وَ مَحْيَايَ وَ مَمَاتِيْ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَ بِذلِكَ أُمِرْتُ، وَ أَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ. وَ يُسَنُّ لِمَأْمُوْمٍ يَسْمَعُ قِرَاءَةَ إِمَامِهِ الْإِسْرَاعُ بِهِ، وَ يَزِيْدُ نَدْبًا الْمُنْفَرِدُ، وَ إِمَامُ مَحْصُوْرِيْنَ غَيْرَ أَرِقَّاءَ وَ لَا نِسَاءٌ مُتَزَوِّجَاتٍ رَضُوْا بِالتَّطْوِيْلِ لَفْظًا وَ لَمْ يَطْرَأْ غَيْرُهُمْ، وَ إِنْ قَلَّ حُضُوْرُهُ. وَ لَمْ يَكُنِ الْمَسْجِدُ مَطْرُوْقًا. وَ مِنْهُ مَا رَوَاهُ الشَّيْخَانِ: اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِيْ وَ بَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَ الْمَغْرِبِ. اللَّهُمَّ نَقِّنِيْ مِنْ خَطَايَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ. اللَّهُمَّ اغْسِلْنِيْ مِنْ خَطَايَايَ كَمَا يُغْسَلُ الثَّوْبُ بِالْمَاءِ وَ الثَّلْجِ وَ الْبَرَدِ. (فَـــــ) بَعْدَ افْتِتَاحٍ وَ تَكْبِيْرِ صَلَاةِ عِيْدٍ إِنْ أَتَى بِهِمَا  يُسَنُّ (تَعَوُّذٌ) وَ لَوْ فِيْ صَلَاة الْجَنَازَةِ، سِرًّا وَ لَوْ فِي الْجَهْرِيَّةِ. وَ إِنْ جَلَسَ مَعَ إِمَامِهِ (كُلَّ رَكْعَةٍ) مَا لَمْ يُشْرِعْ فِيْ قِرَاءَةٍ وَ لَوْ سَهْوًا. وَ هُوَ فِي الْأُوْلَى آكَدُ، وَ يُكْرَهُ تَرْكُهُ.
(Disunnahkan) – sebagian pendapat menghukumi wajib – (setelah takbīrat-ul-iḥrām) shalat yang wajib ataupun sunnah selain shalat janazah (untuk membaca doa iftitāḥ) dengan pelan. Doa itu dibaca jika orang yang shalat tidak takut habisnya waktu shalat, ada dugaan kuat dari ma’mūm menemukan rukū‘nya imām, (dan selama ia belum membaca) ta‘awwudz atau membaca surat – walaupun ia lupa – , (atau selama ma’mūm belum duduk) bersama imām – walaupun ma’mūm telah membaca amin bersama aminnya imām – (dan walaupun ma’mūm takut kehilangan waktu membaca surat-suratan) jika bacaan surat tersebut disunnahkan baginya seperti yang telah disampaikan oleh guru kita dalam syarḥ ‘ubāb. Guru kita berkata: Sebab menemukan doa iftitāḥ ini dapat dipastikan, sedangkan hilangnya waktu membaca surat masih praduga dan terkadang tidak terjadi. Doa iftitāḥ yang telah diajarkan oleh Nabi s.a.w. banyak sekali, yang paling utama adalah doa yang telah diriwayatkan oleh Imām Muslim yakni doa: (وَجَّهْتُ وَجْهِيَ) sampai selesai. Maksudnya adalah: “Saya hadapkan diriku kepada Dzāt pencipta langit dan bumi dengan condong menjauhi semua agama menuju kepada agama yang benar dengan pasrah. Dan aku bukanlah sebagian dari orang-orang yang menduakan Allah, sesungguhnya shalat, ibadah, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam, tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan itu aku diperintahkan dan Aku adalah sebagian dari orang-orang yang muslim.” Disunnahkan bagi seorang ma’mūm yang mendengar bacaan imāmnya untuk mempercepat bacaan doa iftitāḥnya. Disunnahkan pula untuk menambahkan doa iftitāḥ bagi seorang yang shalat sendiri dan imām yang teringkas jamā‘ahnya  – selain pada budak dan wanita yang telah menikah – dengan catatan ma’mūm telah menyatakan dengan ucapan  kerelaannya dengan panjangnya bacaan doa tersebut, jamā‘ah tidak diisi dengan selain jamā‘ahnya – walaupun jumlahnya sedikit dan selama masjid tempat jamā‘ah tidak berada di tepi jalan tempat lalu-lalang, dengan doa yang telah diajarkan oleh Nabi s.a.w. Sebagian doa itu adalah doa yang diriwayatkan oleh Bukhārī-Muslim: (اللَّهُمَّ بَاعِدْ) sampai akhir. Artinya: Ya Allah jauhkanlah di antara diriku dan kesalahan-kesalahanku seperti halnya engkau telah menjauhkan di antara arah timur dan barat, Ya Allah, bersihkanlah diriku dari kesalahan-kesalahanku seperti dibersihkannya baju putih dari kotoran. Ya Allah, basuhlah semua kesalahanku seperti halnya baju yang dibasuh dengan air, salju dan embun. (Kemudian) setelah membaca doa iftitāḥ dan takbīr dari shalat hari-raya – jika dua hal tersebut dikerjakan – disunnahkan (untuk membaca ta‘awwudz) – walaupun di dalam shalat jenazah – secara pelan walaupun dalam shalat yang sunnah untuk mengeraskan bacaan dan walaupun setelah duduk bersamaan dengan imam, (di setiap rakaat) selama belum membaca surat al-Fātiḥah – walaupun lupa – Membawa ta‘awwudz di raka‘at pertama hukumnya lebih dianjurkan dan makruh untuk meninggalkannya.

(وَ) يُسَنُّ (وَقْفٌ عَلَى رَأْسِ كُلِّ آيَةٍ) حَتَّى عَلَى آخِرِ الْبَسْمَلَةِ، خِلَافًا لِجَمْعٍ (مِنْهَا) أَيْ مِنَ الْفَاتِحَةِ، وَ إِنْ تَعَلَّقَتْ بِمَا بَعْدَهَا، لِلْاِتِّبَاعِ. وَ الْأَوْلَى أَنْ لَا يَقِفَ عَلَى {أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ} لِأَنَّهُ لَيْسَ بِوَقْفٍ وَ لَا مُنْتَهَى آيَةٍ عِنْدَنَا، فَإِنْ وَقَفَ عَلَى هذَا لَمْ تُسَنَّ الْإِعَادَةُ مِنْ أَوَّلِ الْآيَةِ. (وَ) يُسَنُّ (تَأْمِيْنٌ) أَيْ قَوْلُهُ: آمِيْنَ. بِالتَّخْفِيْفِ وَ الْمَدِّ. وَ حَسُنَ زِيَادَةُ: رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، (عَقِبَهَا) أَيِ الْفَاتِحَةِ وَ لَوْ خَارِجَ الصَّلَاةِ بَعْدَ سَكْتَةٍ لَطِيْفَةِ، مَا لَمْ يَتَلَفَّظْ بِشَيْءٍ سِوَى رَبِّ اغْفِرْ لِيْ. وَ يُسَنُّ الْجَهْرُ بِهِ فِي الْجَهْرِيَّةِ، حَتَّى لِلْمَأْمُومِ لِقِرَاءَةِ إِمَامٍ تَبْعًا لَهُ. (وَ) سُنَّ لِمَأْمُوْمِ فِي الْجَهْرِيَّةِ تَأْمِيْنٌ (مَعَ) تَأْمِيْنِ (إِمَامِهِ إِنْ سَمِعَ) قِرَاءَتَهُ، لِخَبَرِ الشَّيْخَيْنِ: “إِذَا أَمَّنَ الْإِمَامُ أَيْ أَرَادَ التَّأْمِيْنَ فَأَمِّنُوْا. فَإِنَّهُ مَنْ وَافَقَ تَأْمِيْنُهُ تَأْمِيْنَ الْمَلَائِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ”. وَ لَيْسَ لَنَا مَا يُسَنُّ فِيْهِ تَحَرِّيْ مُقَارَنَةَ الْإِمَامِ إِلَّا هذَا. وَ إِذَا لَمْ يَتَّفِقْ لَهُ مُوَافَقَتَهُ أَمَّنَ عَقِبَ تَأْمِيْنِهِ. وَ إِنْ أَخَّرَ إِمَامُهُ عَنِ الزَّمَنِ الْمَسْنُوْنِ فِيْهِ التَّأْمِيْنُ أَمَّنَ الْمَأْمُوْمُ جَهْرًا. وَ آمِيْنٌ اِسْمُ فِعْلٍ بِمَعْنَى اسْتَجِبْ، مَبْنِيْ عَلَى الْفَتْحِ، وَ يُسَكَّنُ عِنْدَ الْوَقْفِ.
(Dan) disunnahkan (untuk berhenti di setiap akhir ayat) sampai di akhir bismillāh, berbeda dengan pendapat sekelompok ‘ulamā’, (dari surat al-Fātiḥah) – walaupun ayat itu masih berhubungan dengan ayat setelahnya – sebab mengikuti Nabi s.a.w. Yang lebih utama adalah tidak berhenti pada ayat (أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ) sebab ayat tersebut bukanlah tempatnya berhenti dan bukan akhir ayat menurut kita madzhab Syāfi‘iyyah. Maka jika berhenti pada ayat tersebut tidaklah disunnahkan untuk mengulangi dari awal ayat. (Dan) disunnahkan (membaca amin). Lafazh amin dibaca ringan dan panjang, dan bagus bila ditambah lafazh (رَبِّ الْعَالَمِيْنَ) (setelah bacaan al-Fātiḥah) – walaupun di luar shalat – setelah berhenti sebentar selama belum mengucapkan sesuatu apapun selain lafazh (رَبِّ اغْفِرْ لِيْ) – Ya Tuhan ampunilah diriku. Disunnahkan mengeraskan bacaan amin dalam shalat yang disunnahkan untuk membaca keras, – sampai pada ma’mūm -, karena bacaan al-Fātiḥahnya imam sebab mengikuti sang imām. (Disunnahkan) bagi ma’mūm – di dalam shalat yang sunnah untuk mengeraskan suara – untuk membaca amin (besertaan) aminnya (imām jika ma’mūm mendengar) bacaan al-Fātiḥah  sebab hadits yang diriwayatkan Bukhārī-Muslim: Jika imām membaca amin – maksudnya imām mengharapkan membaca amin – maka aminlah kalian semua. Sebab siapapun yang mencocoki  aminnya dengan amin malaikat, maka dosanya yang telah lewat akan diampuni.  Tidaklah bagi kita ada sesuatu hal yang disunnahkan untuk menunggu untuk membarengi imām, kecuali bacaan amin ini. Jika bacaan aminnya imām tidak cocok dengan bacaan amin ma’mūm, maka ma’mūm membaca setelah aminnya imām. Jikalau imām mengakhirkan dari waktu disunnahkannya membaca amin, maka mu’mūm membaca amin dengan keras sebelumnya imām. Lafazh amin adalah nama fi‘il dengan makna (اسْتَجِبْ) – kabulkanlah doa kami -, yang dimabnikan fatḥah dan dibaca sukūn ketika berhenti.

[فَرْعٌ]: يُسَنُّ لِلْإِمَامِ أَنْ يَسْكُتَ فِي الْجَهْرِيَّة بِقَدْرِ قِرَاءَةِ الْمَأْمُوْمِ الْفَاتِحَةَ إِنْ عَلِمَ أَنَّهُ يَقْرَؤُهَا فِيْ سَكْتَةٍ كَمَا هُوَ ظَاهِرٌ، وَ أَنْ يَشْتَغِلَ فِيْ هذِهِ السَّكْتَةِ بِدُعَاءٍ أَوْ قِرَاءَةٍ، وَ هِيَ أَوْلَى. قَالَ شَيْخُنَا: وَ حِيْنَئِذٍ فَيَظْهَرُ أَنَّهُ يُرَاعِي التَّرْتِيْبَ وَ الْمُوَالَاةَ بَيْنَهَا وَ بَيْنَ مَا يَقْرَؤُهَا وَ بَعْدَهَا.
(Cabangan Masalah). Disunnahkan bagi seorang imām untuk diam dalam shalat yang sunnah membaca keras dengan kadar bacaan al-Fātiḥah seorang ma’mūm. Hal itu dilakukan jika imām tahu bahwa ma’mūm membaca al-Fātiḥah di waktu diamnya imām seperti hukum yang telah jelas. Dan disunnahkan bagi imām untuk menyibukkan di saat diam tersebut dengan doa atau membaca surat-suratan, sedang membaca surat lebih utama. Guru kita berkata: Dengan demikian maka jelaslah bahwa imām harus menjaga tartib dan kesinambungan di antara ayat yang dibaca dan ayat setelahnya.

[فَائِدَةٌ]: يُسَنُّ سَكَتَةٌ لَطِيْفَةٌ بِقَدْرِ سُبْحَانَ اللّهِ، بَيْنَ آمِيْنَ وَ السُّوْرَة، وَ بَيْنَ آخِرِهَا وَ تَكْبِيْرَةِ الرُّكُوْعِ، وَ بَيْنَ التَّحَرُّمِ وَ دُعَاءِ الْاِفْتِتَاحِ وَ بَيْنَهُ وَ بَيْنَ التَّعَوُّذِ وَ بْيْنَهُ وَ بَيْنَ الْبَسْمَلَةِ.
(Fā’idah). Disunnahkan untuk diam sejenak dengan kadar bacaan (سُبْحَانَ اللّهِ) di antara bacaan amin dan surat-suratan, antara akhirnya amin dan takbīr untuk rukū‘, di antara takbīrat-ul-iḥrām dan doa iftitāḥ, di antara doa iftitāḥ dan ta‘awwudz, dan di antara bacaan ta‘awwudz dan bacaan bismillāh.
(وَ) سُنَّ آيَةٌ فَأَكْثَر، وَ الْأَوْلَى ثَلَاثٌ (بَعْدَهَا) أَيْ بَعْدَ الْفَاتِحَةِ. وَ يُسَنُّ لِمَنْ قَرَأَهَا مِنْ أَثْنَاءِ سُوْرَةِ الْبَسْمَلَةِ. نَصَّ عَلَيْهِ الشَّافِعِيِّ. وَ يَحْصَلُ أَصْلُ السُّنَّةِ بِتَكْرِيْرِ سُوْرَةٍ وَاحِدَةٍ فِي الرَّكْعَتَيْنِ، وَ بِإِعَادَةِ الْفَاتِحَةِ إِنْ لَمْ يَحْفَظْ غَيْرَهَا، وَ بِقِرَاءَةِ الْبَسْمَلَةِ لَا بِقَصْدِ أَنَّها الَّتِيْ هِيَ أَوَّلُ الْفَاتِحَةِ، وَ سُوْرَةٍ كَامِلَةٍ حَيْثُ لَمْ يَرِدِ الْبَعْضُ، كَمَا فِي التَّرَاوِيْحِ أَفْضَلُ مِنْ بَعْضِ طَوِيْلَةٍ وَ إِنْ طَالَ. وَ يُكْرَهُ تَرْكُهَا رِعَايَةً لِمَنْ أَوْجَبَهَا. وَ خَرَجَ بِبَعْدِهَا مَا لَوْ قَدَّمَهَا عَلَيْهَا فَلَا تُحْسَبُ، بَلْ يُكْرَهُ ذلِكَ. وَ يَنْبَغِيْ أَنْ لَا يَقْرَأَ غَيْرَ الْفَاتِحَةِ مَنْ يَلْحَنُ فِيْهِ لَحْنًا يُغَيِّرُ الْمَعْنَى. وَ إِنْ عَجَزَ عَنِ التَّعَلُّمِ، لِأَنَّهُ يَتَكَلَّمُ بِمَا لَيْسَ بِقُرْآنٍ بِلَا ضَرُوْرَة. وَ تَرْكُ السُّوْرَةِ جَائِزٌ. وَ مُقْتَضَى كَلَامُ الْإِمَامِ: الْحُرْمَةُ.
(Dan) disunnahkan membaca satu ayat atau lebih, dan yang lebih utama adalah tiga ayat (setelah al-Fātiḥah). Disunnahkan bagi seorang yang membaca basmalah seperti yang telah dijelaskan oleh Imām Syāfi‘ī. Kesunnahan membaca surat akan di dapat dengan mengulang satu surat di dua rakaat, dengan mengulang sebagian al-Fātiḥah bagi orang yang tidak hafal  selain itu, dan dengan membaca basmalah namun tidak bertujuan menugucapkan basmalah dari awal surat al-Fātiḥah. Membaca surat yang sempurna – sekira tidak ada ajaran dari Nabi untuk membaca sebagian surat seperti shalat tarāwīḥ  – lebih utama dibanding dengan sebagian surat yang panjang walaupun panjang. Dimakruhkan untuk meninggalkan bacaan surat untuk menjaga perselisihan ‘ulamā’ yang mewajibkannya. Dikecualikan dari setelah al-Fātiḥah adalah bacaan surat sebelum membaca al-Fātiḥah, maka bacaan tersebut tidaklah dianggap, bahkan hal itu hukumnya dimakruhkan. Sebaiknya tidak membaca selain al-Fātiḥah bagi seorang yang keliru dalam bacaan dengan kekeliruan yang dapat merubah makna – walaupun orang itu tidak mampu untuk belajar – sebab orang tersebut akhirnya berkata dengan sesuatu yang bukan al-Qur’ān tanpa ada darurat, sedangkan meninggalkan membaca surat-suratan, hukumnya diperbolehkan. Dan keterangan Imām Ḥaramain mengindikasikan hukum haram.

(وَ) تُسَنُّ (فِي) الرَّكْعَتَيْنِ (الْأُوْلَيَيْنِ) مِنْ رُبَاعِيَّةٍ أَوْ ثُلَاثِيَّةٍ وَ لَا تُسَنُّ فِي الْأَخِيْرتَيْنِ إِلَّا لِمَسْبُوْقٍ بِأَنْ لَمْ يُدْرِكُ الْأُوْلَيَيْنِ مَعَ إِمَامِهِ فَيَقُرَؤُهَا فِيْ بَاقِيْ صَلَاتِهِ إِذَا تَدَارَكَهُ وَ لَمْ يَكُنْ قَرَأَهَا فِيْمَا أَدْرَكَهُ، مَا لَمْ تَسْقُطْ عَنْهُ لِكَوْنِهِ مَسْبُوقًا فِيْمَا أَدْرَكَهُ، لِأَنَّ الْإِمَامَ إِذَا تَحَمَّلَ عَنْهُ الْفَاتِحَةَ فَالسُّوْرَةَ أَوْلَى. وَ يُسَنُّ أَنْ يُطَوِّلَ قِرَاءَةَ الْأُوْلَى عَلَى الثَّانِيَةِ، مَا لَمْ يَرِدْ نَصٌّ بِتَطْوِيْلِ الثَّانِيَةِ. وَ أَنْ يَقْرَأَ عَلَى تَرْتِيْبِ الْمُصْحَفِ، وَ عَلَى التَّوَالِيْ، مَا لَمْ تَكُنِ الَّتِيْ تَلِيْهَا أَطْوَلُ وَ لَوْ تَعَارَضَ التَّرْتِيْبُ، وَ تَطْوِيْلُ الْأُوْلَى كَأَنْ قَرَأَ الْإِخْلَاصَ، فَهَلْ يَقْرَأُ الْفَلَقَ نَظَرًا لِلتَّرْتِيْبِ؟ أَوِ الْكَوْثَرِ نَظَرًا لِتَطْوِيْلِ الْأُوْلَى؟ كُلٌّ مُحْتَمِلٌ، وَ الْأَقْرَبُ الْأَوَّلُ. قَالَهُ شَيْخُنَا فِيْ شَرْحِ الْمِنْهَاجِ. وَ إِنَّمَا تُسَنُّ قِرَاءَةُ الْآيَةِ (لِ) إِمَامِ وَ مُنْفَرِدٍ وَ (غَيْرِ مَأْمُوْمٍ سَمِعَ) قِرَاءَةَ إِمَامِهِ فِي الْجَهْرِيَّةِ فَتُكْرَهُ لَهُ. وَ قِيْلَ: تَحْرُمُ. أَمَّا مَأْمُوْمٌ لَمْ يَسْمَعْهَا، أَوْ سَمِعَ صَوْتًا لَا يُمَيِّزُ حُرُوْفَهُ، فَيَقْرَأْ سِرًّا. لكِنْ يُسَنُّ لَهُ كَمَا فِيْ أُوْلَيِي السِّرِّيَّةِ تَأْخِيْرُ فَاتِحَتِهِ عَنْ فَاتِحَةِ إِمَامِهِ إِنْ ظَنَّ إِدْرَاكَهَا قَبْلَ رُكُوْعِهِ، وَ حِيْنَئِذٍ يَشْتَغِلُ بِالدُّعَاءِ لَا الْقِرَاءَةِ. وَ قَالَ الْمُتَوَلِّيْ، وَ أَقَرَّهُ ابْنُ الرِّفْعَةِ: يُكْرَهُ الشُّرُوْعُ فِيْهَا قَبْلَهُ وَ لَوْ فِي السَّرِّيَّةِ، لِلْخِلَافِ فِي الْاِعْتِدَادِ بِهَا حِيْنَئِذٍ، وَ لِجَرَيَانِ قَوْلٍ بِالْبُطْلَانِ إِنْ فَرَغَ مِنْهَا قَبْلَهُ.
(Disunnahkan) membaca ayat al-Qur’ān (di dalam) dua raka‘at (awal) dari shalat yang ber-raka‘at empat atau tiga, tidak disunnahkan di dua raka‘at yang akhir,  kecuali bagi seorang ma’mūm masbūq yang tidak menemukan dua raka‘at awal bersamaan dengan imāmnya, maka diperbolehkan bagi ma’mūm itu untuk membaca ayat di sisa raka‘atnya, jika ia melanjutkan shalatnya sedang dirinya belum membaca surat tersebut di raka‘at yang ia dapatkan bersamaan imām dan selama ayat tersebut tidak gugur kesunnahannya sebab dirinya adalah ma’mūm masbūq dalam raka‘at yang ia dapatkan dari imām. Hal itu disebabkan ketika seorang imām mampu menanggung al-Fātiḥah dari seorang ma’mūm, maka bacaan surat-suratan lebih utama untuk ditanggung. Disunnahkan untuk memanjangkan bacaan surat raka‘at awal mengalahkan panjang raka‘at kedua selama tidak ada keterangan dari Nabi s.a.w. untuk memanjangkan raka‘at yang kedua. Disunnahkan pula untuk membaca surat dengan tartib sesuai urutan mushḥaf dan secara beruntun, selama ayat yang setelah tidak lebih panjang. Jika mentartibkan surat berlawanan dengan memanjangkan surat di raka‘at awal seperti membaca surat al-Ikhlāsh pada raka‘at awal maka apakah pada raka‘at kedua membaca surat al-Falaq karena melihat tartib mushḥaf? atau membaca surat al-Kautsar agar bacaan raka‘at awal lebih panjang? Semuanya masih mungkin benar, sedang yang lebih dekat kebenarannya adalah yang awal yakni membaca al-Falaq seperti yang telah disampaikan oleh guru kita dalam Syaraḥ Minhāj.  Disunnahkannya membaca ayat hanyalah bagi seorang imām dan seorang yang shalat sendiri (dan selain ma’mūm yang mendengar bacaan) dari sang imām di dalam shalat yang disunnahkan membaca keras, maka dimakruhkan bagi ma’mūm untuk membaca surat. Sebagian pendapat menghukumi haram.  Sedangkan bagi ma’mūm yang tidak mendengar bacaan ayat dari imām atau mendengar suatu yang tidak dapat dibedakan huruf-hurufnya, maka diperbolehkan baginya untuk membaca surat dengan pelan, namun disunnahkan baginya – seperti di dua raka‘at awal shalat yang sunnah untuk membaca pelan – untuk mengakhirkan bacaan al-Fātiḥahnya dari al-Fātiḥah imāmnya jika ia menduga dapat menemukan rukū‘ besertaan imām. Di waktu menanti bacaan imām selesai, ma’mūm menyibukkan diri dengan berdoa bukan membaca surat. Imām al-Mutawallī berkata: – pendapat ini telah diakui oleh Imām Ibnu Rif‘ah – : Dimakruhkan untuk membaca al-Fātiḥah sebelum imāmnya walaupun di dalam shalat yang sunnah untuk melirihkan bacaan sebab keluar dari perselisihan ‘ulamā’ tentang dianggap sahnya bacaan al-Fātiḥah dengan kondisi demikian tersebut, dan sebab adanya shalat jika ma’mūm lebih dahulu selesai membaca al-Fātiḥah sebelum imāmnya.

[فَرْعٌ]: يُسَنُّ لِمَأْمُوْمٍ فَرَغَ مِنَ الْفَاتِحَةِ فِي الثَّالِثَةِ أَوِ الرَّابِعَةِ، أَوْ مِنَ التَّشَهُّدِ الْأوَّلِ قَبْلَ الْإِمَامِ، أَنْ يَشْتَغِلَ بِدُعَاءٍ فِيْهِمَا، أَوْ قِرَاءَةٍ فِي الْأُوْلَى وَ هِيَ أَوْلَى.
(Cabangan Masalah). Disunnahkan bagi seorang ma’mūm yang telah selesai membaca al-Fātiḥah di raka‘at yang ketiga atau keempat atau telah selesai membaca tasyahhud di raka‘at awal sebelum imāmnya, untuk menyibukkan diri membaca doa setelahnya atau membaca surat setelah raka‘at ketiga dan keempat dan itu lebih baik.


Selanjutnya klik disini

1 | 2 |3 |4 |5  |6|7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terjemah kitab kuning

Taqrib tengah Safinatun naja   Fathul muin Nashoihul ibad Syarah sittin Jurumiah Riyadul badiah Ta'limul muta...