(وَ) يُسَنُّ لِلْحَاضِرِ (فِيْ) صَلَاتِه (جُمْعَةٍ وَ عِشَائِهَا) سُوْرَةُ (الْجُمْعَةِ وَ الْمُنَافِقُوْنَ أَوْ سَبِّحْ وَ هَلْ أَتَاكَ وَ) فِيْ (صُبْحِهَا) أَيِ الْجُمْعَةِ إِذَا اتَّسَعَ الْوَقْتُ (آلم تَنْزِيْلٌ) السَّجْدَةِ (وَ هَلْ أَتَى. وَ) فِيْ مَغْرِبِهَا (الْكَافِرُوْنَ وَ الْإِخْلَاصُ). وَ يُسَنُّ قِرَاءَتُهُمَا فِيْ صُبْحِ الْجُمْعَةِ وَ غَيْرِهَا لِلْمُسَافِرِ، وَ فِيْ رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ وَ الْمَغْرِبِ وَ الطَّوَافِ وَ التَّحِيَّةِ وَ الْاِسْتِخَارَةِ وَ الْإِحْرَامِ، لِلْاِتِّبَاعِ فِي الْكُلِّ.
(Disunnahkan) bagi seorang yang bukan musāfir (di dalam) shalat (Jum‘at dan shalat ‘Isyā’-nya) untuk membaca surat (al-Jum‘ah dan al-Munāfiqūn atau surat al-A‘lā dan al-Ghāsyiyyah.) Disunnahkan di dalam (shalat Shubuḥ hari Jum‘at) ketika waktunya masih longgar (untuk membaca surat Alif Lām Mīm) as-Sajdah (dan Hal Atā). Sedangkan di salam shalat Maghribnya disunnahkan (membaca surat al-Kāfirūn dan al-Ikhlāsh). Disunnahkan membaca dua surat tersebut di shalat Shubuḥ hari Jum‘at dan selainnya bagi seorang musāfir dan di dua raka‘at shalat Shubuḥ, Maghrib, Thawāf, tahiyyat, istikhārah, dan shalat akan iḥrām. Semua itu sebab mengikuti Nabi s.a.w.
[فَرْعٌ]: لَوْ تَرَكَ إِحْدَى الْمُعَيَّنَتَيْنِ فِي الْأُوْلَى أَتَى بِهِمَا فِي الثَّانِيَةِ، أَوْ قَرَأَ فِي الْأُوْلَى مَا فِي الثَّانِيَةِ قَرَأَ فِيْهَا مَا فِي الْأُوْلَى. وَ لَوْ شَرَعَ فِيْ غَيْرِ السُّوْرَةِ الْمُعَيَّنَةِ، وَ لَوْ سَهْوًا، قَطَعَهَا وَ قَرَأَ الْمُعَيَّنَةَ نَدْبًا. وَ عِنْدَ ضِيْقِ وَقْتٍ: سُوْرَتَانِ قَصِيْرَتَانِ أَفْضَلُ مِنْ بَعْضِ الطَّوِيْلَتَيْنِ الْمُعَيَّنَتَيْنِ، خِلَافًا لِلْفَارَقِيْ. وَ لَوْ لَمْ يَحْفَظْ إِلَّا إِحْدَى الْمُعَيَّنَتَيْنِ قَرَأَهَا وَ يُبْدِلُ الْأُخْرَى بِسُوْرَةٍ حَفِظَهَا وَ إِنْ فَاتَهُ الْوَلَاءُ. وَ لَوِ اقْتَدَى فِيْ ثَانِيَةِ صُبْحِ الْجُمْعَةِ مَثَلًا، وَ سَمِعَ قِرَاءَةَ الْإِمَامِ {هَلْ أَتَى} فَيَقْرَأُ فِيْ ثَانِيَتِهِ إِذَا قَامَ بَعْدَ سَلَامِ الْإِمَامِ الم تَنْزِيْلٌ. كَمَا أَفْتَى بِهِ الْكَمَالُ الرَّدَادُ وَ تَبِعَهُ شَيْخُنَا فِيْ فَتَاوِيْهِ. لكِنْ قَضِيَّةُ كَلَامِهِ فِيْ شَرْحِ الْمِنْهَاجِ أَنَّهُ يَقْرَأُ فِيْ ثَانِيَتِهِ إِذَا قَامَ هَلْ أَتَى، وَ إِذَا قَرَأَ الْإِمَامُ غَيْرَهَا قَرَأَهُمَا الْمَأْمُوْمُ فِيْ ثَانِيَتِهِ. وَ إِنْ أَدْرَكَ الْإِمَامَ فِيْ رُكُوْعِ الثَّانِيَةِ فَكَمَا لَوْ لَمْ يَقْرَأْ شَيْئًا فَيَقْرَأُ السَّجْدَةَ وَ هَلْ أَتَى فِيْ ثَانِيَتِهِ. كَمَا أَفْتَى بِهِ شَيْخُنَا.
(Cabangan Masalah). Jika seorang yang shalat meninggalkan salah satu surat yang telah ditentukan di raka‘at awal, maka dua surat tersebut dibaca di raka‘at yang kedua atau surat yang semestinya dibaca di raka‘at yang kedua dibaca di raka‘at awal, maka di raka‘at kedua membaca surat yang seharusnya dibaca di raka‘at awal. Jika seseorang membaca surat selain yang telah ditentukan – walaupun lupa – maka baginya sunnah memotong surat tersebut dan membaca surat yang telah ditentukan. Membaca dua surat yang pendek di saat waktu shalat telah hampir habis, lebih utama dibanding dengan membaca sebagian surat yang panjang yang telah ditentukan. Berbeda dengan pendapat Imām al-Fāraqī. Jika seseorang tidak hafal kecuali salah satu surat yang telah ditentukan, maka baginya sunnah membaca salah satu surat tersebut dan mengganti surat yang lain dengan surat yang ia hafal walaupun tidak runtut dengan mushḥaf. Jika seseorang menjadi ma’mūm di raka‘at kedua dari shalat shubuh hari Jum‘at – sebagai contoh – dan ia mendengar bacaan Imām surat Hal Atā, maka sunnah baginya di raka‘at yang kedua – ketika ia telah berdiri setelah salam imam – untuk membaca surat Alif Lām Mīm Tanzīl seperti yang telah difatwakan oleh Imām al-Kamāl ar-Radād dan pendapat ini diikuti oleh guru kita dalam kitab Fatāwā-nya, namun pendapat guru kita dalam Syaraḥ Minhāj lebih condong untuk membaca di raka‘at keduanya – setelah beranjak berdiri – surat Hal Atā. Ketika seorang imam membaca selain dua surat yang telah ditentukkan, maka ma’mum membaca dua surat itu di raka‘at keduanya. Jika ma’mum menemukan imam di rukū‘ raka‘at kedua, maka imam dianggap tidak membaca sesuatu apapun hingga disunnahkan baginya untuk membaca surat as-Sajadah dan Hal Atā di raka‘at keduanya seperti yang telah difatwakan oleh guru kita.
[تَنْبِيْهٌ]: يُسَنُّ الْجَهْرُ بِالْقِرَاءَةِ لِغَيْرِ مَأْمُوْمِ فِيْ صُبْحِ وَ أُوْلَيَي الْعِشَاءَيْنِ وَ جُمْعَةٍ وَ فِيْمَا يَقْضِيْ بَيْنَ غُرُوْبِ الشَّمْسِ وَ طُلُوْعِهَا، وَ فِي الْعِيْدَيْنِ قَالَ شَيْخُنَا: وَ لَوْ قَضَاءً وَ التَّرَاوِيْحِ وَ وِتْرِ رَمَضَانَ وَ خُسُوْفِ الْقَمَرِ. وَ يُكْرَهُ لِلْمَأْمُوْمِ الْجَهْرُ، لِلنَّهْيِ عَنْهُ. وَ لَا يَجْهَرُ مُصَلٍّ وَ غَيْرُهُ إِنْ شَوَّشَ عَلَى نَحْوِ نَائِمٍ أَوْ مُصَلٍّ، فَيُكْرَهُ. كَمَا فِي الْمَجْمُوْعِ. وَ بَحَثَ بَعْضُهُمُ الْمَنْعَ مِنَ الْجَهُرِ بِقُرْآنٍ أَوْ غَيْرِهِ بِحَضْرَةِ الْمُصَلِّيْ مُطْلَقًا، لِأَنَّ الْمَسْجِدَ وَقْفٌ عَلَى الْمُصَلِّيْنَ أَيْ أَصَالَةً دُوْنَ الْوُعَّاظِ وَ الْقُرَّاءِ، وَ يَتَوَسَّطُ بَيْنَ الْجَهْرِ وَ الْإِسْرَارِ فِي النَّوَافِلِ الْمُطْلَقَةِ لَيْلًا
(Disunnahkan untuk mengeraskan bacaan bagi selain ma’mūm di dalam shalat Shubuḥ, dua raka‘at awal shalat ‘Isyā’, shalat Jum‘at, shalat yang diqadhā’ di antara waktu tenggelam dan terbitnya matahari, shalat dua hari-raya. – Guru kita berkata: Walaupun shalat Hari-raya tersebut adalah shalat qadhā’ – , shalat tarāwīḥ, witir malam bulan Ramadhān dan shalat Gerhana rembulan. Dimakruhkan bagi ma’mūm untuk mengeraskan bacaan sebab adanya larangan tentang hal itu. Orang yang shalat dan selainnya dilarang untuk mengeraskan bacaan jika hal tersebut dapat mengganggu terhadap semacam orang yang tidur atau orang yang shalat, maka hukumnya makruh seperti keterangan dalam kitab Majmū‘. Sebagian ‘ulamā’ melarang mengeraskan bacaan al-Qur’ān atau selainnya disamping orang yang shalat secara mutlak, sebab masjid adalah tanah waqaf untuk orang yang shalat secara hukum asalnya, bukan untuk penceramah, dan pembaca al-Qur’ān. Disunnahkan dalam shalat sunnah mutlak di malam hari untuk membaca di antara keras dan pelan.
(وَ) سُنَّ لِمُنْفَرِدٍ وَ إِمَامٍ وَ مَأْمُوْمٍ (تَكْبِيْرٌ فِيْ كُلِّ خَفْضٍ وَ رَفْعٍ) لِلْاِتِّبَاعِ، (لَا) فِيْ رَفْعٍ (مِنْ رُكُوْعٍ)، بَلْ يَرْفَعُ مِنْهُ قَائِلاً: سَمِعَ اللّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ، (وَ) سُنَّ (مَدُّهُ) أَيِ التَّكْبِيْرِ إِلَى أَنْ يَصِلَ إِلَى الْمُنْتَقلِ إِلَيْهِ، وَ إِنْ فَصَلَ بِجَلْسَةِ الْاِسْتِرَاحَةِ. (وَ) سُنَّ (جَهْرٌ بِهِ) أَيْ بِالتَّكْبِيْرِ لِلْاِنْتِقَالِ كَالتَّحَرُّمِ (لِإِمَامٍ) وَ كَذَا مُبَلّغٍ اُحْتِيْجَ إِلَيْهِ، لكِنْ إِنْ نَوَى الذِّكْرَ أَوْ وَ الْإِسْمَاعَ، وَ إِلَّا بَطَلَتْ صَلَاتُهُ. كَمَا قَالَ شَيْخُنَا فِيْ شَرْحِ الْمِنْهَاجِ. قَالَ بَعْضُهُمْ: إِنَّ التَّبْلِيْغَ بِدْعَةٌ مُنْكَرَةٌ، بِاتِّفَاقِ الْأَئِمَّةِ الْأَرْبَعَةِ، حَيْثُ بَلَغَ الْمَأْمُوْمِيْنَ صَوْتُ الْإِمَامِ. (وَ كُرِهَ) أَيِ الْجَهْرُ بِهِ. (لِغَيْرِهِ) مِنْ مُنْفَرِدٍ وَ مَأْمُوْمٍ.
(Dan) disunnahkan bagi orang yang shalat sendiri, imām dan ma’mūm (untuk membaca takbīr di setiap turun dan bangun) sebab mengikuti Nabi s.a.w., (bukan) bangun (dari rukū‘) akan tetapi bangunlah dari rukū‘ dengan mengucapkan (سَمِعَ اللّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ) – semoga Allah menerima pujian dari hamba yang memujinya – . (Disunnahkan untuk memanjangkan bacaan takbīr) ( sampai ke tempat yang dituju, walaupun dipisah dengan duduk istirahat. (Disunnahkan) untuk membaca keras dengan bacaan takbīr) untuk berpindah rukun seperti halnya takbīrat-ul-iḥrām (bagi seorang imām) begitu pula bagi seorang penyampai suara yang dibutuhkan, namun jika berniat dzikir atau niat dzikir dan memberi pendengaran orang lain. Jika tidak berniat sedemikian itu, maka shalat penyampai suara tersebut batal seperti yang telah disampaikan oleh guru kita dalam Syaraḥ Minhaj. Sebagian ‘ulamā’ mengatakan: Bahwa menyampaikan suara imām adalah bid‘ah yang diingkari menurut kesepakatan ‘ulamā’ madzhab empat sekira suara imām masih dapat sampai pada para ma’mūm. Dimakruhkan mengeraskan takbīr (bagi selain imām) ya‘ni bagi orang yang shalat sendiri dan berma’mūm (sebagai sebagai ma’mūm).
(وَ) خَامِسُهَا: (رُكُوْعٌ بِانْحِنَاءٍ بِحَيْثُ تَنَالُ رَاحَتَاهُ) وَ هُمَا مَا عَدَا الْأَصَابِعِ مِنَ الْكَفَّيْنِ، فَلَا يَكْفِيْ وُصُوْلُ الْأَصَابِعِ (رُكْبَتَيْهِ) لَوْ أَرَادَ وَضْعَهُمَا عَلَيْهِمَا عِنْدَ اعْتِدَالِ الْخُلْقَةِ. هذَا أَقَلُّ الرُّكُوْعِ. (وَ سُنَّ) فِي الرُّكُوْعِ (تَسْوِيَةُ ظَهْرٍ وَ عُنُقٍ) بِأَنْ يَمُدَّهُمَا حَتَّى يَصِيْرَا كَالصَّفِيْحَةِ الْوَاحِدَةِ، لِلْاِتِّبَاعِ. (وَ أَخْذُ رُكْبَتَيْهِ) مَعَ نَصْبِهِمَا وَ تَفْرِيْقِهِمَا (بِكَفَّيْهِ) مَعَ كَشْفِهِمَا وَ تَفْرِقَةِ أَصَابِعَهُمَا تَفْرِيْقًا وَسَطً (وَ قَوْلُ سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ وَ بِحَمْدِهِ، ثَلَاثًا) لِلْاِتِّبَاعِ. وَ أَقَلُّ التَّسْبِيْحِ فِيْهِ وَ فِي السُّجُوْدِ مَرَّةً، وَ لَوْ بِنَحْوِ سُبْحَانَ اللهِ، وَ أَكْثَرَهُ إِحْدَى عَشْرَةَ. وَ يَزِيْدُ مِنْ مَرَّ نَدْبًا: اللهُمَّ لَكَ رَكَعْتُ، وَ بِكَ آمَنْتُ، وَ لَكَ أَسْلَمْتُ. خَشَعَ لَكَ سَمْعِيْ وَ بَصَرِيْ وَ مُخِّيْ وَ عَظْمِيْ وَ عَصَبِيْ وَ شَعْرِيْ وَ بَشَرِيْ، وَ مَا اسْتَقَلَّتْ بِهِ قَدَمِيْ أَيْ جَمِيْعُ جَسَدِيْ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. وَ يُسَنُّ فِيْهِ وَ فِي السُّجُوْدِ: سُبْحَانَكَ اللهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ، اللهُمَّ اغْفِرْ لِيْ. وَ لَوِ اقْتَصَرَ عَلَى التَّسْبِيْحِ أَوِ الذِّكْرِ فَالتَّسْبِيْحُ أَفْضَلُ، وَ ثَلَاثُ تَسْبِيْحَاتٍ مَعَ اللهُمَّ لَكَ رَكَعْتُ إِلَى آخِرِهِ أَفْضَلُ مِنْ زِيَادَةِ التَّسْبِيْحِ إِلَى إِحْدَى عَشْرَةَ. وَ يُكْرَهُ الْاِقْتِصَارُ عَلَى أَقَلِّ الرُّكُوْعِ وَ الْمُبَالَغَةُ فِيْ خَفْضِ الرَّأْسِ عَنِ الظَّهْرِ فِيْهِ. وَ يُسَنُّ لِذَكَرٍ أَنْ يُجَافِيَ مِرْفَقَيْهِ عَنْ جَنْبَيْهِ، وَ بَطْنِهِ عَنْ فَخِذَيْهِ، فِي الرُّكُوْعِ وَ السُّجُوْدِ. وَ لِغَيْرِهِ أَنْ يَضُمَّ فِيْهِمَا بَعْضَهُ لِبَعْضٍ.
(Rukun shalat yang kelima) adalah (rukū‘ dengan membungkuk, sekira dua telapak tangannya) – Dua telapak tangan adalah anggota selain jari-jari tangan ya‘ni dari telapak tangan, maka tidaklah cukup sampainya jari-jari tangan saja – (memperoleh dua lututnya). Jika orang yang shalat menghendaki untuk meletakkan dua telapak tangan tersebut di atas kedua lututnya ketika bentuknya standar. Dan ini adalah minimal dari rukū‘. (Disunnahkan) di dalam rukū‘ (untuk meratakan punggung dan leher) dengan cara memanjangkan keduanya sampai menjadi seperti satu papan sebab mengikuti Nabi s.a.w. (Dan memegang dua lututnya besertaan dengan menegakkan dan merenggangkan keduanya (dengan kedua telapak tangannya) beserta membuka dan merenggangkan jari-jari keduanya dengan posisi sedang. (Sunnah mengucapkan lafazh: (سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ وَ بِحَمْدِهِ) – Maha Suci Allah Tuhanku yang Maha Agung dan dengan pujian padanya – sebanyak tiga kali), sebab mengikuti Nabi s.a.w. Minimal dari tasbīḥ di dalam rukū‘ dan sujūd adalah satu kali walaupun dengan hanya sejenis ucapan (سُبْحَانَ اللهِ) – Maha Suci Allah – dan maksimalnya adalah sebelas kali. Sunnah bagi orang yang telah disebutkan untuk menambahi doa: (اللهُمَّ لَكَ رَكَعْتُ ) sampai selesai. Artinya: Ya Allah, karena-Mu, aku rukū‘ dan dengan-Mu aku beriman, dan kepada-Mu aku pasrah, pendengaran, penglihatan, sumsum, tulang, otot, rambut dan kulitku tunduk kepada-Mu, dan seluruh jasadku hanyalah untuk Allah ta‘ālā Tuhan semesta alam. Disunnahkan di dalam rukū‘ dan sujūd untuk berdoa: ( سُبْحَانَكَ اللهُمَّ) sampai selesai. Artinya: Maha Suci Engkau, ya Allah dan dengan pujian kepadamu, ya Allah ampunilah diriku. Jikalau seorang yang shalat menghendaki untuk meringkas tasbīḥ atau dzikir, maka tasbīḥ lebih utama, tiga bacaan tasbīḥ besertaan membaca doa: Ya Allah, karena-Mu, aku sujūd – sampai selesai doa – lebih utama dibanding dengan menambahi tasbīḥ sampai sebelas kali. Dimakruhkan meringkas terhadap minimal rukū‘ dan dimakruhkan pula untuk berlebihan dalam menundukkan kepala dari punggung pada waktu rukū‘. Disunnahkan bagi seorang lelaki untuk merenggangkan dua siku-sikunya dari dua sisi tubuhnya dan menjauhkan perutnya dari dua pahanya saat rukū‘ dan sujūd. Sedangkan bagi selain lelaki disunnahkan untuk mengumpulkan sebagian anggota dengan anggota yang lain di dalam rukū‘ dan sujūd.
[تَنْبِيْهٌ]: يَجِبُ أَنْ لَا يَقْصُدَ بِالْهَوِيِّ لِلرُّكُوْعِ غَيْرَهُ، فَلَوْ هَوِيَّ لِسُجُوْدِ تِلَاوَةٍ فَلَمَّا بَلَغَ حَدَّ الرُّكُوْعِ جَعَلَهُ رُكُوْعًا لَمْ يَكْفِ، بَلْ يَلْزَمْهُ أَنْ يَنْتَصِبَ ثُمَّ يَرْكَعُ، كَنَظِيْرِهِ مِنَ الْاِعْتِدَالِ وَ السُّجُوْدِ وَ الْجُلُوْسِ بَيْنَ السَّجْدَتَيْن. وَ لَوْ شَكَّ غَيْرُ مَأْمُوْمٍ وَ هُوَ سَاجِدٌ هَلْ رَكَعَ؟ لَزِمَهُ الْاِنْتِصَابُ فَوْرًا ثُمَّ الرُّكُوْعُ، وَ لَا يَجُوْزُ لَهُ الْقِيَامُ رَاكِعًا.
(Peringatan). Wajib untuk tidak berniat saat turun melakukan rukū‘ selain berniat rukū‘. Jika orang yang shalat turun untuk sujūd tilāwah kemudian saat sampai batasan rukū‘ ia jadikan sebagai rukū‘, maka hal itu tidak mencukupi, bahkan wajib baginya untuk berdiri tegak lantas rukū‘ kembali, seperti halnya kasus rukū‘ adalah i‘tidāl, sujūd, duduk di antara dua sujūd. Jika selain ma’mūm merasa ragu, sedang ia berada pada posisi sujūd apakah telah rukū‘? Maka wajib baginya segera untuk berdiri tegak kemudian rukū‘, tidak diperbolehkan baginya untuk berdiri langsung dengan posisi rukū‘.
(وَ) سَادِسُهَا (اِعْتِدَالٌ) وَ لَوْ فِيْ نَفْلٍ، عَلَى الْمُعْتَمَدِ. وَ يَتَحَقَّقُ (بِعَوْدٍ) بَعْدَ الرُّكُوْعِ (لِبَدْءٍ) بِأَنْ يَعُوْدَ لِمَا كَانَ عَلَيْهِ قَبْلَ رُكُوْعِهِ، قَائِمًا كَانَ أَوْ قَاعِدًا. وَ لَوْ شَكَّ فِيْ إِتْمَامِهِ عَادَ إِلَيْهِ غَيْرُ الْمَأْمُوْمِ فَوْرًا وُجُوْبًا وَ إِلَّا بَطَلَتْ صَلَاتُهُ. وَ الْمَأْمُوْمُ يَأْتِيْ بِرَكْعَةٍ بَعْدَ سَلَامِ إِمَامِهِ. (وَ يُسَنُّ أَنْ يَقُوْلَ فِيْ رَفْعِهِ) مِنَ الرُّكُوْعِ (سَمِعَ الله لِمَنْ حَمِدَهُ) أَيْ تَقَبَّلَ مِنْهُ حَمْدَهُ، وَ الْجَهْرُ بِهِ لِإِمَامٍ وَ مُبَلِّغٍ لِأَنَّهُ ذِكْرُ انْتِقَالٍ. (وَ) أَنْ يَقُوْلَ (بَعْدَ انْتِصَابٍ) لِلْاِعْتِدَالِ: (رَبَّنا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءُ السَّموَاتِ وَ مِلْءُ الْأَرْضِ وَ مِلْءُ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ) أَيْ بَعْدَهُمَا، كَالْكُرْسِيِّ وَ الْعَرْشِ. وَ مِلْءُ بِالرَّفْعِ صِفَةٌ، وَ بِالنَّصْبِ حَالٌ. أَيْ مَالِئًا بِتَقْدِيْرِ كَوْنِهِ جِسْمًا، وَ أَنْ يُزِيْدَ مَنْ مَرَّ: أَهْلُ الثَّنَاءِ وَ الْمَجْدِ أَحَقُّ مَا قَالَ الْعَبْدُ، وَ كُلُّنَا لَكَ عَبْدٌ، لَا مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَ لَا مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَ لَا يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ.
(Rukun shalat yang keenam) adalah (i‘tidāl) walaupun di dalam shalat sunnah menurut pendapat yang mu‘tamad. I‘tidāl dapat terwujud dengan (kembali) setelah rukū‘ (ke posisi semula) dengan cara kembali menuju posisi sebelum rukū‘, baik berdiri ataupun duduk. Jika selain ma’mūm ragu atas kesempurnaan dari i‘tidāl, maka ia wajib (harus) segera kembali, dan jika tidak, maka batallah shalatnya. Sedangkan bagi ma’mūm yang ragu diharuskan baginya untuk menambah satu raka‘at setelah salam imām-nya. Disunnahkan di saat bangkit dari rukū‘ mengucapkan lafazh : (سَمِعَ الله لِمَنْ حَمِدَهُ) – Semoga Allah menerima pujian dari hamba yang memujinya – dengan suara yang keras bagi imām dan penyampai suara sebab lafazh tersebut merupakan dzikir berpindah rukun. (Disunnahkan pula) mengucapkan (setelah berdiri tegak) untuk i‘tidāl (doa: (رَبَّنا لَكَ الْحَمْدُ) – sampai selesai – Artinya: Ya Tuhanku, bagi-Mu segala pujian yang memenuhi seluruh langit, bumi dan memenuhi segala sesuatu yang Engkau kehendaki setelah itu. Maksudnya setelah langit dan bumi seperti kursi dan ‘arsy. Lafazh (مِلْءُ) dengan i‘rāb rafa‘ adalah sebuah sifat dan dengan i‘rāb nasab adalah tarkīb ḥāl maksudnya sesuatu yang memenuhi dengan mengira-ngirakan pujian tersebut menjadi sebuah jisim. Disunnahkan bagi orang yang telah disebutkan di atas untuk menambah doa: (أَهْلُ الثَّنَاءِ وَ الْمَجْدِ) sampai selesai. Artinya: Wahai ahli pemangku pujian dan keagungan, sebuah hal yang sudah semestinya diucapkan oleh seorang hamba dan kami semua adalah hamba-Mu. Tiada yang mencegah atas apa yang Engkau berikan dan tiadalah pemberian atas apa yang Engkau cegah dan tidaklah sifat kaya memberi manfaat terhadap dzat yang kaya.
(وَ) سُنَّ (قُنُوْتٌ بِصُبْحٍ) أَيْ فِي اعْتِدَالِ رَكْعَتِهِ الثَّانِيَةِ، بَعْدَ الذِّكْرِ الرَّاتِبِ عَلَى الْأَوْجَهِ، وَ هُوَ إِلَى مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ (وَ) اعْتِدَالٍ آخِرِ (وِتْرُ نِصْفٍ أَخِيْرٍ مِنْ رَمَضَانَ) لِلْاِتِّبَاعِ، وَ يُكْرَهُ فِي النِّصْفِ الْأَوَّلِ، كَبَقِيَّةِ السَّنَةِ. (وَ بِسَائِرِ مَكْتُوْبَةٍ) مِنَ الْخَمْسِ فِي اعْتِدَالِ الرَّكْعَةِ الْأَخِيْرَةِ، وَ لَوْ مَسْبُوْقًا قَنَتَ مَعَ إِمَامِهِ (لِنَازِلَةٍ) نَزَلَتْ بِالْمُسْلِمِيْنَ. وَ لَوْ وَاحِدًا تَعَدَّى نَفْعُهُ كَأَسْرِ الْعَالِمِ أَوِ الشُّجَاعِ وَ ذلِكَ لِلْاِتِّبَاعِ، وَ سَوَاءٌ فِيْهَا الْخَوْفُ وَ لَوْ مِنْ عَدُوٍّ مُسْلِمٍ، وَ الْقَحْطِ وَ الْوَبَاءِ. وَ خَرَجَ بِالْمَكْتُوْبَةِ النَّفْلُ وَ لَوْ عِيْدًا وَ الْمَنْذُوْرَةُ، فَلَا يُسَنُّ فِيْهِمَا. (رَافِعًا يَدَيْهِ) حَذْوَ مَنْكَبَيْهِ وَ لَوْ حَالَ الثَّنَاءِ، كَسَائِرِ الْأَدْعِيَةِ، لِلْاِتِّبَاعِ، وَ حَيْثُ دَعَا لِتَحْصِيْلِ شَيْءٍ، كَدَفْعِ بَلَاءٍ عَنْهُ فِيْ بَقِيَّةِ عُمْرِهِ، جُعِلَ بَطْنِ كَفَّيْهِ إِلَى السَّمَاءِ. أَوْ لِرَفْعِ بَلَاءٍ وَقَعَ بِهِ جُعِلَ ظَهْرَهُمَا إِلَيْهَا. وَ يُكْرَهُ الرَّفْعُ لِخَطِيْبٍ حَالَةَ الدُّعَاءِ، (بِنَحْوِ: اللهُمَّ اهْدِنِيْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ، إِلَى آخِرِهِ) أَيْ وَ عَافِنِيْ فِيْمَنْ عَافَيْتَ، وَ تَوَلَّنِيْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ، أَيْ مَعَهُمْ لِأَنْدَرَجَ فِيْ سُلُكِهِمْ. وَ بَارِكْ لِيْ فِيْمَا أَعْطَيْتَ، وَ قِنِيْ شَرَّ مَا قَضَيْتَ فَإِنَّكَ تَقْضِيْ وَ لَا يُقْضَى عَلَيْكَ، وَ إِنَّهُ لَا يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَ لَا يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ. تَبَاركْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ، فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَ أَتُوْبُ إِلَيْكَ. وَ تُسَنُّ آخِرَهُ الصَّلَاةُ وَ السَّلَامُ عَلَى النَّبِيِّ وَ عَلَى آلِهِ، وَ لَا تُسَنُّ أَوَّلَهُ.
(Dan) disunnahkan (membaca doa qunut dalam shalat Shubuḥ), maksudnya di waktu i‘tidāl raka‘at shalat Shubuḥ yang kedua setelah membaca dzikir yang telah biasa dibaca menurut pendapat aujah. Doa tersebut adalah sampai pada lafazh (مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ) (dan) di dalam i‘tidāl raka‘at akhir (shalat witir separuh akhir dari bulan Ramadhān), sebab mengikuti Nabi s.a.w. Dimakruhkan melakukan qunut pada pertengahan awal Ramadhān, seperti dimakruhkannya qunut di pertengahan bulan lain di tahun yang ada. (Disunnahkan pula di shalat-shalat fardhu yang lain) dari shalat lima waktu di saat i‘tidāl raka‘at terakhir – walaupun bagi ma’mūm masbūq yang telah melakukan doa qunut bersama imām, (karena bencana yang menimpa) terhadap orang-orang muslim walaupun satu orang namun bermanfaat untuk umum seperti orang ‘ālim yang ditawan atau seorang yang pemberani. Semua itu sebab mengikuti Nabi s.a.w. Baik bencana tersebut terjadi sebab ketakutan walaupun dari musuh dari kalangan umat muslim atau kelaparan dan wabah penyakit. Dikecualikan dari (dengan shalat fardhu) adalah shalat sunnah – walaupun shalat hari raya – dan shalat yang dinadzari, maka tidak disunnahkan qunut di dua shalat tersebut. (Tata caranya doa qunut adalah dengan mengangkat kedua tangannya) sejajar dengan dua pundaknya walaupun saat memuji Allah seperti doa-doa lain, sebab mengikuti Nabi s.a.w. Jikalau seorang berdoa untuk menghasilkan sesuatu seperti menolak bencana di sisa umurnya, maka bagian dalam telapak tangannya diarahkan ke langit, atau untuk menghilangkan bencana, maka bagian luar dari telapak tangan diarahkan ke langit. Dimakruhkan untuk mengangkat tangan bagi seorang khathīb saat berdoa. (Dengan doa: (اللهُمَّ اهْدِنِيْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ) – sampai akhir doa) – Artinya: Ya Allah, berilah petunjuk padaku besertaan dengan orang yang telah Engkau beri petunjuk dan berilah kesehatan diriku besertaan dengan orang yang telah Engkau beri kesehatan, kasihanilah diriku besertaan dengan orang-orang yang telah Engkau kasihi, – supaya diriku masuk dalam golongan orang tersebut – berilah keberkahan pada diriku terhadap apa yang telah Engkau berikan, jagalah diriku dari sesuatu jelek yang Engkau taqdirkan, maka sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang membuat hukum dan tiada hukum bagi-Mu, dan sesungguhnya tidaklah hina orang-orang yang Engkau kasihi dan tidaklah mulia orang-orang yang Engkau musuhi. Bertambah keberkahan-Mu wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi Engkau, maka bagi-Mu segala puji atas segala hal yang telah Engkau putuskan, aku meminta ampun dan bertaubat kepada-Mu. Disunnahkan di akhir qunut untuk membaca shalawat dan salam kepada Nabi s.a.w. dan keluarganya, dan tidak disunnahkan di awal doa qunut.
وَيَزِيْدُ فِيْهِ مِنْ مَرَّ قُنُوْتَ عُمَرَ الَّذِيْ كان يَقْنُتُ بِهِ فِي الصُّبْحِ، وَ هُوَ: اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَعِيْنُكَ وَ نَسْتَغْفِرُكَ وَ نَسْتَهْدِيْكَ، وَ نُؤْمِنُ بِكَ وَ نَتَوَكَّلُ عَلَيْكَ، وَ نُثْنِيْ عَلَيْكَ الْخَيْرَ كُلَّهُ، نَشْكُرُكَ وَ لَا نَكْفُرُكَ، وَ نَخْلَعُ وَ نَتْرُكُ مَنْ يَفْجُرُكَ. اللّهُمَّ إِيَّاك نَعْبُدُ، وَ لَكَ نُصَلِّيْ وَ نَسْجُدُ، وَ إِلَيْكَ نَسْعَى وَ نَحْفِدُ أَيْ نُسْرِعُ نَرْجُوْ رَحْمَتَكَ وَنَخْشَى عَذَابَكَ إِنَّ عَذَابَكَ الْجِدَّ بِالْكُفَّارِ مُلْحِقٌ. وَ لَمَّا كَانَ قُنُوْتُ الصُّبْحِ الْمَذْكُوْرِ أَوَّلًا ثَابِتًا عَنِ النَّبِيِّ قُدِّمَ عَلَى هذَا، فَمِنْ ثَمَّ لَوْ أَرَادَ أَحَدَهُمَا فَقَطِ اقْتَصَرَ عَلَى الْأَوَّلِ، وَ لَا يَتَعَيَّنُ كَلِمَاتُ الْقُنُوْتِ، فَيُجْزِىءُ عَنْهَا آيَةً تَضَمَّنَتْ دُعَاءٌ إِنْ قَصَدَهُ كَآخِرِ الْبَقَرَةِ وَ كَذَا دُعَاءُ مَحْضٍ وَ لَوْ غَيْرَ مَأْثُوْرٍ. قَالَ شَيْخُنَا: وَ الَّذِيْ يَتَّجَهُ أَنَّ الْقَانِتَ لِنَازِلَةٍ يَأْتِيْ بِقُنُوْتِ الصُّبْحِ ثُمَّ يَخْتِمُ بِسُؤَالِ رَفْعِ تِلْكَ النَّازِلَةِ. (وَجَهَّرَ بِهِ) أَيِ الْقُنُوْتِ، نَدْبًا، (إِمَامٌ) وَ لَوْ فِي السِّرِّيَّةِ، لَا مَأْمُوْمٌ لَمْ يَسْمَعْهُ وَ مُنْفَرِدٌ فَيُسِرَّانِ بِهِ مُطْلَقًا، (وَ أَمَّنَ) جَهْرًا (مَأْمُوْمٌ) سَمِعَ قُنُوْتَ إِمَامِهِ لِلدُّعَاءِ مِنْهُ. وَ مِنَ الدُّعَاءِ: الصَّلَاةُ عَلَى النَّبِيِّ فَيُؤَمِّنُ لَهَا عَلَى الْأَوْجَهِ. أمَّا الثَّنَاءُ وَ هُوَ: فَإِنَّكَ تَقْضِيْ إِلَى آخِرِهِ فَيَقُوْلُهُ سِرًّا. أَمَّا مَأْمُوْمٌ لَمْ يَسْمَعْهُ أَوْ سَمِعَ صَوْتًا لَا يَفْهَمْهُ فيَقْنُتْ سِرًّا.
Disunnahkan bagi orang yang telah lalu untuk menambahi doa qunut yang digunakan sahabat ‘Umar r.a. di dalam shalat Shubuḥ ya‘ni: (اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَعِيْنُكَ) – sampai akhir – . Artinya: Ya Allah sesungguhnya kami meminta pertolongan, meminta ampun dan meminta petunjuk kepada-Mu, kami beriman dan pasrah kepada-Mu, kami memuji-Mu dengan seluruh kebagusan, kami bersyukur dan tidak mengkufuri-Mu, kami melepaskan dan meninggalkan orang yang mendurhakai-Mu. Ya Allah, hanya kepada-Mu kami menyembah, bagi-Mu, kami shalat dan sujud, kepada-Mu kami melangkah dan bersegera dengan mengharapkan rahmat-Mu dan kami takut akan siksa-Mu. Sesungguhnya siksamu yang pedih terhadap orang-orang kafir akan terjadi. Ketika doa qunut Shubuḥ yang telah disebutkan pertama kali adalah doa dari Nabi s.a.w., maka doa qunut tersebut didahulukan dari doa yang terakhir ini. Oleh karena itu, jika ingin berdoa dengan salah satunya saja, maka pakailah hanya doa yang awal. Kalimat-kalimat doa qunut tidaklah tertentu, maka mencukupi sebagai pengganti doa qunut ayat yang mencakup doa jika berniat menjadikannya doa qunut. Seperti ayat dari akhir surat al-Baqarah. Begitu pula cukup dengan murni sebuah doa walaupun doa yang tidak diajarkan oleh Nabi s.a.w. Guru kita berkata: Pendapat yang dapat dipertimbangkan adalah bahwa qunut sebab bencana yang menimpa menggunakan doa qunut shalat Shubuḥ lantas diakhiri dengan meminta dihilangkan bencana tersebut. (Sunnah bagi imām untuk mengeraskan suara dengan doa qunut) walaupun di dalam shalat yang disunnahkan melirihkan bacaan, bukan bagi seorang ma’mūm yang tidak mendengar doa qunut imām dan bukan bagi seorang yang shalat sendiri, maka keduanya sunnah melirihkan bacaan doa qunut secara mutlak. (Dan sunnah membaca amin) dengan keras (bagi seorang ma’mūm) yang mendengar bacaan qunut imāmnya karena doa darinya. Sebagian dari doa adalah shalawat Nabi s.a.w., maka ma’mūm membaca amin sebab bacaan shalawat tersebut menurut pendapat yang aujah. Sedangkan pujian – ya‘ni lafazh (فَإِنَّكَ تَقْضِيْ) – sampai selesai – dibaca dengan pelan. Adapun ma’mūm yang tidak mendengar bacaan doa qunut imām atau mendengar suara yang tidak dapat difahami, maka ma’mūm tersebut mambaca doa qunut dengan pelan.
(وَ كُرِهَ لِإِمَامٍ تَخْصِيْصُ نَفْسِهِ بِدُعَاءٍ) أَيْ بِدُعَاءِ الْقُنُوْتِ، لِلنَّهْيِ عَنْ تَخْصِيْصِ نَفْسِهِ بِالدُّعَاءِ. فَيَقُوْلُ الْإِمَامُ: اهْدِنَا، وَ مَا عُطِفَ عَلَيْهِ بِلَفْظِ الْجَمْعِ. وَ قَضِيَّتُهُ أَنَّ سَائِرَ الْأَدْعِيَةِ كَذلِكَ، وَ يَتَعَيّنُ حَمْلُهُ عَلَى مَا لَمْ يَرِدْ عَنْهُ وَ هُوَ إِمَامٌ بِلَفْظِ الْإِفْرَادِ وَ هُوَ كَثِيْرٌ. قَالَ بَعْضُ الْحُفَّاظِ: إِنَّ أَدْعِيَتَهُ كُلُّهَا بِلَفْظِ الْإِفْرَادِ، وَ مِنْ ثَمَّ جَرَى بَعْضُهُمْ عَلَى اخْتِصَاصِ الْجَمْعِ بِالْقُنُوْتِ.
(Dimakruhkan bagi seorang imām mengkhususkan doa qunut untuk dirinya sendiri) sebab ada larangan dari hal itu, maka imam mengucapkan dengan doa: (اهْدِنَا) – berilah petunjuk pada kami – dan lafazh yang disambung dengan lafazh tersebut dengan menggunakan bentuk jama‘. Larangan tersebut memberi pengertian bahwa seluruh doa hukumnya juga seperti itu, namun hal itu diarahkan kepada doa yang tidak diajarkan dari Nabi s.a.w. sebab Nabi ketika menjadi imām berdoa dengan bentuk mufrad sangatlah banyak. Sebagian ‘ulamā’ ahli hadits mengatakan bahwa doa-doa Nabi seluruhnya memakai bentuk mufrad, oleh karenanya sebagian ‘ulamā’ menentukan bentuk jama‘ pada doa qunut
Selanjutnya klik disini
1 | 2 |3 |4 |5 |6 |7 8
Tidak ada komentar:
Posting Komentar